franchise ekspedisi

Franchise Ekspedisi Jadi Peluang Usaha Yang Menggiurkan

Diposting pada

Berkembangnya teknologi era digital mempengaruhi tingkat berkembangnya para wirausahawan dengan memanfaatkan e-commerce. E-commerse sebagai media berdagang yang lebih efektif banyak memberi keuntungan para pelaku usaha, juga menjadi peluang bagi ladang usaha lainnya. Salah satu usaha yang ikut berkembang seiring dengan pesatnya e-commerce yaitu bisnis ekspedisi. Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis ekspidisi menjadi salah satu bisnis yang cukup menggiurkan di masa sekarang. Sejak dulu bisnis ekspedisi telah memberi kemudahan kepada konsumen untuk mengirimkan barang ke lokasi yang jauh dengan biaya yang dianggap cenderung mahal. Akan tetapi, maraknya bisnis ekspedisi yang semakin berkembang berkat banyaknya bisnis e-commerce membuat keadaan ini saling menguntungkan.

Biaya pengiriman barang dianggap relatif murah dengan berbagai macam promo yang kadang ditawarkan. Meskipun murah, beberapa bisnis ekspedisi di Indonesia yang didata mendapatkan untung yang besar. Bisnis ekspidisi juga membuka kerja sama bidang usaha atau disebut waralaba (franchise). Bisnis waralaba merupakan hubungan kerja sama yang terikat dengan kontrak antara pemilik waralaba yang sering disebut franchisor dengan penyewa waralaba atau franchise. Dengan membayar pemilik waralaba atau franchisor sejumlah harga yang sudah disepakati, penyewa atau franchise dapat menjalankan bisnis dalam jangka waktu serta beberapa aturan yang telah disepakati pada saat kontrak.

Ini berarti bahwa bisnis franchise ekspedisi merupakan sebuah kerja sama bisnis yang bergerak pada bidang jasa pengiriman barang. Bisnis franchise ekspedisi ini dapat digeluti oleh siapapun. Dengan prediksi dan analisis pasar yang tepat serta pengelolaan yang baik akan membuat bisnis franchise ekspedisi menjadi bisnis yang membawa banyak keuntungan.

Keuntungan Daftar Franchise Ekspedisi

Seiring berkembangnya bisnis online, bisnis ekspedisi juga turut meningkat dengan banyaknya permintaan pengiriman barang. Bisnis ekspesi bersaing mendapatkan keuntungan dengan mencuri kepercayaan para pelaku usaha online untuk menjadi mitra bisnisnya. Dapat dilihat banyak sekali jasa ekspedisi dari berbagai macam pelayanan yang ditawarkan.

Banyaknya pilihan tersebut, memudahkan pelaku usaha untuk mengirimkan barang yang dipesan oleh pelanggan secara online. Tidak heran jika jasa ekspedisi juga meraup untung yang besar. Dengan keuntungan yang besar itu, tentunya membuat orang berlomba-lomba untuk membuka usaha jasa ekspedisi.

Saat ini banyak sekali bisnis waralaba ekspedisi yang dapat menjadi pilihan, dibekali dengan penawaran serta promo yang bisnis waralaba berikan semakin membuat orang-orang ingin membuka usaha jasa ekspedisi. Ada banyak keuntungan yang didapatkan dari bisnis franchise ekspedisi.

Keuntungan daftar franchise ekspedisi ini cukup menggiurkan di antaranya yaitu tidak memerlukan modal yang besar. Bisnis franchise ekspedisi ini terbilang menjanjikan karena tidak memerlukan modal yang besar akan tetapi dapat diperkirakan memberikan keuntungan yang besar. Pun modal yang dikeluarkan nantinya akan kembali dengan beberapa fasilitas didapatkan atau disediakan dari pihak pemilik bisnis waralaba.

Selain itu, daftar franchise ekspedisi juga tidak perlu repot menyiapkan segala sesuatu untuk membuka usaha karena sudah disiapkan semuanya dari pihak pemilik bisnis. Pendaftar franchise ekspedisi hanya perlu melihat perjanjian dan layanan yang ditawarkan kemudian melakukan sedikit nego terkait dengan perjanjian sebelum adanya kesepakatan dalam kontrak. Hanya dengan menyiapkan sejumlah modal, menentukan kesepakatan, maka Anda sudah siap menjalankan usaha.

Bisnis franchise ekspedisi juga merupakan suatu bisnis yang pasti, di mana segala sesuatunya dipertanggungjawabkan dengan MOU sehingga menghindari kecurangan. Dikatakan sebagai usaha yang sudah pasti juga karena bisnis franchise ekspedisi karena sudah memiliki nama sebelumnya sehingga tidak perlu usaha lebih dalam promosi.

Kiat Memilih Bisnis Waralaba Ekspedisi

Jika Anda tertarik bergabung bisnis franchise ekspedisi, ada baiknya simak terlebih dahulu kiat atau tips memilih bisnis waralaba ekspedisi yang baik. Meskipun memiliki banyak keuntungan, tidak semua pelayanan yang diberikan franchisor ekspedisi kepada franchise sama untungnya.

Seperti prinsip berwirausaha yaitu modal seminimal mungkin dengan untung semaksimal mungkin. Jangan sampai Anda membuka usaha justru malah rugi yang didapatkan. Berikut adalah kiat memilih bisnis waralaba ekspedisi yang baik.

1. Pelayanan serta fasillitas yang seimbang dengan harga

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih bisnis waralaba ekspedisi yaitu dari segi harga dan fasilitas yang didapatkan. Tidak masalah jika harga penyewaannya mahal akan tetapi harus seimbang dengan fasilitas yang didapatkan.

Biasanya brand ekspedisi yang banyak dikenal harga penyewaannya tentu akan lebih mahal. Tapi jika pelayanan yang diberikan memang bagus, tidak ada salahnya jika Anda memilih ekspedisi tersebut. selain itu, ekspedisi yang sudah dikenal tentu akan lebih menarik perhatian konsumen.

2. Perhatikan harga pengiriman yang ditawarkan ekspedisi

Banyaknya jasa ekspedisi sekarang ini, diperlukan stategi khusus agar jasa ekspedisi yang Anda buka mendapatkan keuntungan yang besar serta mampu bertahan. Salah satunya yaitu memberi keunggulan harga murah dari jasa ekspedisi lainnya. Konsumen tentunya kan lebih memilih yang murah dibandingkan dengan yang mahal.

Terlebih jika dengan harga yang murah, mereka bisa mendapatkan layanan yang memuaskan. Beberapa promo ada diskon juga cukup mampu menarik perhatian konsumen. Jadi, sebaiknya cek harga yang ditawarkan dari bisnis waralaba yang akan Anda ikuti. Dengan survey data harga bisnis waralaba ekspedisi lainnya membantu Anda menemukan ekspedisi yang tepat.

3. Pilihlah ekspedisi yang dapat menjangkau banyak lokasi

Beberapa jasa ekspedisi membatasi pengiriman barang karena lokasinya yang terlalu pelosok. Hal ini biasanya disebabkan oleh jasa ekspedisi yang tidak banyak pengiriman, bisa jadi karena masih baru atau tidak banyak dikenal konsumen. Pelayanan seperti ini tentu akan mempengaruhi usaha Anda, di mana Anda akan sering menolak konsumen dan membuat konsumen yang kecewa. Pilihlah ekspedisi yang mampu menjangkau lokasi pelosok sekalipun. Anda dapat melihat dari riwayat bisnis waralaba ekspedisi yang akan anda ikuti atau review dari beberapa franchise yang sudah bergabung.

4. Pilihlah ekspedisi dengan riwayat pengiriman yang tepat waktu

Menilik riwayat pengiriman dari bisnis waralaba ekspedisi juga tidak kala penting dari riwayat jangkauan lokasi. Banyak franchise ekspedisi yang bangkrut dikarenakan pengiriman barang yang tidak tepat waktu.

Permasalahan ini berkaitan langsung dengan konsumen, jika pengiriman selalu tidak tepat waktu tentu akan mempengaruhi kepercayaan dari konsumen. Terlebih akan tambah repot apabila ada beberapa konsumen yang komplain terkait dengan barang yang tidak kunjung sampai melebihi batas waktu yang ditentukan.

Sebaiknya dalam memilih bisnis waralaba ekspedisi, Anda juga perlu memperhatikan riwayat pengirimannya. Pilihlah jasa ekspedisi dengan reputasi baik di mata konsumen, di antaranya selalu tepat waktu dalam mengantarkan barang sehingga tidak mengecewakan konsumen.

5. Pilihlah ekspedisi yang respon customer servis-nya cepat

Terakhir, pilihlah bisnis waralaba ekspedisi yang menawarkan customer servis cepat, tanggap, dan selalu sedia. Hal ini sangat diperlukan ketika ada masalah yang tidak diduga. Jika pelayanan pelanggan dari bisnis waralaba baik tentu Anda tidak akan kesusahan apabila tiba-tiba mendapatkan masalah atau mendaptkan komplain tidak biasa dari konsumen.

Terlebih di waktu awal-awalan bergabung sebagai franchise ekspedisi. Jangan sampai Anda menjadi kebingungan ketika menghadapi masalah terutama ketika menghadapi konsumen yang rewel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *