Keuntungan Bisnis Titip Jual Mainan Anak

Diposting pada

Titip jual mainan anak – Anak-anak selalu dikaitkan dengan bermain. Bermain menjadi salah satu kegiatan yang paling disukai serta paling sering dilakukan di masa anak-anak. Dengan bermain anak-anak dapat mengeksplor dunianya sendiri. Bahkan dengan bermain secaratidak langsung juga membuat anak-anak belajar tentang lingkungan. Bermain menjadi sarana belajar, olahrga, juga refreshing bagi anak-anak. Jika diperhatikan mainan dari dulu hingga sekarang terus berkembang.

Jika dahulu anak-anak puas dengan bermain permainan tradisional seperti gropak sodor atau bermain petak umpet. Sekarang anak-anak lebih tertarik dengan mainan elektronik seperti mobil dengan remote control, boneka yang dapat mengeluarkan suara, hingga psp. Beberapa acara televisi yang populer di kalangan anak juga membuat mainan yang berkaitan dengan artis atau properti dalam acara tersebut menjadi laris. Hal ini kemudian dimanfaatkan para pelaku usaha untuk membuat suatu bisnis yang menguntungkan yaitu bisnis titip jual mainan anak.

Prospek Usaha Mainan Anak

Seperti yang diketahui, rasa keingintahuan anak-anak sangat besar. Mereka selalu ingin mencoba apapun yang baru mereka lihat. Meski perkembangan teknologi digital turut menyumbang sejumlah game yang memikat anak-anak, tidak jarang anak lebih tertarik dengan mainan di jalanan karena selain murah, unik, dan membuat penasaran.

Mereka juga dengan mudah mendapatkannya berbeda dengan game yang terdapat di telepon pintar yang perlu mendapatkan izin orang dewasa untuk dapat memainkannya. Keuntungan bisnis mainan anak juga diperoleh dari sikap bawaan anak yang cenderung cepat bosan dan mudah tergiur dengan mainan.

Anak bisa berkali-kali membeli mainan hingga tidak terhitung jumlahnya. Bahkan dalam satu hari seorang anak bisa membeli beberapa jenis mainan. Tidak heran jika anak diidentikkan dengan mainan karena kehidupannya selalu dihiasi dengan mainan. Sifat mainan yang tidak basi juga membuat bisnis jual mainan ini menjadi peluang usaha yang tidak terlalu beresiko.

Pengusaha mainan bisa menyimpan barangnya untuk dijual ketika terdapat acara atau bazaar dengan harga yang lebih tinggi agar mendapatkan untung yang lebih banyak. Lebih mudah lagi yaitu peluang usaha titip jual mainan anak.

Usaha titip jual mainan anak jadi prosek usaha yang cukup meyakinkan karena menjangkau pasar yang luas tanpa menggeluarkan modal banyak. Usaha titip jual mainan anak hanya memerlukan barang dan kemampuan untuk berbicara atau promosi agar dapat menempatkan atau menitipkan barangnya di toko-toko besar.

Hal ini cukup efektif untuk meningkatkan perjualan mainan anak sebab di manapun tempatnya anak selalu tertarik ketika melihat mainan. Pun Anda tidak perlu banyak usaha untuk membuat dagangan Anda laris manis.

Ditambah lagi banyaknya himbauan agar orang tua lebih mengawasi dan membatasi anak dalam bermain gadget membuat eksistensi mainan anak semakin meningkat. Dibandingkan dengan bermain game di gadget, anak akan lebih terasah kemampuannya dengan bermain dengan berbagai mainan.

Jenis mainan bermacam-macam dari mainan edukasi, mainan hero, hingga mainan yang meningkatkan kreativitas. Berbagai jenis mainan tersebutlah yang membuat mainan anak lebih dipilih dibandingkan melihat anaknya bermain gadget. Alasan inilah yang kemudian membuat pasar mainan anak menjadi peluang usaha yang patut dicoba.

Resiko Titip Jual Mainan Anak

Dari sekian pekerjaan, yang paling cepat dan banyak membawa keuntungan adalah pengusaha. Pengusaha yang sukses mampu mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta rupiah bahkan tidak terbatas. Akan tetapi resikonya yang tidak kalah besar juga menyurutkan niat orang untuk memulai bisnis menjadi seorang pengusaha.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kerugian dari berbisnis. Langkah pertama kenali jenis usahanya. Usaha jual mainan anak, tidak hanya melibatkan konsumen mainan saja, akan tetapi juga perlu memperhatikan penyalur atau pihak yang dititipi.

Bagaimana respon mereka? Akankah ikut serta mempromosikan barang? Dan bisakah dipercaya? Jangan sampai pihak yang dititipi merasa dirugikan sehingga membuat mereka tidak mau lagi menerima mainan dari Anda atau malah Anda dibohongi dengan jumlah barang yang tidak sesuai.

Kemudian perbanyak info mengenai mainan yang sedang kekinian. Meski mainan anak merupakan barang yang tidak akan basi, akan tetapi sifat anak yang suka yang baru dan meninggalkan yang lama akan membuat stok gudang Anda menumpuk dengan barang yang lawas yang tidak laku. Maka ada baiknya jika menyetok beragam ainan anak dengan jumlah yang tidak berlebih.

Tips Memulai Usaha Titip Jual Mainan Anak

Setelah mengetahui prospek serta resikonya, mulailah membuka bisnis mainan anak dengan keyakinan dan tekad yang kuat serta persiapan yang tepat.

1. Tentukan lokasi yang tepat

Karena usaha titip jual mainan ini mengandalkan toko orang lain untuk memasarkan barang, akan lebih baik jika anda memilih toko yang besar dan sudah dikenal. Melalui toko yang besar dan sudah dikenal, tentu akan banyak orang yang datang dan melirik mainan yang anda titipkan.

Lebih tepat lagi apabila toko dekat dengan anak-anak seperti taman bermain, Sekolah Dasar, dan lain sebagainya. Disamping menitipkannya, Anda juga dapat menjualnya secara online. Dengan memanfaatkan Internet, jangkauan penjualan tidak terbatas hingga luar kota atau luar negeri.

2. Manfaatkan momen tertentu

Jika ingin mendapatlan untung yang lebih, ada baiknya Anda juga mengejar momen tertentu yang memungkinkan akan banyak anak yang merilik dagangan Anda seperti acara konser anak, perpisahan sekolah anak, ketika lebaran, waktu liburan, dan lain sebagainya.

Biasanya pada momen tertentu ini, para penjual juga menaikkan harga hingga dua kali lipat. Akan tetapi agar tidak terkesan mahal, Anda juga dapat mengakalinya dengan menambahkan paket peralatan sekolah sehingga orang tua tidak akan ragu untuk membelikan mainan anaknya.

3. Menjual barang sisa

Seperti dikatakan sebelumnya, meski tidak basi, bisnis mainan anak bergantung dengan tren yang sedang populer di kalangan anak-anak. Mereka cenderung mudah merasa bosan, sehingga tidak lama mereka juga akan mencari mainan yang lebih baru dan lebih populer di kalangan teman-temannya.

Untuk itu stok mainan anak dalam jumlah yang tidak banyak atau sekiranya pas untuk mendapatkan untung. Kalau mainan terlalu disimpan di gudang juga lama kelamaan barang akan rusak dan tidak akan bisa dijual kembali.

Salah satu solusinya adalah menggabungkan barang baru dengan barang lawas menjadi satu paket dan dijual dengan harga murah. Dengan seperti itu, konsumen akan percaya bahwa sedang ada diskon padahal Anda hanya melakukan penjualan selingan agar tidak mendapatkan rugi.

4. Cari supplier yang tepat

Dalam sebuah bisnis, mencari supplier yang tepat adalah kunci dari mendapatkan keuntungan yang besar. Perbanyak relasi supplier sehingga dapat menentukan warga dan bisa melakukan negosiasi.

Tak hanya itu, carilah beberapa supplier yang dapat memberikan pinjam barang sehingga Anda dapat mengembalikan stok yang tidak laku di pasaran dan membayar barang yang telah laku terjual.

Selain resikonya tidak besar, Anda juga dapat pelan-pelan mempelajari strategi bisnis yang diterapkan supplier Anda sebelum akhirnya Anda mampu membangun bisnis titip jual mainan anak sendiri.

Tinggalkan Balasan