Baru Lulus Kuliah? 7 Peluang Usaha untuk Fresh Graduate ini Sangat Rekomended

Diposting pada

Bagi kamu yang baru saja lulus dari universitas memang akan memanfaatkan waktu untuk mencari pekerjaan. Para fresh graduate seperti ini masih memiliki waktu luang yang cukup banyak. Mungkin kamu bisa memanfaatkan waktu luang itu untuk memulai berbisnis.

Apalagi saat ini ada banyak peluang bisnis yang bisa kamu terapkan dengan modal yang terlalu besar. Namun, peluang bisnis seperti ini tetap akan memperhitungkan peluang pasar yang dibutuhkan. Beberapa pilihan dari peluang usaha untuk fresh graduate akan berkaitan dengan penawaran jasa hingga produk tertentu.

7 Rekomendasi peluang usaha untuk fresh graduate

Peluang bisnis yang bisa kamu lakukan dengan status fresh graduate memang akan menggunakan perhitungan berbeda. Cara seperti ini juga disesuaikan dengan kemampuan kamu untuk mengelola seluruh pangsa pasar.

Meskipun ini hanya sebagai bisnis sampingan namun bukan berarti tidak memiliki kesempatan untuk berkembang menjadi lebih besar dan lebih baik. Modal yang kamu gunakan juga akan diintegrasikan dengan seluruh hasil riset pasar. Mungkin kamu bisa mencoba beberapa pilihan dari peluang usaha untuk fresh graduate yang terdiri dari:

1. Membangun online shop

Salah satu dari peluang usaha untuk fresh graduate yang bisa dicoba adalah dengan membangun online shop. Bisnis seperti ini memang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Apalagi kemudahan akses internet dan pilihan platform online yang semakin banyak menjadi pertimbangan yang paling penting.

Kamu bisa menggunakan banyak pilihan platform untuk memaksimalkan metode bisnis yang paling ideal. Selain itu, perhitungan modal dan pilihan produk yang ditawarkan juga harus spesifik. Biasanya produk yang dijual secara online akan disesuaikan dengan target pasar.

Beberapa pilihan produk yang dijual secara online seperti clothing, fashion, aksesoris, produk kecantikan, produk kesehatan dan lainnya. Bahkan, kamu juga bisa mencoba menawarkan kerajinan yang diproduksi sendiri. Cara seperti ini cukup ideal untuk menentukan valuasi yang sesuai keinginan.

2. Menjadi reseller berbagai produk

Kamu juga bisa mencoba untuk menjadi reseller dari berbagai produk yang cukup populer. Metode bisnis yang dijalankan seperti ini memang sangat berbeda dibandingkan dengan konsep konvensional. Apalagi kamu hanya menggunakan platform yang disesuaikan dengan pilihan produk dari supplier.

Untuk memulai bisnis ini sebaiknya pilih produk yang ideal dan memiliki pangsa pasar yang sangat besar. Cara ini dilakukan untuk memaksimalkan omset penjualan dalam jangka panjang. Selain itu, kamu harus memilih supplier produk yang terpercaya dengan kualitas barang yang baik. Hal ini dilakukan untuk memberikan kepuasan kepada para pembeli.

Keuntungan yang kamu dapatkan biasanya berasal dari selisih nilai jual. Lakukan metode penjualan secara online untuk memperluas target atau pangsa pasar.

3. Menawarkan jasa desain grafis

Rekomendasi lain dari peluang usaha untuk fresh graduate yang bisa dicoba adalah dengan membuka jasa desain grafis. Bisnis seperti ini cukup menguntungkan karena disesuaikan dengan kemampuan desain grafis yang kamu miliki.

Kualitas desain grafis yang baik akan mendatangkan proyek dalam jumlah yang besar. Namun, kamu juga harus aktif di berbagai forum dan memposting hasil karya desain grafis melalui sosial media atau blog pribadi. Cara seperti ini dilakukan untuk menarik perhatian dari banyak orang sekaligus menjadi portfolio yang akan dipertimbangkan bagi para calon klien.

Potensi bisnis seperti ini juga sangat menguntungkan mengingat bahwa kebutuhan desain grafis juga semakin besar. Apalagi beberapa perusahaan juga sudah mulai menerapkan branding yang ideal hingga menentukan kemasan produk yang lebih baik.

4. Bisnis pulsa atau token listrik

Peluang bisnis lain yang cukup menguntungkan untuk kamu coba adalah dengan bisnis pulsa atau paket data internet. Bisnis seperti ini dianggap memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan. Tentu saja metode bisnis yang dijalankan akan disesuaikan dengan modal yang kamu miliki.

Semakin besar modal untuk bisnis ini maka nilai produk yang kamu dapatkan juga semakin besar. Sebagian besar modal yang kamu gunakan akan menjadi nilai deposit untuk beberapa pilihan produk. Misalnya saja deposit produk untuk pulsa, paket data internet hingga token listrik.

Bisnis seperti ini juga akan dipengaruhi metode penawaran produk. Hal ini akan berkaitan langsung dengan penawaran produk dan penjualan. Kamu juga bisa mencoba untuk menawarkan produk secara online untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Semakin luas jaringan bisnis yang kamu miliki tentu saja potensi keuntungan akan semakin lebih besar.

5. Membuka jasa kursus atau les private

Bagi kamu yang masih fresh graduate tentu saja memiliki peluang untuk membuka jasa kursus atau private. Biasanya jasa kursus seperti ini disesuaikan dengan target khalayak yang berpotensi. Misalnya saja kamu bisa menawarkan jasa kursus untuk siswa sekolah menengah pertama yang mengajarkan beberapa mata pelajaran.

Mungkin dengan menawarkan jasa kursus bahasa asing dengan metode pembelajaran yang berbeda. Beberapa pilihan bahasa asing yang mungkin bisa kamu ajarkan seperti bahasa Inggris dan Mandarin. Manfaatkan beberapa ruangan di rumah kamu untuk membuka jasa kursus ini.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba membantu para peserta dalam menyelesaikan tugas yang diberikan dari sekolah. Hal yang perlu diingat adalah materi pembelajaran yang kamu berikan sebaiknya disesuaikan dengan materi yang sama seperti di sekolah. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pemahaman para siswa.

6. Menjadi penulis lepas

Potensi bisnis lain yang bisa dicoba para fresh graduate adalah dengan menjadi content writer. Saat ini kebutuhan dari content untuk digital marketing semakin besar. Kamu bisa memanfaatkan kondisi untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Namun, bisnis ini akan mudah dijalankan bila kamu memiliki kemampuan menulis yang sangat baik. Selain itu, kamu juga harus aktif di berbagai komunitas dan forum online. Cara ini dilakukan untuk menentukan target pasar yang ideal sesuai dengan kemampuan menulis kamu.

Misalnya saja kamu memiliki target para publisher hingga startup yang membutuhkan konten dengan topik dan model SEO. Gunakan blog pribadi untuk menampilkan contoh tulisan yang pernah kamu buat. Portfolio ini akan mempengaruhi nilai dan kualitas jasa yang kamu berikan kepada klien.

7. Membuka usaha kedai kopi

Bisnis seperti ini sedang naik daun dan populer di kalangan fresh graduate. Bahkan, produk yang ditawarkan juga menjadi tren yang menguntungkan bagi para pebisnis. Untuk memulai bisnis kedai kopi seperti ini tentu saja kamu harus melakukan beberapa perhitungan. Model bisnis, konsep bisnis yang dijalankan hingga perhitungan modal yang dibutuhkan akan menjadi pertimbangan yang sangat penting.

Kamu bisa memulai bisnis ini dengan skala kecil. Biasanya modal untuk bisnis kedai kopi skala kecil juga tidak terlalu besar. Namun, kamu juga harus melakukan riset terhadap resep menu kopi yang berbeda. Cara seperti ini dilakukan agar orang lain tertarik untuk mencoba menu kopi yang ditawarkan.

Tinggalkan Balasan