pengalaman buka tabungan jenius

Pengalaman Buka dan Aktivasi Tabungan Jenius Bank BTPN

Diposting pada

Di era digital seperti saat ini, masyarakat dituntut menggunakan alat transaksi yang cepat dan efektif. Meningkatnya jumlah online shop dan transaksi jual beli online disinyalir menjadi pendorong utama masyarakat memanfaatkan layanan digital banking.

Tidak heran jika perbankan di Indonesia berbondong-bondong meningkatkan layanan mereka dengan meluncurkan aplikasi tabungan digital guna menarik nasabah. Salah satu perbankan yang saat ini telah memiliki produk simpanan digital ialah Bank BTPN yang bernama tabungan jenius.

Buka dan Aktivasi Tabungan Jenius

Saat berniat membuka tabungan digital sebenarnya saya memiliki dua pilihan pertama tabungan Digibank dari bank DBS dan kedua tabungan jenius dari bank BTPN. Mengingat lokasi kantor perwakilan terdekat dengan rumah adalah Bank BTPN akhirnya saya memutuskan untuk membuka aplikasi Jenius.

Langkah Daftar Tabungan Jenius BTPN

  • Siapkan KTPel, dan tanda tangan di kertas kosong.
  • Siapkan juga kartu Nomor Pokok Wajib Pajak bagi yang sudah punya.
  • Buka aplikasi kemudian isi formulir data pribadi yang terdapat pada aplikasi jenius.
  • Buat PIN dan Password rekening.
  • Isi formulir informasi pekerjaan dan penghasilan.
  • Buat cashtag untuk memudahkan transaksi.

Setelah membaca informasi yang terdapat pada official website, saya langsung download dan install aplikasi Jenius dari google playsrote.

Awalnya saya mencoba daftar tabungan Jenius di malam hari, sayangnya pada saat upload foto KTPel terjadi kendala karena pencahayaan yang kurang. Maklum lah saya masih pakai smartphone jadul dengan hasil jepretan kurang sempurna. Akhirnya gagal deh bikin rekening jenius waktu itu.

Pada siang harinya saya coba lagi untuk registrasi dengan membuka aplikasi jenius dan melengkapi data diri. Proses upload foto KTPel kali ini berhasil tanpa kendala termasuk saat upload foto tanda tangan.

Sebenarnya saat pendaftaran kita juga diminta untuk upload foto NPWP, namun karena belum punya saya pilih skip proses ini.

Proses pengisian formulir sangat simple, beberapa diantaranya nama, alamat, dan tanggal lahir. Langkah selanjutnya kita diminta untuk membuat password dan PIN.

Ingat password dan PIN ini berbeda ya kalau password dipakai sebagai keamanan yang wajib diisikan pada saat bertransaksi. Kita akan diminta untuk membuat password dengan kombinasi huruf besar kecil, karakter, dan angka. Sedangkan PIN berfungsi untuk login ke aplikasi Jenius yang bisa kita buat dengan kombinasi 6 digit angka.

Sebagai alternative jika kita lupa password nanti akan ada pertanyaan rahasia yang bisa dipilih. Pilih saja salah satunya yang sangat familier namun bersifat rahasia

Setelah PIN dan Password selesai dibuat berikutnya kita akan diminat mengisi informasi pekerjaan dan penghasilan. Selesai mengisi formulir langsung saja pilih menu “kirim” yang berarti kita mengirimkan permohonan pembukaan tabungan jenius.

Sampai disini proses pendaftaran selesai, namun rekening tersebut belum bisa digunakan karena butuh proses aktivasi. Nah loh nganggur deh ini aplikasi.

Pengalaman Aktivasi Tabungan Jenius

Pada saat saya daftar dulu baru ada dua pilihan proses aktivasi yakni dengan bertemu tim jenius di lokasi atau memanggil crew jenius ke tempat kita. Daripada bingung untuk memanggil crew akhirnya saya putuskan untuk mendatangi kantor perwakilan bank BTPN untuk melakukan aktivasi.

Setelah sampai di kantor cabang BTPN awalnya saya Tanya ke security apakah bisa mengaktifkan rekening tabungan jenius di kantor tersebut. Setelah dijawab bisa langsung saja ambil nomor antrian ke customer service yang tidak begitu banyak.

Pada saat aktivasi kita Cuma ditanya untuk memastikan data serta menunjukkan KTPel saja. Prosesnya cepet banget gak sampai 5 menit. Setelah proses selesai niatnya sih sekalian setoran tunai lewat teller. Tapi ternyata rekening belum aktif dan disuruh menunggu sekitar seminggu sampai debit card dikirim ke alamat.

Keuntungan Pakai Jenius untuk Transaksi Keuangan

  • Gratis transfer ke semua bank (berlaku sesuai saldo rata-rata).
  • Laporan in out yang uptodate.
  • Serasa punya tabungan dalam genggaman.
  • Pengecekan nomor rekening sebelum transfer.
  • Tawaran tabungan dan deposito dengan bunga 5% – 7% p.a dengan membuka fexi saver, dream saver, maupun maxi saver.

Update Cara Aktivasi Terbaru

Ternyata saat ini proses verifikasi bisa dilakukan langsung melalui aplikasi jenius. Ceritanya karena cukup puas dengan fitur tabungan jenius sebagai fasilitas transaksi keuangan saya rekomendasikan adik saya untuk buka rekening jenius juga.

Proses awal sih sama dengan waktu saya melakukan registrasi. Namun saat melakukan verifikasi, loh kok langsung bisa lewat aplikasi?

Proses ini langsung terhubung dengan crew semacem melakukan video call gitu. Suruh nunjukin KTPel dan proses verifikasi selesai. Wah perkembangan yang cukup signifikan nih, gak repot harus datang ke kantor BTPN maupun panggil crew jenius.

Demikian pengalaman saya buka dan aktivasi tabungan jenius. Sampai saat ini saya masih setia menggunakan digital banking dari Bank BTPN tersebut. Meski tidak setiap hari dipakai setidaknya kalau ada transaksi mendadak bisa dengan mudah digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *