Tips Memulai Usaha Salad Buah, Raih Manis Untungnya

Diposting pada

Kalau dulu salad sering identik dengan sayur-sayuran, sekarang kamu dapat menemukan salad dengan menggunakan buah yaitu salad buah. Rasanya asam yogurt berpadu dengan main dan segar buah-buahan membuat salad buah lebih banyak disukai dari berbagai kalangan dari anak-anak hingga orang tua. Terlebih salad buah adalah cemilan sehat yang kaya akan kandungan vitamin yang tentunya aman dikomsumsi setiap hari. Manis segarnya salad buah ini tampaknya juga menjadi manis segar bagi pelaku usaha untuk meraup keuntungan.

Kesadaran menjaga kesehatan dan penampilan tubuh saat ini semakin meningkat. Banyak orang yang ingin sehat dan mulai menjaga pola makannya. Meski tidak begitu paham mengenai detail kandungan yang terdapat dalam salad buah, salad buah tetap menjadi pilihan orang-orang yang memulai hidup sehat lantaran bahan utamanya yang menggunakan buah-buahan.

Baca: Bisnis Titip Jual Mainan Anak

Tips Merintis Usaha Salad Buah

Usaha salad buah bisa jadi suatu peluang usaha yang patut dicoba karena manfaatnya dan kecenderungan hidup sehat yang pilih banyak orang saat ini. Terlebih jika kamu memiliki usaha buah-buahan, tentu akan lebih menguntungkan karena tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk membeli buah-buahan yang mahal.

Salad buah ini juga merupakan usaha yang cukup mudah dan menguntungkan karena tidak membutuhkan modal banyak. Jika kamu tertarik untuk memulai usaha salad buat, ada baiknya jika kamu menyimak tips merintis usaha salad buah. Tips ini yang nantinya mempermudah kamu untuk membuka usaha agar terhindar dari kerugian.

Persiapkan modal

Syarat utama dalam memulai bisnis yaitu menyiapkan modal. Tanpa adanya modal, kamu tidak akan membuka bisnis karena tidak ada barang yang diputar. Untuk itu sebelum memulai bisnis salad buah persiapkan modalnya. Cukup dengan uang sebesar Rp 3 juta rupiah kamu sudah dapat memulai usaha salad buah. Mulailah dengan yang kecil dengan membangun kedai kecil di suatu tempat. Pahami pasar terlebih dahulu sebelum melangkah ke yang lebih besar.

Lakukan percobaan atau tester

Sebelum memulai usahanya, sebaiknya kamu mecoba membuatnya terlebih dahulu. Jangan sampai salad buah yang kamu jual tidak enak dan membuat konsumen kapok untuk kembali membeli salad buah di tempatmu. Buatlah sedikit sample untuk ditawarkan ke orang di sekitarmu untuk mendapatkan masukan. Kamu juga dapat sekalian memperkirakan berapa buah yang harus dibeli dan berapa harga yang akan kamu tentukan, seperti apa kemasannya hingga memperkirakan brand untuk membuat salad buah dikenal banyak orang.

Promosi terlebih dahulu

Meski belum membuka kedai, tidak salahnya jika kamu memulai promosi bisnis salad buah yang akan kamu jual. Buatlah brosur yang menunjukkan diskon atau promosi menarik lainnya menyangkut salad buah yang akan kamu jual. Kamu juga dapat memaksimalkan pemakaian internet untuk mempromosikan bisnis salad buahmu. Minta teman-temanmu untuk ikut serta mempromosikan agar semakin banyak yang tahu bahwa akan ada kedai salad buah yang lezat dengan diskon atau promosi yang menarik.

Buka kedai dan tarik konsumen

Langkah selanjutnya buka kedai dengan menawarkan promosi menarik seperti diskon atau gratis salad buah tiap berapa pembelian, atau bisa juga dengan promosi tester gratis. Inti tujuan dari promos tersebut adalah menarik perhatian onsumen sekaligus memperkenalkan bsnis baru yaitu salad buah. Kamu juga perlu menyiapkan nama brand untuk bisnismu agar salah buah yang kamu jual mudah diingat orang.

