menu takjil untuk dijual

5 Menu Takjil Layak untuk Dijual di Bulan Puasa 2019

Diposting pada

Memilih menu takjil untuk dijual di bulan puasa tidak boleh sembarangan. Kamu harus melakukan beberapa pertimbangan agar tujuan untuk memperoleh keuntungan dapat tercapai. Kebiasaan masyarakat dan cuaca sekitar bisa jadi pertimbangan utama saat kamu berniat jualan menu takjil. Selain menu yang tepat, tempat strategis juga jadi rahasia umum agar dagangan laris manis.

Pinggir jalan keluar masuk pemukiman dan kawasan kos menjadi tempat paling strategis yang bisa dipilih untuk berjualan menu takjil. Namun jika tidak banyak lokasi yang bisa dipilih mencoba menjajakan takjil di depan rumah juga bisa kamu lakukan.

Menu Takjil untuk Dijual

Asal tempatnya di pinggir jalan dan terlihat dengan mudah. Sebagai tambahan referensi, di bawah ini kami rangkum 5 menu takjil untuk dijual di bulan puasa 2019 ini.

1. Es Kelapa Muda Jadi Menu Takjil Istimewa yang Pasti Laku

Haus dan dahaga pastinya dirasakan setiap orang yang berpuasa. Wajar begitu mendengar bedug minuman menjadi menu berbuka yang utama. Es kelapa muda menjadi salah satu dari sekian banyak minuman favorit untuk buka puasa. Inilah sebabnya es kelama muda layak jadi menu takjil untuk dijual.

Bahan dan cara pembuatan yang relative mudah memberikan kesempatan siapa saja untuk membuka usaha berjualan es kelapa muda. Jika Anda berniat mencoba usaha kecil yang satu ini ada baiknya terlebih dahulu mengenal bahan yang dibutuhkan. Berikut bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat es kelapa muda.

  • Buah kelapa muda yang dagingnya masih empuk.
  • Gula pasir sebagai pemanis tambahan.
  • Air masak untuk campuran air kelapa.
  • Sirup coco pandan sebagai inovasi.
  • Es batu yang dari freezer.

Proses pembuatan es kelapa mudah sangat mudah dan cepat. Asal semua bahan sudah dipersiapkan Anda tinggal mencampur semua bahan tersebut sesuai selera. Untuk menyiasati pembeli yang suka sirup Anda juga bisa menawarkan tambahan sirup coco pandan agar lebih menawaan.

2. Es Pisang Hijau Laris Manis Menjelang Buka

Dengan modal di bawah 1 juta Anda juga bisa coba membuat es pisang hijau sebagai menu takjil untuk dijual. Sajian manis dan hijau menawaran bakal laris manis menjelang waktu berbuka. Tips utama untuk memulai jualan es pisang ijo ialah tempat usaha yang strategis. Anda bisa memilih pinggir jalan utama atau pusat anak-anak muda ngabuburit.

Jika dibandingkan dengan es kelapa muda, proses dan bahan pembuatan es kelapa hijau lebih rumit dan beragam. Berikut bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan:

  • Tepung beras dan tepung terigu sebagai kulit.
  • Pisang raja yang sudah masak sebagai isian.
  • Santan dan gula pasir untuk membuat kuah.
  • Air daun pandan dan pewarna hijau.
  • Susu kental manis dan sirup coco pandan sebagai tambahan.
  • Es batu agar membuat lebih nikmat.

Jika Anda ingin membuat es pisang hijau sebagai pilihan menu takjil untuk dijual sebaiknya lebih mengutamakan rasa. Jika pembeli suka dan merasa cocok dengan masakan Anda bisa jadi tiap hari menjelang berbuka bakal membeli kembali.

3. Sop Buah Menu Spesial yang Menggiurkan

Sop buah juga bisa Anda jadikan sebagai alternatif menu takjil untuk dijual. Meski hanya membutuhkan modal kecil usaha ini mampu mendatangkan untung besar lho. Proses pembuatannya pun sangat simple dan mudah. Bahkan bisa dibilang siapa saja bisa membuat menu ini asal bahan-bahannya tersedia.

Buah yang dibutuhkan untuk membuat menu ini bisa sangat fleksibel. Anda bisa mengganti salah satu buah dengan buah lain jika harganya dirasa terlalu tinggi. Beberapa bahan yang perlu disiapkan saat memulai usaha sop buah diantaranya:

  • Buah stroberi, buah naga, pepaya, alpukat, pisang mas, melon, dan sebagainya.
  • Agar-agar atau puding, dan kolang kaling.
  • Cincau hitam bisa juga jadi bahan tambahan.
  • Susu, sirup coco pandan, dan gula sebagai pemanis.
  • Es batu untuk menambah kesegaran.

Sop buah sebagai menu buka puasa terasa sangat lezat dan manis. Apalagi jika ditambah es batu dengan sensasi segar tak terbayangkan. Untuk mengawali jualan menu takjil yang satu ini Anda tidak perlu mempersiapkan banyak alat. Cukup baskom, panci, dan meja saja sudah bisa untuk memulai usaha ini. Agar dagangan laris manis tentunya Anda harus menjajakan sop buah di tempat ramai. Seperti area masjid, pinggir jalan raya, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

4. Kolak Ubi Pisang Manis

Etah darimana awalnya kolak ubi menjadi menu favorit buka puasa. Hampir setiap tahun juga bermunculan pedagang kolak dadakan di pinggir jalan. Fenomena ini tentunya terjadi lantaran banyaknya pembeli yang mencari kolak sebagai menu tambahan buka puasa. Sebagai seorang usahawan Anda bisa melirik menu takjil untuk dijual di bulan puasa tahun 2019 ini.

Cara memasak kolak ubi pisang juga sangat sederhana. Cukup mempersiapkan bahan berupa pisang kepok, ubi, kolang kaling, daun pandan, dan santan saja. Sebagai bahan pemanis Anda bisa menambahkan gula secukupnya. Tips agar tidak kualahan saat menjelang buka puasa ada baiknya Anda menjajakan kolak dalam kemasan. Kemasan bisa berupa kantong plastik, atau bisa juga dengan gelas plastik yang banyak dijual.

5. Pisang Goreng Madu Untungnya Semanis Rasanya

Pisang tidak hanya bisa diolah jadi es dan kolak saja. Anda bisa berkreasi membuat pisang goreng madu untuk di jual sebagai menu takjil. Meski terlihat sepele, keuntungan jualan pisang goreng madu cukup buat tambah-tambah uang THR.

Selain pisang raja sebagai bahan utamanya, tepung terigu, tepung beras. Madu, dan minyak menjadi pendukung pembuatan menu takjil yang satu ini. Sedangkan sebagai bumbu dalam adonan, Anda membutuhkan garam, baking powder, gula halus, dan air secukupnya.

Proses pembuatan pisang goreng sebagai menu takjil untuk dijual juga tergolong mudah. Anda tinggal mencampur semua adonan hingga encer. Sementara itu pisang raja perlu Anda iris tipis-tipis dan masukkan ke dalam adonan.

Agar pisang goreng terlihat istimewa ada tips tersendiri saat menggorengnya. Jika Anda biasanya menggoreng pisang dilakukan sekali matang, coba deh digoreng selama tiga kali. Saat memasukkannya ke penggorengan pertama cukup sampai setengah matang. Setelah itu baru proses penggorengan kedua hingga pisang benar-benar matang.

Angkat dan tiriskan kemudian goreng lagi hingga warna berubah kecoklatan. Dengan tips ini pisang goreng madu menu takjil untuk dijual akan terlihat lebih menarik, renyah. Dan tentunya membuat ketagihan yang mencicipi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *