Sambil Nunggu Wisuda, Coba 10 Ide Bisnis untuk Mahasiswa Tingkat Akhir Ini

Diposting pada
ide bisnis untuk hamasiswa tingkat akhir

Menjadi mahasiswa tingkat akhir memang memiliki waktu luang yang sangat banyak. Biasanya waktu luang ini digunakan untuk menyelesaikan berbagai sisa dari tugas kuliah yang menjadi persyaratan tugas akhir atau skripsi. Sebenarnya kamu bisa memaksimalkan waktu luang yang dimiliki untuk memulai bisnis.

Semakin banyak waktu luang yang kamu miliki maka kesempatan untuk memulai bisnis juga akan semakin besar. Namun, skala bisnis yang dijalankan untuk mahasiswa tingkat akhir masih cukup kecil. Hal ini juga akan disesuaikan dengan dukungan modal dan waktu luang yang akan digunakan. Apalagi saat ini ada banyak pilihan ide bisnis untuk mahasiswa tingkat akhir yang bisa kamu pertimbangkan.

Rekomendasi 10 ide bisnis untuk mahasiswa tingkat akhir

Beberapa rekomendasi bisnis yang bisa kamu pertimbangkan sebagai mahasiswa tingkat akhir memang tidak terlalu besar. Namun, ini juga disesuaikan dengan ketersediaan modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis. Selain itu, kemampuan kamu untuk memulai bisnis juga akan diperhitungkan.

Biasanya bisnis yang dijalankan untuk mahasiswa tingkat akhir ini seperti penawaran jasa hingga beberapa produk dalam skala kecil. Berikut ini 10 pilihan ide bisnis untuk mahasiswa tingkat akhir yang bisa kamu coba seperti:

1. Bisnis pulsa dan paket data

Ini merupakan salah satu dari ide bisnis untuk mahasiswa tingkat akhir yang cukup populer. Apalagi sebagian orang menganggap bahwa bisnis ini cukup menguntungkan. Kamu bisa mencoba untuk memulai bisnis ini dengan modal yang tidak terlalu besar. Namun, keuntungan yang kamu dapatkan tentu saja disesuaikan dengan jumlah modal dan metode penjualan.

Metode bisnis seperti ini menggunakan skema deposit. Sebagian besar dari modal akan dikonversi menjadi produk pulsa atau paket data sesuai dengan jumlah yang kamu inginkan. Keuntungan penjualan akan didasarkan pada selisih harga yang kamu tawarkan. Sebaiknya kamu tawarkan produk ini secara online untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

2. Memulai bisnis jasa kursus atau private

Bila kamu memiliki pengetahuan yang cukup banyak cobalah menawarkan bisnis jasa kursus atau private mata pelajaran. Bisnis ini cukup menjamur di berbagai kalangan. Apalagi sudah banyak orang tua yang membutuhkan jasa private ini untuk membantu perkembangan pelajaran anak di sekolah.

Biasanya beberapa mata pelajaran sekolah yang dibutuhkan untuk jasa ini seperti Matematika, Kimia, Fisika dan Ekonomi. Sebaiknya kamu memulai jasa private atau kursus ini untuk siswa menengah pertama atau menengah atas untuk tahun awal.

3. Memulai bisnis online shop

Sebenarnya kamu juga memiliki peluang untuk memulai bisnis online shop. Rekomendasi bisnis seperti ini juga cukup menguntungkan. Namun, kamu harus menentukan pilihan produk yang ditawarkan. Kualitas dan fungsi dari produk itu juga akan mempengaruhi kamu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Misalnya saja dengan membuka bisnis online shop khusus untuk produk fashion, aksesoris atau kuliner makanan ringan impor. Untuk memulai bisnis ini sebaiknya perhitungkan modal yang kamu gunakan. Bila kamu memiliki modal yang tidak terlalu besar sebaiknya pertimbangkan pilihan produk yang banyak diminati.

4. Bisnis jasa penerjemah bahasa asing

Piilihan dari ide bisnis untuk mahasiswa tingkat akhir ini memang ditujukan bagi kamu yang memang menguasai bahasa asing. Peluang bisnis ini cukup menguntungkan karena ada banyak orang yang membutuhkan penerjemah untuk berbagai literature atau konten tertentu.

Beberapa pilihan bahasa yang dibutuhkan itu biasanya terdiri dari Inggris, Mandarin, Korea, Prancis, Jerman hingga Spanyol. Kamu bisa menawarkan harga yang disesuaikan dengan materi. Semakin sulit materi yang akan diterjemahkan tentu saja akan memiliki harga jasa yang lebih mahal.

5. Bisnis makanan ringan

Kamu juga bisa mencoba untuk memulai bisnis kuliner. Bisnis seperti ini memang cukup populer di berbagai kalangan. Apalagi kamu bisa menentukan produk kuliner yang disesuaikan dengan modal. Ada beberapa rekomendasi produk makanan ringan yang bisa kamu coba. Beberapa diantaranya seperti menjual gorengan, macaroni dengan berbagai pilihan rasa, makanan ringan kemasan dan lainnya.

Metode bisnis ini termasuk usaha kecil menengah. Untuk memulai bisnis seperti ini sebaiknya kamu pertimbangkan juga lokasi yang ideal. Hal lain yang perlu diperhitungkan tentu saja dengan menggunakan bahan baku berkualitas.

6. Menjadi freelancer

Kesempatan lain untuk berbisnis yang bisa dicoba adalah dengan menjadi freelancer. Kamu bisa mencoba untuk memulai bisnis ini. Apalagi ada banyak pilihan bidang yang bisa dicoba. Misalnya saja dengan mengikuti berbagai komunitas freelancer. Memang bisnis seperti ini akan lebih banyak berada di sektor jasa. Misalnya saja dengan menawarkan jasa desain grafis, content writing, jasa pembuatan blog dan lainnya.

Masing-masing dari pilihan peluang bisnis seperti ini memang tidak membutuhkan modal besar. Namun, kamu harus mempertimbangkan kualitas dari kemampuan yang dimiliki. Semakin baik kualitas skill yang kamu tawarkan tentu saja akan semakin besar keuntungan yang didapat.

7. Mencoba bisnis blogging

Bisnis lain yang cukup menguntungkan untuk dicoba adalah dengan blogging. Bisnis seperti ini memang akan mengandalkan konten dan iklan. Apalagi ada banyak platform media blogging yang bisa anda gunakan dengan fitur memadai.

Untuk memulai bisnis ini biasanya membutuhkan modal untuk pembelian domain, hosting dan konten. Keuntungan yang kamu dapatkan berasal dari jumlah iklan yang muncul dari setiap halaman blog. Hal ini juga akan berkaitan dengan jumlah pengunjung.

8. Bisnis jasa pembuatan website

Bila kamu memiliki kemampuan untuk membuat website tentu saja ini bisa menjadi peluang besar untuk memulai bisnis. Kamu bisa menawarkan jasa pembuatan website untuk berbagai institusi hingga personal. Kebutuhan website yang semakin meningkat bisa menjadi pertimbangan untuk memulai bisnis seperti ini. Namun, kamu juga harus yakin terhadap kemampuan untuk menggunakan berbagai platform website.

Untuk memulai bisnis ini mungkin kamu bisa mengikuti beberapa komunitas atau forum. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan jangkauan dan juga relasi yang lebih luas.

9. Memulai bisnis service perangkat

Rekomendasi bisnis lain yang cukup menguntungkan bagi mahasiwa tingkat akhir adalah dengan membuat jasa service berbagai perangkat. Biasanya jasa seperti ini ditujukan untuk perangkat elektronik. Bila kamu memiliki kemampuan seperti ini cobalah tawarkan jasa di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Biasanya jasa service perangkat ini meliputi beberapa barang seperti smartphone, laptop dan lainnya. Modal yang kamu butuhkan tentu saja perlengkapan yang memadai.

10 Bisnis penitipan hewan peliharaan

Peluang bisnis yang dianggap menguntungkan adalah dengan membuka jasa penitipan hewan peliharaan. Jasa seperti ini cukup menguntungkan bila kamu berada di sekitar kampus. Beberapa pemilik hewan peliharaan juga membutuhkan jasa ini bila melakukan perjalanan jauh.

Biasanya pada waktu tertentu kamu akan mendapatkan banyak pelanggan. Misalnya saja menjelang mudik lebaran beberapa orang yang memiliki peliharaan akan menitipkan ke jasa penitipan. Hal yang perlu kamu persiapkan tentu saja waktu luang hingga tempat yang steril.

Dari 10 ide usaha untuk mahasiswa tingkat akhir di atas. Adakah salah satu yang kamu minati? Jika ada langsu saja action, kali aja garis rejeki kamu jadi pengusaha.

Tinggalkan Balasan