Kembangkan usaha

Jika usaha kecil di atas membuahkan hasil yang cukup memuaskan, kamu bisa sedikit demi sedikit mengembangkan bisnismu dari membuka cabang lain atau memperbesar kedaimu dengan menambahkan beberapa menu sehat lainnya. Tentunya harus sesuai dengan salad buah ya. Jangan sampai kamu malah merusak image salad buah sebagai cemilan yang sehat.

Jika tips merintis usaha salad buah di atas masih di rasa sulit, kamu dapat memulainya dengan skala yang lebih kecil yaitu menggunakan sistem pre order dengan membuat promosi seminggu sebelum atau tiga hari sebelumnya. Dengan pre order tentu resikonya lebih sedikit dibandingkan dengan membuka usaha secara langsung. Akan tetapi biasanya jangkauan sistem pre order hanya terbatas pada teman-teman atau orang yang dikenal saja karena orang yang tidak kenal cenderung tidak percaya dan juga malas jika harus menunggu lama. Berbeda jika membuka kedai yang orang-orang dapat langsung menikmatinya.

Cara Membuat Salad Buah Yang Lezat

Setelah memutuskan untuk memulai bisnis salad buah, kamu harus mengetahui bagaimana caranya membuat salad buah yang lezat dan sehat sehingga membuat konsumen ketagihan. Berikut adalah salah satu resep salad buah yang dapat kamu coba.

  • Persiapkan buah-buahan. Untuk membuat salad yang lezat, usahakan memilih buah-buahan yang beragam. Dari yang manis, asam, dan segar, agar rasa salad tidak membosankan. Pertama tentukan buah-buahan yang segar, buah inilah yang dapat membuat salad buah menjadi lezat dari pertama kali di coba seperti apel hijau, semangka, nanas, dan jeruk.
  • Lalu yang manis untuk penawar asam seperti melon, mangga manis, kiwi, bengkoang, buah naga dan lain sebagainya. Buah asam untuk rasa salad buah yang tidak membosankan seperti strowberri, anggur, dan lain sebagainya. Tidak masalah buah mana saja yang kamu gunakan sebagai bahan asal memenuhi ketiga rasa tersebut. Buah-buahan tersebut dikupas dan dipotong dadu sama besarnya. Jangan memotong terlalu besar ataupun terlalu kecil.
  • Cuci bersih dan simpan di kulkas agar tetap segar sementara membuat saos salad. Untuk penambah dan pelengkap buah-buahan, kamu juga dapat menambahkan nata de coco atau jelly yang juga dipotong dadu. Selain harganya yang murah untuk menambah porsi salad buah, jelly juga cukup enak jika disandingkan dengan buah-buahan.
  • Cara membuat saos salad sebenarnya sangat mudah. Akan tetapi banyak orang yang tidak banyak tahu bagaiaman membuat saos salad yang lezat dan bikin ketagihan yaitu dengan menambahkan air jeruk untuk menambahkan asam yang segar. Pertama siapkan wadah untuk membuat saos. Campurkan mayonaise, yogurt, susu kental manis, aduk rata hingga tercampur semuanya. Pastikan rasanya pas antara perpaduan gurih mayonaise dengan asam yogurt dan manis susu, setelah di rasa cukup tambahkan sedikit air perasan jeruk nipis.
  • Setelah itu, taruh buah-buahan dalam wadah sesuai dengan harganya lalu campurkan dengan saos salad secukupnya sampai semua buah terkena saos. Biasanya salad buah ditambahkan taburan keju parut untuk menambah rasa gurih yang sedap pada salad buah. Namun, ada baiknya kamu menawarkan terlebih dahulu kepada pembeli, karena selera rang berbeda-beda.

Perlu kamu ingat, karena salad buah merupakan cemilan sehat yang sasaran utamanya adalah orang-orang yang merubah pola makan sehat maka usahakan agar kedaimu selalu dalam seadaan bersih. Simpan buah dan saos dalam keadaan tertutup, letakkan di kulkas agar tetap segar dan gunakan wadah yang bersih. Konsumen yang memulai pola hidup sehat tentu tidak akan tertarik jika membeli ke tempat yang tampak tidak bersih. Jadi jangan biarkan konsumenmu lari.

Tinggalkan Balasan