peluang usaha di desa terpencil

5 Peluang Usaha Ini Cocok Untuk Diterapkan Di Desa Terpencil

Diposting pada

Peluang usaha di desa terpencil – Tuntunan kehidupan di masa sekarang membuat pikiran manusia terus berevolusi untuk menjadikan dirinya lebih baik agar dapat mengikuti perputaran roda kehidupan yang begitu cepat. Bagi orang desa, mereka mengikuti perkembangan tersebut dengan cara merantau. Terbatasnya lahan pekerjaan di desa serta penghasilan yang tidak begitu menjanjikan membuat orang-orang desa mengadu nasib ke kota.

Di kota, semua kebutuhan dapat terpenuhi, banyak lowongan pekerjaan yang pastinya dengan penghasilan yang tinggi juga. Keadaan tersebut membuat orang desa berbondong-bondong merantau ke kota untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Terlebih di desa lowongan pekerjaan tidak begitu banyak sehingga pilihan mereka hanya sekedar beternak atau berkebun yang menjadikan mereka seakan tidak memerlukan skill khusus dan bergelut dengan hal-hal yang membosankan.

Mereka haus akan pengalaman baru dan ingin mendapatkan penghasilan yang lebih. Mereka tidak berpikir bahwa kehidupan di kota yang serba ada tersebut membuat banyak juga kepengeluaran yang harus dikeluarkan sehingga penghasilan yang banyak juga diimbangi dengan pengeluaran yang banyak pula. Sebenarnya peluang usaha di desa terpencil tidaklah selalu merugikan dan memberi keuntungan yang sedikit.

Beberapa Peluang Usaha Di Desa Terpencil

Ada beberapa usaha di desa yang menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Terlebih karena kebutuhan di desa tidak begitu banyak alias tidak begitu banyak pengeluaran maka keuntungan yang besar akan lebih terasa.

1. Peluang Usaha Ternak Dan Pertanian Atau Perkebunan

Karena lahan di perdesaan masih luang, peluang usaha yang tepat dan cukup menjanjikan yaitu usaha hewan ternak atau pertanian. Modal yang dikeluarkan tidak banyak dan untuk perawatannya juga tidak begitu sulit.

Untuk bahan pangan ternak dapat didapatkan secara cuma-cuma dengan mencari rumput di sekitar pekarangan sedangkan untuk pertanian, tanah di desa sendiri cukup subur untuk membuat tanaman dapat tumbuh baik.

Anda dapat berternak ayam, sapi, atau kambing, yang hasilnya dapat di jual ke kota dengan harga yang lebih mahal dari harga beli. Begitu juga dengan menjual hasil tani atau hasil berkebun seperti buah-buahan atau sayuran ke kota sehingga bisa mendapatkan untung yang maksimal.

2. Membuka Toko Sembako

Membuka toko sembako menjadi salah satu peluang usaha di desa yang cukup menjanjikan. Seperti yang diketahui bahwa akses ke kota yang cukup emmakan banyak waktu dan biaya membuat masyarakat desa akan lebih memilih memenuhi kebutuhannya di tempat yang dekat yaitu toko sembako. Meski seringkali tidak lengkap, toko sembako di desa menjadi tempat tujuan pertama karena lebih murah dibandingkan dengan harga di kota selain juga dibutuhkan oleh masyarakat desa.

Namun untuk memulai bisnis toko sembako, Anda tentu akan memerlukan modal yang tidak sedikit dengan resiko kegagalan yang cukup besar. Untuk mengindari kegagalan, ada baiknya jika Anda melakukan beberapa analisis data pasar agar memahami seperti apa lingkunagn sekitarmu dan apa yang dibutuhkan masyarakat. Beberapa analisis yang erlu dilakukan yaitu:

Pertimbangan memilih lokasi toko sembako yang strategis.

Jika ingin toko sembako Anda selalu dicari orang dan laris manis, sebaiknya carilah lokasi yang strategis yang menjadikan toko sembako Anda menjadi pilihan utama. Seperti dekat dengan tempat ibadah, sehingga didatangi ketika terdapat acara tertentu, dekat dengan sekolahan, sehingga menjadi tempat mencari kebutuhan orang di sekolahan, atau di tengah pemukiman warga.

Barang yang dijual merupakan barang yang banyak dibutuhkan.

Juallah barang-barang di banyak dicari oleh warga seperti kebutuhan pokok dari kebutuhan memasak, peralatan mandi, atau barang-barang untuk kegiatan keseharian mereka seperti peralatan kerja ke sawah atau tani, dan peralatan sekolah.

Perhatikan pesaing usaha yang sejenis dengan usaha Anda

Setelah mempertimbangkan segala di atas, Anda juga perlu memperhatikan usaha sejenis yang berada dalam satu desa dengan Anda. Carilah lokasi yang berjauhan namun tetap strategis dan jadikan sebagai perbandingan dengan tokomu. Dengan begitu, usaha toko sembako Anda akan terus berkembang.

Berikan harga yang yang lebih murah

Meski kebutuhannya tidak begitu banyak, warga desa cenderung lebih irit termasuk dengan memilih barang atau kebutuhan yang lebih murah. Untuk itu, usahakan agar toko Anda memberikan harga yang lebih murah daripada toko sebelah sehingga warga desa akan lebih memilih toko sembakomu dibandingkan dengan toko sebelah. Beberapa cara yang dapat dilakukan agar mendapatkan harga yang lebih murah yaitu dengan mencari agen besar atau menyerbu supermarket di kota yang menawarkan banyak diskon.

3. Jasa bengkel motor

Kendaraan yang banyak dimiliki oleh warga desa yaitu motor. Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang otomotif, membuka jasa bengkel motor bisa jadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Di desa biasanya tidak ditemukan bengkel resmi untuk menerima servis kendaraan.

Jika motor rusak, mau tidak mau warga desa akan membawanya ke kota untuk mendapatkan perbaikan. Namun jika di desa terdapat jasa bengkel motor, tetu akan membuat warga desa lebih memilih ke jasa bengkel tersebut daripada jauh-jauh ke kota, meskipun bukan bengkel resmi.

Ditambah lagi dengan melengkapi bengkel dengan menjual sparepart motor, tentu anda akan mendapatkan keuntungan yang berlipat dari bengkel juga dari penjualan sparepart.

4. Usaha konter handphone atau servis handphone.

Satu lagi peluang usaha yang membutuhkan keahlian yaitu jasa servis handphone. Banyaknya orang desa yang merantau, turut membuat perkembangan di desa dengan banyaknya orang yang menggunakan telepon genggam atau handphone. Handphone menjadi kebutuhan yang khusus untuk mempermudah mereka berhubungan dengan sanak saudara yang jauh.

Nah, jika Anda membuka jasa servis handphone tentu menjadi peluang usaha di desa terpencil yang cukup menguntungkan sebab dibandingkan dengan membeli handphone baru, warga desa tentu lebih memilih memperbaiki handphone yang mereka miliki.

Namun, jika Anda tidak cukup memiliki keahlian untuk memperbaiki handphone, Anda dapat memulainya dengan membukan usaha konter handphone dengan menjual kartu perdana, kartu data, atau pulsa. Dari pulsa elektrik, Anda juga bisa dapat menawarkan pulsa listrik, tagihan PAM, dan lain sebagainya. Usahakan untuk memilih agen pulsa yang besar sehingga Anda dapat mendapatkan harga yang lebih murah dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

5. Usaha pembuatan makanan kecil

Terakhir, peluang usaha menjanjikan yang dapat diterapkan di desa terpencil yaitu membuka usaha pembuatan makanan kecil. Seperti diketahui, bahan-bahan yang didapatkan dari desa lebih murah karena mereka biasanya mereka menanam sendiri seperti pisang dijadikan keripik pisang, tempe untuk dijadikan keripik tempe, papaya untuk dijadikan manisan.

Dengan dibungkus rapi dan cantik, makanan kecil tersebut tentu dapat dijual dengan harga yang tinggi. Terlebih apabila di suatu desa terdapat destinasi wisata yang cukup pupuler. Makanan kecil Anda produksi bisa menjadi makanan khas yang dapat dijadikan oleh-oleh.

Jika dalam produksi yang besar, Anda dapat mendistribukan makanan kecil tersebut sampai ke kota. Dengan modal yang kecil karena menggunakan bahan baku dari perkebunan sendiri, Anda dapar meraup untung yang besar. Menjanjikan bukan? Meski jauh dari perkotaan yang gemerlap, bukan tidak mungkin peluang usaha di desa terpencil cukup menjanjikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *