keuntungan agen brilink

Agen BRILink : Sedikit Kerja, Banyak Untungnya

Diposting pada

Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah salah satu Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terbesar dan paling banyak cabangnya di Indonesia. Tidak mengherankan jika nasabah BRI begitu banyak hingga sampai ke wilayah terpelosok juga.

Akan tetapi keadaan tersebut ternyata membawa permasalahan di mana wilayah kantor cabang yang jauh dari jangkauan nasabah dan antrian pelayanan yang cukup panjang membuat para nasabah kesulitan apabila harus mengurus segala sesuatu yang bersangkutan dengan kantor cabang.

Syarat Menjadi Agen BRILink

Pemerintah bekerja sama beserta Bank Indonesia mempersiapkan pencanangan Branchless Banking atau layanan perbankan tanpa mengandalkan kantor cabang yaitu dengan mengandalkan teknologi untuk mempermudah nasabah.

Hal tersebut ditindaklanjuti oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang merupakan lembaga yang memiliki otoritas dalam pengawasan perbankan dan lembaga keuangan. OJK meluncurkan program LAKU PANDAI (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif) pada tahun 2015 yang kemudian oleh Bank Rakyat Indonesia memulai Program BRILink.

Adanya BRILink ini tidak hanya membawa keuntungan bagi BRI dan nasabahnya, di mana kebutuhan transaksi semakin banyak, mempermudah nasabah yang berada di area yang terpencil, dan pihak perusahaan juga tidak perlu membangun kantor di daerah tersebut. Melalui BRILink, nasabah dapat melakukan transaksi seperti isi ulang pulsa, pembayaran listrik, setor uang tunai, tarik tunai, dan lain sebagainya.

Keuntungan juga di dapatkan oleh nasabah dan pihak perusahaan tetapi juga bagi para pelaku usaha. Dengan adanya BRILink yang masuk di pelosok daerah tentu menjadi lading usaha yang tidak terduga sebelumnya, yaitu dengan ikut serta menjadi agen Brilink. Ada banyak keuntungan menjadi agen BRILink. Dari keuntungan yang pasti, kemudahan mendaftar, hingga menjalin relasi dengan pegawai, dan lain sebagainya. Jika Nada tertarik untuk menjadi agen BRILink sebaiknya lengkapi dulu persyaratannya berikut ini:

  • Warga Negara Indonesia, yang sudah menjadi nasabah BRI
  • Mendaftarkan diri ke Kantor Wilayah BRI yang terdekat.
  • Mempunyai usaha yang sudah berjalan minimal 1 tahun.
  • Memiliki Surat Izin Usaha.
  • Status tempat usaha adalah Milik Sendiri. Atau jika anda menyewa Toko, lama waktu sewa yang anda ambil adalah minimal satu tahun, dan jika kurang dari satu tahun, anda harus melampirkan surat perpanjangan sewa sehingga minimal anda menempati tempat tersebut minimal selama satu tahun.
  • Mengisi formulir permohonan dan menandatangani Surat Perjanjian
  • Memiliki rekening dan ATM BRI yang diisi sejumlah saldo yang dapat anda gunakan untuk melakukan transaksi.

Keuntungan Menjadi Agen BRILink

Jika Anda masih ragu untuk memulainya, ada baiknya jika Anda menilik ulasan keuntungan menjadi agen BRILink berikut ini:

1. Penghasilan berlipat dengan pekerjaan yang mudah

Banyak agen telah merasakan keuntungan menjadi agen BRILink yang hingga jutaan rupiah per bulan meski hanya dengan bekerja di rumahan. Hal ini tentu merupakan berita yang baik bagi pelaku usaha di mana mereka dapat menemukan pekerjaan yang mudah namun memilki keuntungan yang besar.

Di luar keuntungan yang didapatkan dari usaha, agen BRILink juga memperoleh asuransi khusus dari pihak BRI yaitu di antaranya keselamatan apabila terjadi sesuatu kecelakaan yaitu sekitar Rp 2,5 juta rupiah, tunjangan pendidikan dan santunan pendapatan sebesar Rp 1 juta rupiah, santunan duka Rp 500 ribu rupiah serta asuransi kebakaran sebesar Rp 25 Juta rupiah. Tentunya ini menjadi bisnis yang menggiurkan sebagai bisnis yang dijalankan di rumah.

2. Turut meningkatkan pemasukan usaha

Agen BRILink akan lebih mendapatkan untung berlipat apabila memiliki usaha yang lain dalam satu tempat BRILink. Ini akan membuat usaha Anda akan lebih dikenal dengan semakin banyaknya orang yang datang untuk keperluan BRILink. Meski tidak bisa dipastikan bahwa orang yang datang akan mampir ke tempat usaha Anda, setidaknya mereka melihat bahwa terdapat suatu usaha yang berdiri satu atap dengan BRILink. Tentunya hal ini menjadi promosi yang secara tidak langsung untuk usaha Anda yang tentunya akan membuat omset usaha meningkat.

3. Menciptakan hubungan baik dengan pegawai BRI

Keuntungan lainnya menjadi agen BRILink yaitu dapat menjalin relasi dengan pegawai BRI. Ketika Anda rutin setor deposit ke BRI, tentu Anda akan lebih dikenal dan dianggap sebagai nasabah yang baik. Hal ini memberikan keuntungan khusus untuk Anda di mana ketika Anda ingin mengajukan pinjaman modal usaha tentu aan dimudahkan karena syarat utama telah terpenuhi yaitu mendapatkan kepercayaan dari pihak bank BRI.

Resiko Menjadi Agen Brilink

Meski dikatakan memiliki keuntungan yang besar, menjadi agen BRILink juga tidak terlepas dengan banyakny resiko. Beberapa resiko tersebut yaitu:

1. Pembekuan dana

Untuk mengurangi tingkat kerugian, pihak BRI akan melakukan sejumlah pembekuan dana yang dianggap sebagai jaminan dari mesin EDC. Dana yang dibekukan yaitu sekitar Rp 3 juta rupiah apabila agen tidak memiliki rekening pinjaman, dan sekitar Rp 500 ribu rupiah jika agen memiliki rekening pinjaman di BRI. Dana yang dibekukan tersebut akan cair ketika agen lepas status menjadi agen BRILink.

2. Penalty ketika tidak memenuhi target

Agen BRILink bukanlah sekedar usaha rumahan yang mudah. Untuk menjadi agen BRILink yang sukses, agen harus mampu mengejar target yang ditentukan oleh pihak BRI. Target yang ditetapkan pihak BRI yaitu minimal sebanyak 200 transaksi dalam setiap bulannya. Apabila agen tidak dapat memenuhi target, agen akan mendapatkan penalty dari pihak BRI.

Meski begitu peraturan ini berlaku ketika sudah jalan selam 6 bulan yaitu melewati grace period. Perjanjian kerja sama antara agen dengan pihak BRI yaitu apabila usia agen lebih dari 7 bulan dan tidak mencapai target yang telah ditentukan maka wajib membayar denda sebesar Rp 1.000 rupiah dikalikan dengan selisih target yang belum dicapai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *