Peluang Usaha Sumur Bor yang Menjanjikan

Diposting pada

Peluang Usaha Sumur Bor – Air dalam kehidupan manusia merupakan kebutuhan pokok yang tidak bisa dikesampingkan. Air menjadi elemen yang paling penting dalam kehidupan manusia. Dari kebutuhan pangan, sandang, hingga papan semuanya menggunakan air. Seperti makan, mencuci, mamdi, dan lain sebagainya. Bayangkan saja apabila sehari hidup tanpa adanya air, tentu manusia akan bingung bukan kepalang.

Namun dengan berkembangnya populasi manusia membuat pemukiman semakin padat yang mengakibatkan adanya penyusutan pasokan air bersih. Hal ini lebih disebabkan karena, tiap-tiap rumah membangun sumur galian sehingga air terbagi ke beberapa sumur dan semakin meyusut. Keadaan ini rupanya disambut positif oleh pelaku usaha.

Mereka meliat masalah ini sebagai peluang usaha yang menggiurkan yaitu peluang usaha sumur bor. Sumur bor merupakan peningkatan sumur gajian dengan mengandalkan mesin bor agar dapat menjangkau sumber air lebih dalam dan tidak mudah surut.

Perbandingan Sumur Bor Dengan Sumur Galian

Sebelum mempelajari peluang usaha sumur bor, aada baiknya terlebih dahulu kita pahami apa itu jasa sumur bor. Sumur bor yang dianggap sebagai pembeharuan dari sumur gajian ini memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan yang dapat dibandingkan dengan sumur gajian. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Proses pembuatan sumur bor berlangsung dalam waktu yang cepat karena menggunakan bantuan mesin sehingga tidak banyak menggunakan pekerja. Sedangkan pada sumur gajian masih menggunakan tenaga manual yang tentunya akan membutuhkan banya sekali pekerja dan berlaku berhari-hari arena prosesnya yang lama.
  • Sumur bor tidak membutuhkan banyak ruang untuk pembuatannya karena menggunakan diameter yang kecil sehingga cocok untuk area pemukiman yang sempit. Bahkan pembuatan sumur bor ini dapat dibuat di dalam rumah. Berbeda dengan sumur galian yang memang harus menggunakan ruang yang luas karena diameter yang digunakan lebih besar berkaitan dengan proses penggalian.
  • Sumur bor tidak mudah mengalami pencemaran sebab telah menggunakan beberapa pipa khusus seperti pipa pvc pipa galvanis yang memiliki keamanan tersendiri agar sumur dapat tetap bersih tidak tercampur dengan material lainnya. Terlebih karena penggalian sumur bor ini sangat dalam sehingga tidak mudah tercemar dengan penggalian di sekitarnya. Berbeda dengan sumur galian yang lebih mudah tercemar lantaran galiannya yang tidak begitu dalam.

Meski memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan sumur galian, tidak berarti sumur bor tidak memiliki kekurangan. Ada beberapa kekurangan dari pembuatan sumur bor, di anataranya:

  • Meski membutuhkan sedikit tenaga, biaya yang dikeluarkan dari pembuatan sumur bos cenderung lebih mahal karena harus menggunakan bantuan mesin yang lebih canggih. Ditambah lagi dengan bahan atau alat-alat pendukung lainnya yang tentunya tidak murah.
  • Penggunaan mesin pompa pada sumur bor cenderung lebih mahal dibandingkan dengan mesin pompa yang dipakai sumur galian. Hal ini karena sumur bor lebih dalam sehingga tidak cukup hanya menggunakan pompa air biasa. Semakin dalam pengeboran tanah akan semakin besar juga energy yang dipakai untuk memompanya keluar.

Peluang Usaha Sumur Bor

Jika sudah mengetahui kelebihan dari sumur bor, tentu Anda akan lebih memilih sumur bos dibandingkan dengan sumur gajian. Hal itu juga akan terjadi apabila orang-orang melihat dan mengerti kelebihan sumur bor dibandingkan dengan sumur galian. Inilah yang kemudian menjadi peluang usaha sumur bor untuk Anda. Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai usaha sumur bor tersebut. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Carilah tenaga ahli dalam pengeboran. Penting sekali untuk membawa tenaga yang ahli yang bidangnya agar meminimalisasi kesalahan. Misalnya saja dalam pembuatan sumur bor, sosok tenaga ahli mampu menunjukkan letak titik bor agar hasilnya maksimal. Selain itu mengerti bagaimana jika ada kecelakan dalam proses pengeborannya.
  • Alat kerja bor. Pilihlah mesin atau alat yang masih bagus tidak lupa dengan beberapa alat pelengkapnya seperti bak raksasa untuk menampung air ketika proses pengeboran. Pipa silang yang dapat membantu mesin bor, tepatnya pada mata bor. Sediak mata bor atau pipa batangan yang digunakan untuk melakukan penyambungan dari mata air hingga ke ujung pipa. Akan tetapi Anda bisa menawarkan penyewa untuk membeli sendiri. usahakan untuk membeli barang-barang yang berkualiatas agar mudah ketika mencari konsumen selanjutnya.
  • Persiapan dalam memulai usaha sumur bor salah satunya yaitu promosi. Promosi sangatpenting dilakukan agar orang-orang tahu harus kemana ketika ingin membuat sumur bor. Sebelumnya tentukan tarif atau bentuk pelayanan yang dapat diberikan, kemudian tarik perhatian penyewa dengan cara memberikan diskon. Sebarkan promosi melalui spnaduk, brosur, maupun iklan kecil. Anda juga dapat meminta penilaian dari pelanggan sebelumnya sehingga dapat dilihat bagaiman kualitas pelayanan pembuatan sumur bor Anda. Jika dikerjakan dengan sepenuh hati, peluang usaha sumur bor sangat menjanjikan.
  • Persiapkan tim. Hal yang paling mempengaruhi dari wirausaha adalah personalnya. Latihlah diri atau tim agar dapat bekerja dengan professional. Jika kerja yang dihasilkan bagus maka pelanggan yang lainnya juga akan turun berdatangan untuk menyewa jasa pembuatan sumur bor. Bentuk image yang baik dari pelayanannya dari mulai menjelaskan proses kerjanya, rincian harganya, serta hasil yang maksimal. Dengan cara seperti itu, pelanggan yang puas akan secara otomatis menjadi media promosi yang gratis.

Jika Anda tidak begitu yakin membuka bisnis sumur bos terkait dengan modal, ada tips yang bisa dipakai untuk menghemat modal awal usaha. Cara yang paling tepat yaitu membeli mesin yang murah dengan kalitas yang tinggi. Rasanya pasti tidak mungkin. Tapi bisa Anda dapatkan apabila membeli mesin bor bekas pertambangan minyak yang sudah bekas. Meski bekas, kualitas mesin bor pertambangan minyak cukup bagus untuk keperluan sekadar pengeboran air tanah.

Menentukan Tarif Jasa Sumur Bor

Jika Anda melirik peluang usaha sumur bor, selanjutnya yang dibahas adalah kendala harga dan pelayanan. Karena terdapat banyak usaha pembuatan sumur bos, anda harus menemukan cara agar usaha pembuat bos milikmu tidak mudah bangkrut. Penentuan tariff dapat dilihat dari beberapa hal, pertama dari hasil keseakatan penyedia jasa dengan penyewa. Besar kecilnya medan tempat sumur bor di buat, dan kedalaman sumur bor. Perhatikan dan bandingan harga jasa pengeboran sumur milikku dengan pengeboran sumur lainnya.

Beriku contoh tarif pengeboran sumur yang berlaku secara umum:

  • Pembuatan 1 sumur bor jenis lobang ukuran 63 yaitu pipa 6 inci dengan kedalaman mencapai 100 meter lebih yaitu Rp 45 juta rupiah.
  • Pembuatan dengan jenis lobang 42 yakni pipa 4 inci dengan kedalaman mencapai 80 meter hingga lebih, sebesar kurag lebih Rp50 juta rupiah.
  • Pembuatan sumur bor tipe manual memiliki ukuran pipa yakni 2 inci pada kedalam 30 sampai 40 meter, dengan tarif sekitar Rp 2,5 juta rupiah.
  • Beri penjelasan singkat mengenai jenis-jenis serta biayanya. Perlu dipakai catatan, bahwa sumur bor lebih baik lebih dalam jauh dibandingkan dengan sumur galian. Semakin dalam pengeborannya, makan akan semakin dalam desas juga air yang mengucur.

Dengan beberapa pelajaran dan catatan di atas, Anda bisa saja mempertimbangkan peluang usaha sumur bor sebagai bisnis utama atau sampingan.

Tinggalkan Balasan