Raih Banyak Keuntungan Dari Bisnis Waralaba Salon Muslimah

Diposting pada

Indonesia merupakan salah satu negara yang mayoritas penduduknya seorang muslim yaitu beragama islam. Kondisi tersebut memberi keuntungan bagi para pelaku usaha untuk membuka usaha yang berkaitan dengan muslim. Salah satunya hijab. Seperti yang diketahui, sekarang ini hijab menjadi bagian fashion yang tidak ketinggalan perkembangan zaman. Ada banyak sekali tren hijab yang menyesuaikan zaman.

Perkembangan fashion hijab ini juga memicu beberapa perempuan untuk memutuskan memakai hijab. Banyaknya perempuan berhijab inilah yang kemudian menjadi suatu peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk dijalankan.

Keuntungan Waralaba Salon Muslimah

Perempuan yang berhijab tidak dapat sembarangan membuka hijab atau jilbabnya di muka umum terlebih di depan laki-laki yang bukan muhrim. Keadaan ini membuat perempuan kesulitan ketika ingin merawat diri. Karena pada umumnya salon tidak hanya membuka pelayanan untuk perempuan saja, akan tetapi juga melayani perawatan untuk laki-laki. Hal ini membuat perempuan berhijab tidak nyaman pergi ke salon sebab terbatas dengan adanya laki-laki.

  • Ruang yang terbuka juga turut menambah ketidaknyamanan perempuan berhijab karena akan terlihat dari luar. Sehingga sama saja dengan mereka melepas hijab di keramaian atau tempat umum. Atas permasalahan itulah kemudian memunculkan suatu usaha yang menjanjikan yaitu bisnis salon muslimah
  • Sebelum merujuk pada pembahasan keuntungan bisnis salon muslimah, terlebih dahulu kita membahas apa itu salon muslimah. Salon muslimah merupakan salon yang dikhususkan untuk perempuan berhijab. Pada dasarnya salon muslimah sama dengan salon kecantikan pada umumnya akan tetapi ruangnya lebih tertutup. Dilayani oleh perempuan, serta hanya ditujukan untuk perempuan. Sehingga tidak akan membuat perempuan merasa tidak nyaman ketika melepas hijabnya atau melakukan perawatan tubuh.
  • Meski bernama salon muslimah, salon tersebut juga tidak menutup untuk perempuan yang belum memakai hijab. Salon muslimah hanyalah jawaban dari permasalahan yang dialami para perempuan berhijab. Sama seperti salon kecantikan pada umumnya, salon muslimah juga menawarkan berbagai perawatan dari perawatan rambut seperti potong rambut.
  • Creambath, lalu perawatan wajah yaitu facial, detoks, make up, kemudian perawatan tubuh. Seperti spa, pijat, dan tidak ketinggalan menipedi, serta lain-lain sebagainya. Tidak heran jika suatu saat nanti salon muslimah dapat bersaing dengan salon-salon besar yang ada di Indonesia.
  • Dengan jumlah pengguna hijab yang semakin banyak, bisnis salon muslimah ini menjadi bisnis yang menjanjikan. Tidak sekadar bisnis salon kecil. Potensi keuntungan yang besar ini tidak menutup kemungkinan untuk mendorong sejumlah pemilik bisnis salon muslimah membuka tawaran kemitraan atau waralaba. Terlebih untuk saat ini salon muslimah belum begitu banyak pesaingnya.
  • Selain itu waralaba salon muslimah juga memiliki peluang untuk dapat go internasional. Tidak menutup kemungkinan, dengan strategi yang tepat dan managemen yang baik. Tentu pemilik bisnis salon muslimah dapat menembus negara mayoritas muslim sekitar Indonesia seperti Malaysia atau Brunei Darussalam.
  • Salon muslimah tidak hanya membawa keuntungan untuk menjalan usaha. Tetapi juga untuk perempuan yang berhijab yang membutuhkan perawatan tanpa harus mengganggu privasinya. Keuntungan lainnya dari bisnis salon muslimah yaitu sasarannya yang luas.
  • Meski dikatakan sebagai salon muslimah yang diperuntukkan untuk perempuan berhijab agar tetap nyaman selama perawatan. Salon muslimah juga tidak melarang perempuan tidak berhijab untuk datang. Hal ini memberi keuntungan kepada pelaku bisnis salon muslimah di mana mereka akan mendapatkan pelanggan yang lebih banyak.
  • Keunggulan dari salon muslimah salah satunya yaitu tempatnya yang tertutup sehingga tidak hanya bagi perempuan berhijab saja. Beberapa perempuan yang cenderung tertutup atau pemalu juga lebih memilih salon muslimah untuk perawatan kecantikan.

Keuntungan tentunya akan lebih banyak didapatkan apabila pelaku bisnisnya juga seorang pemakai hijab atau setidaknya bersinggungan langsung dengan perempuan berhijab. Sebab keadaan tersebut akan memudahkan memahami keinginan perempuan berhijab. Selain itu, pelaku bisnis juga mengerti lokasi mana saja yang strategis untuk dijadikan peluang usaha salon muslimah.

Kendala Waralaba Salon Muslimah

Meski dianggap memiliki keuntungan yang besar, waralaba salon muslimah juga tidak terlepas dari banyak kendala. Salah satunya yaitu mahalnya alat dan bahan atau produk perawatan kecantikan yang halal untuk muslimah. Keuntungan dari salon muslimah yaitu menggunakan alat dan bahan atau produk perawatan kecantikan yang aman serta halal. Sehingga tidak membuat muslimah gelisah dengan banyaknya produk kecantikan yang menggunakan bahan tidak pasti.

  • Dengan alat dan bahan atau produk perawatan kecantikan yang mahal. Tentu akan mempengaruhi harga dari perawatan yang pastinya akan membuat perempuan berpikir ulang untuk mampir ke salon muslimah
  • Selain itu, lokasi yang dianggap strategis untuk membuka bisnis salon muslimah juga masih sedikit. Sehingga pelaku usaha yang ingin bergabung dengan waralaba salon muslimah akan berpikir berulang kali. Beberapa daerah banyak sekali sekelompok perempuan yang memakai hijab. Dan beberapa daerah lainnya tidak begitu banyak terdapat perempuan berhijab sehingga penempatan salonnya tidak merata. Akibatnya banyak salon muslimah dalam suatu daerah dan mengurangi keuntungan.
  • Terakhir, kendala yang dialami dari waralaba salon muslimah yaitu persaingan bisnis yang semakin ketat pada masa mendatang. Meski untuk sekarang masih jarang ditemui salon muslimah di beberapa daerah. Di masa mendatang bisa jadi waralaba salon muslimah akan semakin banyak seiring dengan berkembangnya tren hijab.

Keadaan tersebut menuntut pemilik usaha waralaba salon muslimah untuk menemukan strategi khusus untuk dapat bertahan dan berkembang. Dengan demikian waralaba salon muslimah dapat terus eksis dan pastinya membawa keuntungan yang banyak.

Tips Memilih Waralaba Salon Muslimah

1. Alat dan bahan atau produk perawatan yang aman

Salah satu kriteria salon muslimah yang banyak dicari yaitu segi alat dan bahan atau produk perwatan yang dipakai. Perempuan tentunya akan memilih salon yang memberi pelayanan perawatan yang menggunakan alat dan bahan atau produk perawatan yang aman. Selain itu, kriteria halal juga menjadi nilai plus dari salon muslimah. Untuk itu pilihkan waralaba yang menawarkan alat dan bahan atau produk perawatan yang aman dan halal. Alat dan bahan atau produk perawatan yang aman juga mengurangi timbulnya masalah pada salon Anda.

2. Layanan perawatan yang lengkap

Pilihlah waralaba salon kecantikan yang memberi pelayanan perawatan yang lengkap. Biasanya perempuan lebih menyukai salon yang lengkap karena lebih praktis dalam satu tempat. Layanan perawatan yang lengkap juga dapat dimanfaatkan menjadi satu paket perawatan kecantikan yang tentunya akan lebih banyak membawa keuntungan.

3. Pilih yang paling menguntungkan

Dalam memilih waralaba salon muslimah, carilah waralaba yang menawarkan harga kecil dengan fasilitas atau layanan yang baik. Beberapa waralaba memberikan pelayanan training perawatan kecantikan. Sehingga menguntungkan pelaku usaha yang ingin membuka waralaba. Agar memahami bagaimana menjalankan salon kecantikan muslimah yang baik dan mampu menarik sasaran yang diharapkan.

Tinggalkan Balasan