ide usaha untuk ibu rumah tangga

9 Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Menguntungkan

Diposting pada

Peluang bisnis bisa dimanfaatkan siapa saja. Bahkan, beberapa pilihan bisnis bisa dilakukan dengan modal yang tidak terlalu besar. Tentu saja pilihan bisnis seperti ini tetap akan membutuhkan kemampuan manajemen dan penawaran produk atau jasa yang berkualitas. Misalnya saja ide usaha untuk ibu rumah tangga.

Saat ini ada banyak ide usaha yang bisa dijalankan para ibu rumah tangga dengan modal yang tidak terlalu besar. Sebagian dari pilihan bisnis itu juga menawarkan keuntungan yang lumayan baik. Namun, anda juga harus memperhitungkan rekomendasi dari ide usaha untuk ibu rumah tangga yang disesuaikan dengan kemampuan.

9 ide usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa dicoba

Beberapa pilihan dari ide usaha yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga biasanya bergerak dalam penawaran produk dan bidang jasa. Masing-masing dari jenis usaha itu memiliki perhitungan modal yang berbeda. Selain itu, anda sebaiknya menggunakan pertimbangan terhadap kualitas produk dan pangsa pasar yang akan dikelola. Cara seperti ini memang akan memberikan kemudahan terhadap seluruh potensi keuntungan yang didapatkan. Berikut ini ada 9 ide usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa anda coba seperti:

1. Membuka usaha kue kering

Ini adalah bisnis yang paling banyak diminati oleh para ibu rumah tangga. Bisnis ini memang cukup menguntungkan bila dijalankan dengan metode yang berbeda. Untuk memulai bisnis ini sebaiknya anda harus melakukan beberapa hal penting. Anda harus menerapkan riset pasar yang ideal untuk menentukan jenis kue yang paling diminati. Selain itu, hitung kembali seluruh modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis seperti ini.

Semakin banyak pilihan jenis menu kue kering yang anda tawarkan biasanya akan semakin mudah untuk menarik para pelanggan. Hal penting lain yang harus diperhitungkan tentu saja kualitas bahan baku yang digunakan. Apalagi kualitas bahan baku juga akan mempengaruhi rasa.

2. Mencoba bisnis catering rumahan

Pilihan lain dari ide usaha untuk ibu rumah tangga mungkin dengan mencoba bisnis catering. Bisnis ini cukup menggiurkan bila anda sudah mendapatkan pelanggan tetap. Selain itu, metode bisnis yang anda lakukan sebaiknya disesuaikan dengan target pasar. Misalnya saja anda mulai menawarkan menu dengan berbagai pilihan harga yang berbeda. Model bisnis lain yang bisa anda gunakan adalah dengan melakukan uji coba kepada beberapa calon pelanggan. Review dari para calon pelanggan itu bisa menjadi masukan untuk memperbaiki atau menambah menu lain.

3. Bisnis tanaman hias

Anda juga bisa mencoba untuk memulai bisnis tanaman hias. Bisnis seperti ini dianggap cukup menguntungkan bila mengetahui jenis tanaman hias yang banyak digemari. Untuk memulai bisnis ini sebaiknya anda harus aktif di berbagai komunitas tanaman hias.

Tujuannya untuk mengetahui jenis tanaman hias hingga model bisnis yang dibutuhkan. Setelah itu, gunakan modal yang anda miliki untuk menerapkan pembibitan. Pilih tanaman hias yang memiliki prospek jangka panjang. Ikuti kontes tanaman hias yang anda miliki. Hal ini dilakukan untuk menaikkan nilai jual dari tanaman hias itu sendiri.

4. Usaha kerajinan tangan unik

Ide usaha untuk ibu rumah tangga lain yang bisa Anda coba adalah kerajinan tangan atau souvenir unik. Bisnis ini dianggap sangat menguntungkan karena kebutuhan kerajinan atau souvenir untuk berbagai acara juga semakin meningkat. Mungkin anda bisa mencoba dengan memulai bisnis ini dengan menjual souvenir pernikahan.

Anda bisa menjadi reseller atau memiliki workshop sendiri yang memproduksi kerajinan. Masing-masing dari model bisnis itu memiliki perhitungan modal yang berbeda. Bila anda memiliki usaha kerajinan tangan dengan produksi sendiri maka modal yang dibutuhkan akan sangat besar.

Selain itu, anda juga harus memperhitungkan distribusi dan pemasaran dari kerajinan tangan ini. Gunakan platform sosial media untuk memperluas jaringan atau pangsa pasar anda.

5. Membuka tempat kursus

Bila anda memiliki kemampuan mengajar mungkin bisa mencoba untuk membuka tempat kursus. Biasanya kursus yang bisa anda lakukan seperti kursus jahit, bahasa asing, memasak dan lainnya. Masing-masing dari kursus seperti ini juga akan disesuaikan dengan target pasar yang anda butuhkan. Kemampuan anda dalam memberikan ilmu juga patut diperhitungkan. Mungkin anda bisa memulainya dengan membuka kursus memasak dan menjahit. Kemampuan ini memang paling banyak diminati oleh para ibu rumah tangga. Anda bisa menggunakan ruangan di rumah sebagai tempat kursus.

6. Mencoba bisnis online shop

Rekomendasi lain dari ide usaha untuk ibu rumah tangga adalah dengan online shop. Saat ini ada banyak platform online yang bisa anda gunakan untuk mendukung bisnis. Apalagi anda juga bisa memanfaatkan ecommerce untuk mempermudah penawaran produk atau bisnis dengan jaringan yang lebih luas.

Cara yang dilakukan adalah dengan menjual produk yang berasal dari produksi sendiri. Anda bisa mencoba untuk menjual berbagai produk fashion, aksesoris, makanan ringan kemasan dan lainnya. Masing-masing dari produk seperti ini cukup menguntungkan karena memiliki valuasi yang disesuaikan dengan model bisnis anda. Apalagi anda juga bisa menjadi reseller dengan memanfaatkan online shop dari banyak produk kecantikan.

7. Menawarkan jasa content writer

Bagi para ibu rumah tangga yang memiliki hobi menulis mungkin bisa menawarkan jasa content writer. Jasa seperti ini memang sangat dibutuhkan karena sudah banyak institusi atau perusahaan lain yang sudah menerapkan digital marketing. Konten menjadi hal yang sangat penting dalam mendukung bisnis secara digital.

Untuk memulai bisnis untuk ibu rumah tangga seperti ini tentu saja anda harus memperluas jaringan dengan mengikuti banyak komunitas digital atau forum online. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan komunitas itu untuk menentukan topik yang ideal. Sebaiknya gunakan platform lain seperti blog atau website sendiri untuk menampilkan rincian harga dari jasa anda.

8. Bisnis dropshipper

Metode bisnis seperti dropshipper juga cukup menguntungkan bagi para ibu rumah tangga. Bisnis seperti ini memang tidak terlalu membutuhkan modal yang terlalu besar. Namun, anda juga akan menggunakan jaringan atau relasi yang sangat luas. Semakin luas jaringan yang anda miliki maka kesempatan untuk menawarkan produk juga semakin mudah.

Beberapa pilihan produk yang biasanya ditawarkan dengan metode ini seperti kosmetik, produk kecantikan, produk kesehatan hingga fashion. Anda hanya berperan sebagai perantara untuk menawarkan produk kepada pembeli akhir. Selisih harga yang ditawarkan akan menjadi keuntungan anda.

9. Membuka warung sembako

Bisnis lain yang cukup menguntungkan bagi para ibu rumah tangga adalah membuka warung sembako. Bisnis ini memang akan disesuaikan dengan perhitungan modal utama. Selain itu, lokasi dari warung sembako juga memberikan pengaruh terhadap omset hingga profit yang anda butuhkan.

Pertimbangkan berbagai produk yang dibutuhkan untuk memulai bisnis seperti ini. Sebaiknya anda menerapkan harga yang lebih terjangkau bagi setiap produk. Cara ini untuk membuat perputaran produk semakin cepat dan tidak tertimbun.

Adakah salah satu dari 9 ide bisnis untuk ibu rumah tangga di atas yang menarik buat Anda? Agar berjalan lanacar, pastikan usaha tersebut Anda persiapkan dengan matang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *