investasi emas mandiri syariah

Investasi Emas Di Bank Syariah Mandiri, Begini Caranya!

Diposting pada

Investasi merupakan usaha penanaman modal jangka panjang yang dapat melipat gandakan pundi-pundi kekayaan. Tapi meski terdengar menggiurkan, salah perhitungan juga beresiko mengalami kerugian. Investasi adalah tentang memutarkan uang ke perusahaan atau barang sehingga sewaktu-waktu investasi tersebut dapat bertambah nilainya dari awal melakukan investasi.

Jika kamu memulainya dengan modal Rp 1 juta bukan tidak mungkin harga atau nilainya naik. Kamu dapat menjualnya dengan harga Rp 1.5 juta. Keuntungan yang didapatkan besar, resiko yang mengiringinya juga besar. Maka sebelum memulai investasi, ada baiknya kamu belajar tentang seluk beluknya agar tidak mengalami kerugian dalam bisnis investasi.

Keuntungan Investasi Emas

Tidak sedikit orang yang tertipu dengan iming-iming investasi menguntungkan dan tidak banyak syarat. Hal ini dikarenakan mereka tidak memiliki pengetauan yang cukup serta terlalu tergiur dengan iming-iming keuntungan yang sebenarnya tidak memungkinkan. Melakukan investasi perlu pemikiran yang matang untuk menentukan beberapa hal terkait dengan investasi seperti jenis investasi yang paling menguntungkan.

  • Periode investasi, tempat mengajukan investasi, hingga syarat memulai investasi. Jenis investasi juga beragam, ada tanah, saham, property. Dan yang paling mudah serta sudah ada sejak zaman dulu yaitu investasi emas. Investasi emas menjadi investasi yang populer dan banyak dipercaya oleh masyarakat. Pasalnya, investasi emas merupakan investasi paling mudah. Selain itu nilainya juga sering naik dibandingkan dengan nilai investasi lain. Untuk lebih jelasnya sebaiknya perhatikan terlebih dahulu keuntungan investasi emas.
  • Selalu mengalami kenaikan harga. Investasi emas, dikenal merupakan investasi yang tidak mengenal pergeseran kualitas. Tidak heran jika investasi emas menjadi pilihan. Khususnya bagi banyak orang, pun dari zaman dulu emas dianggap sebagai barang yang mewah karena kualitasnya yang patut dihargai. Hal ini tentu menguntungkan orang-orang yang berani berinvestasi emas.
  • Emas merupakan salah satu barang berharga yang terbebas dari gangguan inflasi.
  • Emas merupakan logam mulia dengan fleksibilitas yang tinggi. Selain memiliki nilai yang tinggi, emas juga menjadi aksesoris cantik nan mewah. Bisa dibentuk sesuai keinginan menjadi emas perhiasan, berbagai peralatan rumah tangga, hiasan dinding, dan bahkan bahan makanan. Meskipun sudah diubah menjadi bentuk lain, harganya atau nilainya tidak berubah ketika dijual lagi selama jumlah karatnya juga masih sama.
  • Untuk memulai investasi emas tidak membutuhkan dana yang besar. Dana yang dibutuhkan untuk melakukan investasi emas tidak harus besar. Kira-kira dimulai dengan seharga kisaran Rp 600 ribu, kamu sudah mendapatkan satu gram emas murni. Terlebih dengan resikonya yang amat kecil, menjadikan investasi emas sebagai investasi yang layak dicoba untuk investor pemula. Investasi emas cukup terjangkau bagi siapa saja, dapat dilakukan melalui tabungan ataupun kredit.

Setelah mantap memutuskan membuka investasi emas, langkah selanjutnya yaitu menentukan tempat di mana kamu akan berinvestasi. Kamu dapat melakukan investasi emas di beberapa tempat seperti pegadaian, toko emas, PT Antam secara langsung. Atau melalui Bank Syariah Mandiri.

Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan financialmu. Salah satunya adalah investasi emas di Bank Syariah Mandiri.

Apa Itu Bank Syariah Mandiri?

Berdiri pada tahun 1955 dengan nama Bank Industri Nasional. Bank Syariah Mandiri merupakan bank yang tampil dengan pandangan perpaduan idealisme usaha dengan nilai-nilai rohani yang melandasi kegiatan operasionalnya.

Perpaduan inilah yang kemudian menjadi salah satu keunggulan Bank Syariah Mandiri dalam kiprahnya di perbankan Indonesia. Tidak hanya memberi pelayanan di bidang tabungan, Bank Syariah Mandiri juga melayani berbagai pembiayaan dari pembiayaan usaha mikro Tunas. Pembiayaan Gria Bank Syariah Mandiri, Gadai Emas Bank Syariah Mandiri, dan lain sebagainya.

Pelayanan lainnya dari Bank Syariah Mandiri yaitu investasi emas. Investasi emas di Bank Syariah Mandiri dianggap sebagai investasi yang mudah dan menguntungkan. Kamu bisa langsung membuktikannya dengan mencoba cara investasi emas di bank syariah mandiri berikut ini.

Cara Investasi Emas Di Bank Syariah Mandiri

Sebelum melakukan investasi emas, sebaiknya kamu perhatikan terlebih dahulu batasan usia yang berlaku di Bank Syariah Mandiri. Kamu dapat melakukan investasi emas apabila usiamu sudah dikatakan dewasa dengan ditunjukkan identitas KTP dan mempunyai pekerjaan yang tetap.

Biasanya dimulai dari usia 21 tahun hingga 55 tahun untuk pegawai. Usia 21 tahun hingga 60 tahun bagi pengusaha atau professional. Sedangkan untuk penerima pensiunan maksimal sampai usia 70 tahun.

Langkah selanjutnya yaitu melengkapi berkas syarat administrasi. Jika kamu sudah mengetahui syaratnya langsung datang ke bank dengan membawa berkas administrasinya. Namun jika kamu belum mengetahuinya, datanglah ke Bank Syariah Mandiri terlebih dahulu untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

Kemudian setelah selesai di bagian adinistrasi, kamu akan diminta untuk memilih besaran emas yang akan diinvestasikan. Bentuk investasi emas dapat berupa tabungan , kredit, maupun tunai.

Kamu dapat menanyakan perbedaan serta kekurangan dan kelebihan dari macam-macam investasi tersebut ke CS nya. Adapun berat minimal investasi emas yang dapat dilakukan yaitu sekitar 10 gram dan kelipatannya.

Selanjutnya kamu tinggal membayar uang sejumlah dengan emas yang telah kamu pilih sebelumnya.

Cara investasi emas di Bank Syariah Mandiri sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mendatangi kantor Bank Syariah Mandiri terdekat dan biasanya melakukan penyetoran tunai. Kemudian uang tersebut akan dikonversikan menjadi harga emas yang berlaku saat itu. Akan tetapi, penyetoran tersebut dapat dilakukan jika kamu sudah memenuhi syarat yang disebutkan sebelumnya, dari usia sampai urusan administrasi.

Hal yang perlu menjadi catatan penting yaitu jika berhasil melakukan penyetoran. Jumlah emas yang kamu tabung akan langsung dikonversikan dan kamu dapat mengeceknya ketika masih di bank. Tolak ukur yang digunakan oleh Bank syariah Mandiri adalah mengacu pada harga LME (London Metal Exchange).

Kemudian kamu akan mendapatkan surat bukti kepemilikan emas dengan bentuk emas fisik. Emas ini nantinya juga akan disimpan oleh vendor partner Bank Syariah Mandiri.

Dengan melakukan investasi emas di Bank Syariah Mandiri, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan. Seperti syarat yang mudah, tidak ribet, dan tidak dipersulit meski dana yang kamu ajukan minimal. Kemudian emas sudah bersertifikat juga merupakan emas yang diproduksi oleh PT. Antam.

Kamu juga bisa mengajukan investasi dengan berbagai macam jenis investasi dari tabungan emas hingga kredit. Terlebih jenis investasi emas kredit sudah ada asuransinya sehingga aman dan tidak perlu khawatir mengalami resiko kerugian.

Pengajuan investasi juga tidak harus ke kantor pusat Bank Syariah Mandiri. Sekarang kantor cabang maupun pembantu Bank Syariah Mandiri juga sudah dapat melayaninya. Jadi tidak perlu repot jauh-jauh ke kantor pusat, datangi saja kantor Bank Syariah Mandiri terdekat di wilayahmu.

Kamu tertarik untuk memulai investasi emas di Bank Syariah Mandiri? Segera datangi kantornya dan raih keuntungannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *