nasib wirausaha di era digital

Nasib Wirausahawan Di Era Digital, Bertahan Atau Kalah?

Diposting pada

Zaman yang sudah masuk dalam era digital ini membuat semua akses terasa lebih mudah. Jika dulu untuk membeli barang harus datang langsung ke toko, sekarang hanya dengan satu klik saja, barang sudah bisa didapatkan. Atau sekarang bisa juga dengan mudah berbelanja hanya berbekal ponsel pintar, tidak lagi menggotong banyak uang di dompet akan tetapi teknologi mengubah uang masuk dalam saldo aplikasi ponsel pintar.

Tidak terpungkiri masih ada banyak keuntungan lainnya dari era digital ini yang dapat memudahkan pemenuhan kebutuhan manusia. Akan tetapi rupanya perkembangan era digital ini sedikit membuat para wirausahawan gelisah. Pasalnya ada banyak masalah yang menghantam usaha mereka seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi di era digital ini. wirausahawan dituntun untuk mampu mengikuti zaman, dan menyesuaikan dengan permintaan pelanggan.

Tuntutan seorang wirausaha di era digital bagi sebagian dianggap mengasyikkan, akan tetapi tidak sedikit yang mengeluh karena kesulitan mengikuti pesatnya perkembangan teknologi di era digital.

Wirausaha Di Era Digital

Era digital merupakan kondisi di mana semua orang dengan mudah terhubung atau terkoneksi jaringan. Di mana semuanya serba cepat dan instan. Di mana jarak yang jauh tidak lagi menjadi masalah. Di era digital ini orang juga dengan mudah membuka wirausaha. Di era digital ini menjadi peluang yang besar untuk membuka usaha.

Dikatakan mudah sebab kini wirausahawan tidak lagi harus menyiapkan tempat yang seringkali menjadi kendala karena membutuhkan banyak modal. Dengan teknologi sekarang, cukup dengan koneksi internet, semua orang mampu menjadi wirausahawan atau sering disebut dengan istilah e-commerce. Wirausahawan dapat memanfaatkan teknologi di era digital mulai dari aplikasi e-commerce, hingga sosial media. Yang dijual pun beragam, dari makanan, barang, hingga jasa.

Teknologi di era digital ini hanya sebagai media promosi yang membantu wirausawahan memasarkan produknya hingga dapat sampai luar kota bahkan ke luar negeri. Akan tetapi kemudahan berwirausaha itulah yang kemudian menjadi permasalahan baru untuk para wirausahawan.

Lebih banyak pesaing serta perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat tuntutan seorang wirausaha di era digital makin tinggi.

Permasalahan Wirausahawan Dan Strategi Menghadapinya

Perkembangan pesat di era digital ini mungkin memudahkan beberapa orang yang melek teknologi untuk memulai bisnis. Akan tetapi bagi beberap orang, perkembangan ini justru serba menyulitkan lantaran tidak dapat mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Selain itu, banyak pesaing juga membuat beberapa usaha yang tidak dapat bertahan, bangkrut begitu saja. Wirausahawan di era digital tidak sekedar memperhatikan modal akan tetapi strategi pemasaran yang tepat serta sedia mengikuti perkembangan zaman yang kian canggih.

Sebenaranya ada beberapa strategi dapat dilakukan untuk menghadapi permasalahan wirausahawan di era digital. Strategi tersebut tentu menjadi bagian tuntutan yang harus dilakukan oleh wirausahawan. Berikut adalah beberapa strateginya:

1. Sadar perkembangan teknologi dan mengaplikasikan

Hal terpenting dalam berwirausaha di era digital yaitu sadar akan perkembangan. Wirausahawan akan sulit bertahan jika ia tidak mau mengikuti era yang berlaku saat ini. Mulailah belajar dan menerapkan teknologi untuk kemajuan usaha. Semakin banyak pengetahuan akan teknologi digital, maka akan semakin mudah pula mengurasai pasar digital.

2. Menerapkan strategi digital marketing

Langkah selanjutnya yaitu menerapkan strategi digital marketing. Karena semua bergerak secara digital maka pemasaran yang dilakukan juga harus melalui digital. Ada banyak keuntungan yang didapatkan wirausahawan dari digital marketing di mana mereka tidak banyak mengeluarkan biaya dengan jangkauan usaha yang seluas-luasnya.

3. Mencitakan inovasi terbaru

Selain paham akan teknologi digital, menciptakan inovasi terbaru juga membuat usaha akan mampu bertahan. Ciptakan inoovasi yang lain dari pada yang lain untuk menarik banyak konsumen. Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar membuat produkmu seakan mempunyai nilai lebih daripada produk lain.

4. Mengikuti perkembangan wirausaha lainnya

Untuk dapat bertahan di antara banyak wirausaha di era digital ini, sosok wirausahawan juga perlu menilik para pesaingnya. Sejauh mana perkembangan usaha di luar sana. Apakah usaha milik Anda termasuk yang unggul atau justru tidak tampak dalam beberapa usaha yang ada.

Manfaat Perkembangan Era Digital Bagi Wirausahawan

Meski ada beberapa dampak negatif, perkembangan era digital tidak dipungkiri mampu membawa banyak keuntungan bagi para pelaku usaha. Beberapa manfaatnya dalah sebagai berikut.

1. Peluang Bisnis Baru

Mudahnya akses teknologi dan informasi mendorong banyak orang turut menciptakan peluang yang sangat menguntungkan. Tidak hanya kemudahan dalam berdagang saja, akan tetapi juga membuka peluang beberapa usaha seperti blogger berbayar dan lain sebagainya.

2. Meminimalisasi Biaya Produksi dan Operasional

Karena promosi hanya melalui jaringan sosial, wirasusahawan dapat menekan biaya operasional. Ditambah lagi produksi yang sudah daat ditebak melalui penjualan secara online juga memudahkan wirausahawan untu mengira-ngira produksi sehingga resiko kelebihan produksi akan berkurang. Hal tersebut membantu wirausaha untuk meminimalisasi biaya produksi.

3. Memudahkan Komunikasi dengan Karyawan

Media komunikasi yang semakin mudah juga turut membantu wirausahawan dalam mengelola usaha, utamanya dalam beromunikasi dengan karyawan. Keterbatasan waktu yang tidak memungkinkan menjaga tokonya setiap saat, mau tidak mau sosok wirausahawan akan memelurkan karyawan.

Komunikasi yang lancar antara karyawan dengan wirausahawan tentu berpengaruh dalam berkembangnya suatu usaha. Untuk itu diperlukan komunikasi intens antarkaryawan atau karyawan terhadap bosnya agar tidak terjadi kesalahan.

4. Memudahkan Pemantauan

Melalui teknologi era digital saat ini, wirausahawan juga dapat memantau usahanya hanya melalui telepon genggam. Dengan teknologi seperti itu, wirausahawan dapat menjadikan usahanya sebagai sampingan. Wirausahwan dapat memantau kapanpun ia mau. Ketika ada kejanggalan juga lebih mudah ditemukan karena semua barang terdata sehingga sulit untuk dicurangi.

5. Mempermudah Akses Penyebaran Informasi

Publikasi kabar atau infomrasi melalui internet tentunya akan mudah , cepat, dan praktis. Selain sebagiai media promosi, internet juga dapat digunakan untuk menyampaikan informasi yang terbaru seperti stok barang yang habis, atau jadwal buka toko terbaru, atau lain-lainnya.

6. Komunikasi Yang Cepat

Teknologi era digital memudahkan wirausahawan dengan akses kecepatakn berkomunikasi. Misalnya bertukar informasi atau dokumen kepada klien secara cepat tanpa ribet melalui elektronik mail atau media chatting.

7. Rekruitmen Tenaga Kerja

Tidak perlu susah-susah memasang iklan atau mencetak poster untuk mencari karyawan baru. Cukup melalui internet, sosok wirausahawan akan dengan mudah menemukan karyawan sesuai dengan spesifikasinya. Karena tidak terbantahkan bahwa sekarang ini orang lebih banyak bersinggungan dengan internet dibandingkan dengan kertas.

8. Mempermudah Analisis Produk Pasar dan Media Analisis Data

Melalui internet, sosok wirausahawan dapat melakukan pekerjaan secara cepat dan instan. Paling menguntungkan dengan adanya teknologi era digital yaitu mempermudah dalam analisis produk pasar dan analisis data.

Karena semuanya terhubung melalui internet, hanya dengan mengamati informasi yang terdapat di ruang internet, sosok wirausahawan mampu untuk menangkap apa yang pasar inginkan sekaligus mengetahui data-data penjualan pesaing dan tanggapan konsumen.

Keadaan ini juga membantu memperkecil biaya operasional dengan tanpa penyewa seorang surveyor untuk mengetahui keadaan pasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *