kerugian beli emas di pegadaian tunai

Begini Untung Dan Ruginya Beli Emas Di Pengadaian

Diposting pada

Salah satu cara untuk menyimpan uang sekalian untuk menambah jumlahnya adalan dengan melakukan investasi. Investasi membuat kita kaya tanpa harus bekerja keras. Kamu cukup menginvestasikan harta yang kamu miliki pada perusahaan atau benda berharga yang cukup dijadikan investasi agar nantinya di masa depan barang tersebut dapat dijual dengan harga yang lebih mahal. Lebih tepatnya pengertian dari investasi adalah penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa depan.

Menabung uang dan mendapatkan keuntungan. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berinvestasi, beberapa di antaranya yang paling populer yaitu investasi emas. Investasi emas sudah dikenal sejak zaman dahulu di mana banyak orang yang menyimpan emas untuk dijadikan simpanan kekayaan karena nilainya yang sering naik dibandingkan barang lainnya.

Keuntungan Dan Kerugian Beli Emas Di Pegadaian

Namun banyaknya modus penipuan akan penjualan emas, membuat kita harus berhati-hati ketika melakukan transaksi atau investasi emas. Jangan sampai kamu malah mendapatkan rugi ketika berinvestasi. Untuk menghindari terkena penipuan, akan lebih baiknya jika kamu membeli atau investasi emas di tempat yang terpercaya, asli, dan aman, seperti toko emas berlisensi, bank, PT Antam, hingga pegadaian.

Sebagai lembaga keungan yang memberikan layanan pembiayaan dan jaminan peminjaman uang darurat kepada masyarakat yang membutuhkan, pegadaian juga menjadi tempat untuk membeli emas. Pegadaian menjadi tempat membeli emas pilihan masyarakat karena memiliki beberapa keuntunga yang tidak didapatkan di tempat beli emas lainnya. Jika diperkirakan keuntungan yang didapat dari membeli emas di pegadaian lebih banyak dibandingkan dengan kekurangannya.

1. Keuntungan

Jika kamu termasuk orang mudah tertipu, ada baiknya memilih membeli emas di pegadaian. Pegadaian merupakan suatu badan usaha resmi yang mempunyai kredibilitas dan legalitas, sehingga dapat dipastikan keamanan dan keterpecayaannya. Selain itu, di pegadaian kamu juga dapat membeli emas meski tidak memiliki dana yang terbatas yaitu dengan menggunakan sistem kredit.

Dengan sistem kredit, kamu dapat melakukan investasi emas meski tidak memiliki banyak kekayaan. Kalau merasa dapat membeli secara langsung, di pegadaian juga melayani pembelian emas secara tunai. Keuntungan membeli emas secara kredit, emas milikmu aman tersimpan di pegadaian. Tidak perlu khawatir emas yang kamu cicil pembayarannya akan dicuri atau hilang, karena pegadaian menjamin keamanan barang dan bertanggung jawab akan segala kesalahan yang terjadi di Pegadaian.

Pegadaian juga menawarkan pembelian emas dengan sistem tabungan emas. Biasanya orang datang ke bank untuk menabung uang, akan tetapi jika di Pegadaian, kamu dapat menabung uang untuk kemudian secara otomatis menjadi tabungan dalam bentuk emas.

Akan tetapi banyaknya uang yang kamu tabung tidak berlaku harga yang sama ya, terkadang harga emas bisa sangat turun dan tabungan emasmu naik sesuai dengan uang yang kamu tabung dan sebaliknya ketika harga emas sedang naik, emas yang kamu dapatkan sedikit.

Keuntungan lainnya yang didapatkan dari membeli emas di Pegadaian yaitu harga jual emas yang normal. Beberapa toko emas terkadang menjual emas dengan harga yang relatif tinggi. Kemudian ketika kamu tidak memiliki uang atau membutuhkan peminjaman uang, pegadaian menerima layanan peminjaman uang dengan emas sebagai jaminannya.

2. Kekurangan/ Kerugian

Selain memiliki beberapa keuntungan, membeli emas di Pegadaian tidak terlepas dari beberapa kekurangan. Di antaranya yaitu ketika melakukan pembelian kredit, kamu akan dimintai sejumlah biaya administrasi beserta bunganya.

Sedangkan pada tabungan emas, berlaku aturan kurs jual dan kurs beli yang tentunya tidak dapat ditentukan keuntungannya sewaktu-waktu. Selain itu, jika kamu ingin mengambil tabungan emasmu dalam bentuk fisik benda emas, besaran rekening tabungan emas harus sudah mencapai 5 gram dan tidak ketinggalan, kamu juga harus membayar biaya cetaknya yang cenderung dikatakan mahal.

Pembelian emas secara kredit atau tabungan emas memang memiliki resiko yang cukup besar. Dalam transaksi emas, sebenarnya lebih disarankan secara tunai. Meski harus mengeluarkan uang yang banyak dalam satu waktu, pembelian emas secara tunai tidak memberikan banyak beban pada pembelinya.

Keuntungan Dan Kerugian Beli Emas Di Pengadaian Secara Tunai

Tapi bukan berarti membeli emas secara tunai di Pegadaian terbebas dari kekurangan ya. Kenali untung rugi beli emas di pengadaian secara tunai agar dapat menjadi perbandingan sebelum kamu memutuskan membeli emas di Pegadaian.

Beberapa keuntungan yang didapatkan dari membeli emas di Pegadaian secara tunai yaitu sebagai berikut:

1. Bebas biaya tambahan

Tidak seperti pembelian emas dalam bentuk kredit yang dikenakan sejumlah biaya tambahan seperti biaya administrasi, biaya bunga, serta biaya lainnya yang dipungut oleh pihak Pegadaian, pembelian secara tunai bebas dari segala biaya apapun. Sama seperti pembelian barang pada umumnya, pembelian emas di Pegadaian secara tunai yaitu barang atau emas bisa langsung kamu dapatkan dan kamu bawa setelah membayar harga kotan atau langsung lunas.

2. Dapat menghindari kerugian akibat risiko fluktuasi

Fluktuasi harga pada emas menjadi suatu hal yang biasa bagi para investor. Hal ini harus disikapi secara bijak dan tepat agar investasi emasmu tidak mengalami kerugian. Pembelian emas secara tunai lebih memberikan kemungkinan menghindari kerugian akibat resiko fluktuasi dibandingan dengan pembelian secara kredit.

Ketika emas sudah di tangan, kamu bisa kapan saja menjualnya ketika harga sedang naik dari harga ketika kamu membeli. Berbeda dengan pembelian kredit yang kebingungan ketika harga naik tapi cicilan belum selesai, ketika cicilan selesai, harga emas justru merosot tajam. Hal seperti tentu membuat kamu gelisah, akankah dapat menjual emas melebihi dari harga ketika membeli kredit.

3. Emas menjadi hak milik

Seperti dikatakan sebelumnya, jika kamu melakukan pembelian emas secara tunai maka kamu akan langsung dapat membawa pulang emas yang kamu beli secara lunas. Berbeda dengan pembelian kredit atau tabungan yang harus sedikit repot dalam mengatur pengambilan emasnya.

Di samping itu, pembayarn kredit juga memiliki risiko gagal bayar terhadap cicilan tersebut. Ketika suatu saat kamu tidak dapat membayar tagihan sampai menunggak dan tidak dappat membayar hingga sampai waktu yang ditentukan, maka pihak pegadaian akan melakukan penyitaan yang kemudian akan dilanjutkan dengan pelelangan untuk melunasi sejumlah cicilan hutang tersebut.

Setelah mengetahui keuntunganya, berikut adalah eberapa keuntungan yang didapatkan dari membeli emas di Pegadaian secara tunai:

4. Membeli langsung lunas

Pembelian secara tunai berarti membutuhkan sejumlah dana yang terbilang besar. Tidak seperti pembelian secara kredit yang bisa dilakukan dengan jumlah dana yang terbatas, maka tidak heran biasanya yang melakukan pembelian emas secara tunai yaitu orang-orang kaca atau yang memiliki banyak tabungan.

5. Resiko penyimpanan emas yang tidak aman

Pembelian secara kredit atau tabungan, emas akan disimpan oleh pihak pegadaian. Berbeda dengan pembelian dengan tunai yang emasnya bisa langsung dibawa pulang. Hal ini mengkhawatirkan apabila emas hilang atau dicuri orang. Seperti diketahui belakangan ini banyak terjadi pencurian barang di rumah terlebih jika rumah yang seringkali ditinggalkan. Jika kamu membeli emas secara tunai ada baiknya memikirkan tempat yang aman untuk menyimpan emas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *