7 ide Usaha yang Bisa Kamu Awali dengan Modal di Bawah 500 Ribu

Diposting pada

Modal memang menjadi elemen penting untuk memulai bisnis. Beberapa orang masih menganggap bahwa modal yang besar akan memberikan penghasilan atau profit bisnis yang besar juga. Namun, anda juga memiliki peluang untuk menggunakan modal yang kecil untuk memulai bisnis tertentu. Hal ini akan disesuaikan dengan potensi bisnis dan peluang yang dimanfaatkan dengan sangat baik.

Bisnis yang anda jalankan dengan modal kecil tentu saja akan melibatkan perhitungan pangsa pasar yang sangat ideal. Bila anda memiliki perhitungan pasar yang baik maka beberapa keputusan bisnis akan memberikan dampak pada perkembangan bisnis. Misalnya saja dengan memanfaatkan beberapa pilihan ide usaha dengan modal di bawah 500 ribu.

7 ide usaha dengan modal di bawah 500 ribu

Ada banyak pilihan bisnis yang bisa anda jalankan hanya dengan menggunakan modal sekitar 500 ribu. Jumlah modal yang cukup kecil seperti ini hanya untuk bisnis skala kecil. Namun, bila anda menekuni bisnis itu dengan sangat baik maka ada banyak keuntungan yang akan didapat dalam waktu cepat.

Tentu saja pilihan dari usaha seperti ini sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan anda. berikut ini ada 7 ide usaha dengan modal di bawah 500 ribu yang bisa anda perhitungkan yang terdiri dari:

1. Mencoba usaha warmindo

Salah satu dari ide usaha dengan modal di bawah 500 ribu yang bisa dicoba adalah dengan membuka usaha warmindo. Warung sederhana seperti ini memiliki banyak pelanggan. Beberapa orang menganggap bahwa modal untuk bisnis ini juga tidak terlalu besar. Hal ini bisa disesuaikan dengan konsep atau model bisnis yang akan anda jalankan. Bila anda memiliki spot tempat di salah satu bagian rumah yang memadai maka hal itu juga akan memudahkan anda untuk menjalankan bisnis ini.

Sebagian besar modal yang anda miliki akan digunakan untuk membeli seluruh bahan dan perlengkapan. Cobalah gunakan konsep penawaran menu yang berbeda. Misalnya dengan menjual menu mie instan yang dengan berbagai pilihan level pedas. Cara seperti ini dilakukan untuk menarik perhatian dari banyak pelanggan. Tawarkan setiap menu dengan harga yang cukup terjangkau.

2. Membuka warung kopi sederhana

Anda juga bisa membuka warung kopi sederhana. Namun, pilihan menu minuman kopi ini sebaiknya menggunakan produk sachet. Apalagi modal yang anda gunakan untuk membeli seluruh bahan baku juga cukup terbatas. Tawarkan berbagai pilihan merek kopi sachet dengan varian rasa yang berbeda. Lakukan riset menu yang paling digemari oleh para pengunjung.

Cara seperti ini dilakukan untuk menentukan pilihan menu yang ideal. Selain itu, tambahkan juga menu makanan ringan seperti gorengan dan roti cemilan untuk menambah pendapatan warung kopi anda. Biasanya lokasi dari warung ini akan menentukan konsep bisnis yang anda jalankan. Semakin strategis lokasi dari warung itu tentu saja akan semakin mudah anda mendapatkan jumlah pelanggan yang lebih banyak. Hal ini tentu saja akan meningkatkan nilai keuntungan.

3. Bisnis pulsa, data dan token listrik

Rekomendasi lain dari ide usaha dengan modal di bawah 500 ribu yang bisa dicoba adalah dengan berbisnis pulsa. Anda harus ingat bahwa kebutuhan bisnis pulsa saat ini semakin meningkat dengan jumlah pemilik smartphone. Kondisi seperti ini bisa anda pertimbangkan untuk menjadi potensi bisnis yang sangat besar.

Gunakan sebagian besar dari modal anda untuk mulai berbisnis pulsa. Biasanya modal itu akan dijadikan sebagai deposit sesuai dengan nilai masing-masing dari produk. Semakin banyak pilihan produk yang anda butuhkan maka nilai modal deposit juga akan semakin besar. Biasanya pilihan produk deposit ini seperti pulsa konvensional, paket data hingga token listrik.

Keuntungan yang anda dapatkan berasal dari selisih nilai jual yang ditawarkan kepada pembeli. Untuk memulai bisnis ini sebenarnya lokasi dari konter pulsa juga akan menentukan. Selain itu, anda juga bisa menawarkan produk pulsa ini secara online.

4. Berjualan gorengan

Mungkin anda bisa mencoba potensi bisnis lainnya yang cukup menguntungkan. Salah satunya dengan berjualan gorengan. Makanan ringan ini sangat digemari oleh banyak kalangan. Apalagi pada saat sore hari di beberapa tempat yang strategis ada banyak penjual gorengan yang mendapatkan jumlah pembeli dengan cukup besar.

Anda bisa memanfaatkan momen ini dengan berjualan gorengan yang memiliki banyak pilihan menu. Beberapa pilihan gorengan yang bisa anda tawarkan seperti pisang goreng, tempe goreng, tahu goreng, sukun goreng dan lainnya. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini memang tidak terlalu besar.

Anda hanya membutuhkan gerobak ukuran standar, perlengkapan menggoreng dan bahan baku. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bahan baku berkualitas. Hal ini untuk mendapatkan rasa yang lebih baik.

5. Membuka usaha kue kering

Anda juga memiliki peluang untuk memulai bisnis kue kering. Bisnis seperti ini cukup menggiurkan dari segi omset dan profit. Tentu saja hal ini juga disesuaikan dengan model atau metode bisnis yang anda jalankan. Biasanya beberapa pilihan model bisnis seperti ini akan membutuhkan perhitungan modal yang lebih baik.

Misalnya saja anda harus melakukan riset pasar terhadap menu kue kering yang paling banyak digemari. Selain itu, tentukan momen yang ideal untuk memulai bisnis seperti ini. Kuasai banyak resep kue kering untuk mendapatkan kemudahan dalam menawarkan produk. Semakin banyak pilihan resep yang anda kuasai maka hal itu akan semakin mendukung progres bisnis.

Berikan kemasan yang unik dan menjadi ciri khas dari merek kue kering anda. Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini disesuaikan dengan perlengkapan dan bahan baku.

6. Mencoba bisnis online

Rekomendasi lain dari bisnis yang membutuhkan modal tidak terlalu besar dengan mencoba bisnis online. Ada banyak rekomendasi bisnis online yang bisa anda pertimbangkan. Beberapa diantaranya seperti menawarkan produk digital, menjadi freelancer, blogging, reseller, dropshipper dan lainnya. Masing-masing dari pilihan bisnis itu disesuaikan dengan kemampuan manajemen yang anda lakukan.

Cara seperti ini dilakukan sesuai dengan modal yang anda miliki. Mungkin anda bisa memulai bisnis online ini dengan menjadi reseller dari berbagai produk fashion. Bahkan, anda juga bisa mencoba bisnis blogging yang membutuhkan modal tidak terlalu besar. Bila anda memiliki kemampuan tertentu seperti menulis atau desain grafis maka peluang untuk menjadi freelancer juga semakin besar.

7. Menjadi freelancer

Untuk memulai bisnis seperti ini sangat dibutuhkan kemampuan tertentu. Misalnya saja kemampuan anda menulis untuk menjadi content writer. Namun, bila anda memiliki kemampuan desain grafis juga bisa menjadi desainer poster atau web. Bisnis jasa seperti ini cukup banyak diminati karena kebutuhan dari jasa yang terus meningkat.

Tentu saja anda harus memiliki jaringan dan relasi bisnis yang cukup luas. Cara seperti ini bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa forum online. Apalagi ini juga memudahkan anda untuk mendapaktan proyek atau pekerjaan tertentu.

Tinggalkan Balasan