Tentukan produk pinjaman sebagai langkah awal cara pinjam uang di bank bri
Tentukan produk pinjaman sebagai langkah awal cara pinjam uang di bank bri

6 Cara Pinjam Uang di Bank BRI, Biar Cepat Disetujui

Diposting pada

Menghadapi kesulitan keuangan bukan berarti akhir dari segalanya. Terlebih di era modern seperti saat ini, kita makin mudah mencari pinjaman dana. Salah satunya melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang memang memiliki cukup banyak layanan kredit. Cara pinjam uang di Bank BRI juga relative mudah asal kamu paham proses dan prosedur pengajuannya.

Bekerja sekeras dan segiat apapun yang namanya kebutuhan mendadak munculnya secara tiba-tiba. Apesnya lagi jika tabungan atau dana darurat kita gak bisa menutup kebutuhan tersebut. Intinya tiap-tiap orang itu punya rejeki sendiri-sendiri, tapi ada kalanya di atas dan di bawah. Ada kalanya banyak ada kalanya sedikit. Ada kalanya cukup ada kalanya kurang.

Nah, disaat-saat seperti inilah keberadaan Bank BRI sangat berharga bagi nasabah yang membutuhkan pinjaman. Bahkan pinjaman gak melulu harus diajukan disaat kamu terhimpit masalah ekonomi.

Misalnya saja saat ini kamu memiliki usaha yang ingin dikembangkan. Modal menjadi kunci utama untuk dapat meningkatkan profit usaha kamu. Disinilah peran bank sebagai pemberi pinjaman modal kerja bisa kamu harapkan.

Apapun kebutuhan kamu gak perlu cemas karena BRI memiliki beragam jenis kredit yang bisa kamu pilih. Jenis pinjaman pribadi untuk memenuhi kebutuhan konsumtif hingga pinjaman produktif untuk mengembangkan usaha bisa kamu dapatkan dari Bank BRI.

Apalagi unit BRI saat ini sudah banyak bertebaran di setiap kota bahkan hampir di tiap-tiap kecamatan ada. Pasti makin dekat dengan domisili tempat tinggal kamu sehingga memudahkan proses pengajuan pinjaman.

6 Cara Pinjam Uang di Bank BRI

Sebagai pengetahuan awal kamu bisa ikuti cara pinjam uang di bank BRI berikut ini agar proses pengajuan berjalan lancar dan memperoleh persetujuan.

1. Tentukan Produk Pinjaman yang Tepat

Tentukan produk pinjaman sebagai langkah awal cara pinjam uang di bank bri
Tentukan produk pinjaman sebagai langkah awal cara pinjam uang di bank bri
  • BRIGuna bisa kamu pilih jika ingin memperoleh Kredit Tanpa Agunan.
  • KUR BRI bisa kamu ajukan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja dan investasi (UMKM).
  • KUPEDES BRI pinjaman multiguna bagi UMKM yang bisa kamu ajukan untuk memenuhi kebutuhan produktif maupun konsumtif.
  • KKB BRI Refinancing pinjaman dengan jaminan kendaraan bermotor untuk penuhi kebutuhan pribadi.

Sebelum mengajukan permohonan kredit, lebih bagus jika kamu sudah mengetahui jenis pinjaman mana yang hendak kamu ajukan. Untuk menentukan jenis pinjaman yang tepat, kamu perlu pertimbangkannya berdasar pemanfaatan dana.

Jika kamu membutuhkan dana pinjaman untuk memenuhi keperluan pribadi jenis pinjaman konsumer bisa kamu pilih. Beda halnya jika kamu akan memanfaatkan uang pinjaman sebagai modal pengembangan bisnis, fasilitas kredit produktif lebih tepat kamu dapatkan.

Berikut beberapa jenis produk kredit BRI yang paling banyak diminati masyarakat. Kamu bisa pilih salah satu produk yang paling tepat dengan tujuan penggunaan dana.

# BRIGuna Kredit Tanpa Agunan

Pinjaman BRI Tanpa Jaminan
Pinjaman BRI Tanpa Jaminan
  • Terbagi menjadi empat jenis yakni BRIGuna Karya, Purna, Umum, dan Pendidikan.
  • Limit pinjaman tak terbatas disesuaikan dengan penghasilan dan kemampuan debitur melakukan pengembalian pinjaman.
  • Bisa diajukan oleh karyawan aktif, pensiunan, hingga mahasiswa S2 dan S3.
  • Sistem angsuran tetap setiap bulan sampai jangka waktu pelunasan berakhir.
  • Include fasilitas asuransi jiwa sampai Rp 500 juta tanpa medical checkup.
  • Jika debitur bersangkutan meninggal pinjaman bakal dicover pihak asuransi.
  • Cocok diajukan oleh PNS/ TNI/ POLRI, dan karyawan swasta pemilik SK Pegawai/ pensiunan.

Kalau kamu ingin memperoleh pinjaman tanpa jaminan dari Bank BRI. Produk BRIGuna menjadi fasilitas kredit paling tepat yang bisa kamu pilih. Namanya juga tanpa jaminan pastinya gak butuh BPKB apalagi Sertifikat Rumah (SHM) sebagai agunan.

Cara pinjam uang di bank BRI melalui produk BRIGuna gak butuh jaminan. Namun demikian salah satu persyaratan yang perlu kamu pegang sebelum mengajukan BRIGuna yakni SK Pegawai. Jadi kalau kamu merasa sebagai pelaku UKM atau gak punya SK pegawai sebaiknya urungkan niatan untuk mengajukan pinjaman tanpa jaminan BRI.

Mengingat SK Pegawai berlaku sebagai pengganti agunan, BRIGuna paling tepat diajukan oleh seorang PNS/ TNI/ POLRI, Pegawai BUMN/ BUMD, dan karyawan swasta yang memiliki SK sesuai kriteria.

BRI sendiri mengelompokkan produk BRIGuna menjadi empat jenis yakni BRIGuna Karya, BRIGuna Purna, BRIGuna Umum, dan BRIGuna Pendidikan. Kamu bisa memilih satu dari keempat jenis BRIGuna sesuai dengan kondisi pekerjaan saat ini.

# Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Pinjaman KUR BRI khusus buat UMKM
Pinjaman KUR BRI khusus buat UMKM
  • Ada tiga jenis KUR BRI yakni KUR Mikro, Kecil/ Ritel, dan KUR TKI.
  • Limit pinjaman KUR Mikro sampai Rp 25 juta dengan jangka waktu maksimal 3 tahun untuk modal kerja dan 5 tahun sebagai kredit investasi.
  • Limit KUR Kecil di atas Rp 25 juta hingga Rp 500 juta dengan jangka waktu maksimal 4 tahun sebagai Kredit Modal Kerja dan maksimal 5 tahun sebagai Kredit Investasi.
  • Bisa diajukan secara individu oleh pelaku UKM dengan minimal usaha telah berjalan selama enam bulan.
  • Dibutuhkan jaminan berupa BPKB Mobil atau Sertifikat Rumah (SHM tanah dan bangunan) untuk KUR Kecil.
  • Cocok diajukan oleh pelaku usaha produktif yang layak dan belum bankable.
  • Hanya bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan modal kerja dan investasi.

Siapa sih yang gak tahu Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pembiayaan modal kerja dan investasi bagi pelaku UKM ini memang sangat diminati karena bunga yang sangat rendah.

Sebagai gambaran saja ya, KUR sebenarnya merupakan program pemerintah untuk memberikan akses bagi pelaku usaha produktif yang belum bankable.

Tak tangung-tanggung, selain memberikan kemudahan terhadap syarat pengajuan. KUR juga dijalankan dengan subsidi suku bunga, jadi bunganya saat ini cuma 7% per tahun. Namanya juga program subsidi, pasti banyak lah yang mau.

Dan asal tahu saja, BRI selama ini terdaftar sebagai salah satu bank penyalur KUR dengan jatah dana terbesar lho. Sudah pasti target marketing atau yang dikenal dengan sebutan Mantri KUR BRI lebih besar dibanding target penyaluran perbankan lain. Selain cara pinjam uang di bank BRI mudah, perkiraan saya sih proses pengajuan KUR BRI lebih cepat berdasar beberapa pertimbangan di atas.

Makanya kalau kamu termasuk pelaku UKM dan membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan modal kerja dan investasi. Paling untung ya mengajukan KUR di bank BRI baik jenis Mikro maupun KUR Kecil.

Jika kebutuhan pinjaman kamu masih di bawah Rp 25 juta bisa pilih KUR Mikro yang ditawarkan dengan plafon maksimal Rp 25 juta. Beda halnya jika kamu butuh dana lebih dari Rp 25 juta masuknya ke jenis KUR Kecil yang bisa diajukan di atas Rp 25 juta hingga Rp 500 juta.

Beda produk beda pula syarat dan manfaatnya. Kredit Usaha Rakyat bisa kamu peroleh dengan memenuhi kriteria dan melengkapi persyaratan sebagai penerima manfaat.

Ini lho beberapa syarat yang wajib kamu penuhi jika ingin mengajukan KUR BRI.

  • Kamu harus memiliki usaha produktif yang layak dan sudah berjalan minimal selama enam bulan.
  • Hanya nasabah yang gak punya kredit dari bank yang bisa mengajukan. Kecuali kalau kamu punya kredit konsumtif seperti KKB, KPR, atau Kartu Kredit masih boleh mengajukan KUR.
  • Sedangkan untuk syarat administrasi khusus KUR Mikro kamu perlu menyiapkan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, dan Surat Ijin Usaha.
  • Persyaratan administrasi tambahan bagi kamu yang ingin mengajukan KUR Kecil berupa surat ijin usaha mikro dan kecil.
  • Untuk urusan jaminan, KUR Mikro sebenarnya gak diharuskan, tapi semuanya juga tergantung pihak bank juga sih. Sedangkan untuk KUR Kecil jaminannya bisa berupa BPKB Mobil atau SHM tanah dan bangunan.

Saya sih selalu merekomendasikan produk KUR ini bagi kamu yang memenuhi kriteria penerima manfaat. Bayangkan saja selain cara pinjam uang di bank BRI mudah, KUR Mikro dengan nominal maksimal Rp 25 juta bisa kamu pinjam selama 3 tahun. Itu untuk pembiayaan modal kerja, kalau dipakai buat investasi tenor maksimal bisa mencapai 5 tahun.

Beda lagi dengan jenis KUR Kecil yang bisa kamu ambil hingga 4 tahun untuk modal kerja dan 5 tahun sebagai kredit investasi. Sudah bunga murah 7% per tahun, jangka waktunya panjang pula. Tinggal bagaimana kamu memaksimalkan fasilitas KUR untuk mengembangkan bisnis dan usaha yang tengah kamu geluti saat ini.

# Kredit Usaha Pedesaan (KUPEDES)

Pinjaman Kupedes Sebagai Kredit Produktif dan Mendukung Pembiayaan Konsumtif
Pinjaman Kupedes Sebagai Kredit Produktif dan Mendukung Pembiayaan Konsumtif
  • Termasuk jenis pinjaman UMKM.
  • Pinjaman bisa dimanfaatkan untuk kegiatan produktif dan mendukung kebutuhan konsumtif lain.
  • Angsuran dapat disesuaikan berdasar pemanfaatan baik bulanan maupun musiman.
  • Jaminan bisa berupa tanah dan bangunan bahkan belum bersertifikat sekalipun.
  • Debitur bakal memperoleh asuransi jiwa kredit
  • Cocok diajukan oleh pelaku UMKM di semua sektor baik pertanian, perdagangan, maupun perindustrian.

Cara pinjam uang di Bank BRI berikutnya bisa kamu ajukan melalui produk Kredit Usaha Pedesaan (KUPEDES). Fasilitas pinjaman ini termasuk jenis kredit UMKM yang ditujukan bagi semua sektor ekonomi.

Banyak nasabah yang mengira KUPEDES sama dengan KUR, padahal kedua produk ini jauh sangat berbeda. Jika KUR merupakan program dari pemerintah beda halnya dengan KUPEDES. Produk ini benar-benar fasilitas pinjaman yang diterbitkan oleh bank BRI secara mandiri dan gak ada subsidi suku bunga.

Jadi, kamu jangan terkecoh jika disodori brosur Kupedes maupun KUR. Dari hitungan bunga dan cicilan bulanan saja sudah sangat beda.

Perbedaan lain juga tampak pada segi pemanfaatan dana. Jika KUR hanya boleh dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja dan investasi beda halnya dengan KUPEDES. Disamping bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan produktif. KUPEDES bisa kamu ajukan pula untuk memenuhi kebutuhan lain seperti biaya pendidikan, biaya renovasi rumah, membeli kendaraan bermotor, dan lain sebagainya.

Kalau saya sih lebih cenderung menjadikan KUPEDES sebagai alternatif kedua kalau usaha mengajukan KUR BRI benar-benar mentok gak bisa. Atau produk ini juga sangat tepat jika dalam waktu bersamaan kamu butuh dana untuk pemenuhan kegiatan produktif dan konsumtif.

Syarat dan cara pinjam uang di bank BRI untuk mengajukan KUPEDES cukup mudah. Selain telah berpengalaman dalam usaha minimal selama satu tahun. Kamu hanya butuh dokumen berupa KTP/ SIM, dan legalitas usaha.

# KKB Refinancing

Gadai BPKB via KKB BRI Refinancing
Gadai BPKB via KKB BRI Refinancing
  • Merupakan pinjaman dengan jaminan kendaraan bermotor.
  • Tenor pembiayaan hingga 4 tahun dipertimbangkan berdasar kondisi dan usia kendaraan.
  • Dapat diajukan oleh semua kalangan pekerja baik karyawan, wiraswasta, maupun profesional.
  • Menerima semua jenis dan merk kendaraan.
  • Pemanfaatan dana fleksibel untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

Jika kamu lebih tertarik untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan kendaraan bermotor. Fasilitas Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BRI Refinancing menjadi pilihan tepat. Berbekal mobil dan motor kamu bisa mengajukan pinjaman dengan jangka waktu maksimal mencapai empat tahun.

Cara pinjam uang di bank BRI jaminan kendaraan bermotor mirip dengan proses gadai. Wajar jika sebagian nasabah menganggap fasilitas kredit yang satu ini termasuk jenis gadai BPKB mobil dan motor di bank BRI. Dimana BPKB kendaraan menjadi jaminan yang bakal ditahan pihak bank.

Meski demikian kamu gak perlu khawatir akan keamaan BPKB. Pasalnya pihak BRI bakal menyimpan surat kendaraan di tempat yang aman bahkan memberikan all risk loss insurace untuk unit kendaraan yang kamu jadikan sebagai agunan.

Kriteria nasabah yang diperbolehkan mengajukan pinjaman BRI jaminan mobil cukup ringan. Apapun status pekerjaan kamu entah itu karyawan, wiraswasta, maupun profesional berhak kok ngajuin KKB BRI Refinancing.

Untuk urusan dokumen administrasi kamu perlu menyiapkan KTP, KK, NPWP, Bukti Penghasilan, dan dokumen lain sesuai apa yang diminta petugas bank. Dokumen utama yang gak boleh ketinggalan yakni legalitas kendaraan berupa STNK dan BPKB.

Baca: 10 Pinjaman Bulanan Online Langsung Cair, Bayarnya Bisa Dicicil

2. Penuhi Kriteria dan Siapkan Persyaratan Dokumen

Cara pinjam uang di bank BRI tak luput harus lengkapi persyaratan
Cara pinjam uang di bank BRI tak luput harus lengkapi persyaratan
  • Usia di atas 21 tahun menjadi mayoritas batas bawah usia calon debitur.
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) jadi identitas diri yang gak boleh tertinggalkan.
  • Kartu Keluarga juga dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan dokumen administrasi.
  • NPWP dan Surat Ijin Usaha dibutuhkan untuk beberapa kelompok nasabah.
  • Sedangkan persiapan jaminan bisa kamu sesuaikan berdasar jenis kredit yang hendak diambil.

Langkah kedua dari cara pinjam uang di bank BRI ialah dengan memperhatikan kriteria dan mempersiapkan dokumen administrasi. Tahap ini pastinya hanya bisa kamu lakukan setelah menentukan produk kredit mana yang bakal kamu ajukan.

Sebagai contoh, dari keempat jenis pinjaman BRI yang paling diminati di atas kamu bisa pilih salah satunya. Proses pemilahan tentunya wajib kamu pertimbangkan berdasar manfaat dan persyaratan.

Gak lucu kan jika kamu bukan seorang pelaku UKM ingin mengajukan KUR. Demikian pula jika kamu berharap bisa mengajukan kredit tanpa agunan sedangkan kamu gak punya SK kerja. Makanya sebelum memilih produk kredit kamu perlu memahami syarat dan ketentuan masing-masing layanan.

Pada tahap ini intinya kamu wajib penuhi tuh semua kriteria sebagai calon debitur. Jika hendak mengajukan KUR BRI kamu juga harus memiliki usaha produktif layak yang sudah berjalan minimal selama enam bulan. Memiliki rentang usia sesuai kriteria yang telah ditentukan. Serta melengkapi dokumen persyaratan yang dibutuhkan.

3. Datangi Kantor Cabang atau Unit BRI Terdekat

Menemui petugas bank juga salah satu cara pinjam uang di bank BRI
Menemui petugas bank juga salah satu cara pinjam uang di bank BRI
  • Silakan datangi kantor unit terdekat dengan domisili/ tempat kerja/ tempat usaha.
  • Ambil nomor antrian ke bagian customer service, jangan antrian teller.
  • Menunggu nomor antrian kamu dipanggil untuk menghadap customer service.
  • Utarakan maksud kedatangan pada petugas bank.

Jika kamu sudah menentukan jenis kredit serta mempersiapkan semua persyaratan. Cara pinjam uang di Bank BRI selanjutnya ialah dengan mendatangi kantor cabang atau unit BRI terdekat. Agar proses pengajuan dan persetujuan berjalan cepat, sebaiknya kamu datangi unit BRI terdekat dengan domisili, atau tempat usaha, atau tempat kerja kamu.

Biasanya di depat pintu masuk bakal ada security yang menawarkan bantuan. Bilang saja mau mengajukan pinjaman dan kamu bakal dipersilakan mengambil nomor antrian ke bagian customer service.

Lama tunggu nomor antrian kamu dipanggil sangat tergantung banyak sedikitnya nasabah lain yang bertujuan sama ke customer service. Tunggu saja dengan sabar sampai nomor kamu dipanggil untuk menghadap salah satu CS yang bakal melayanimu.

Nah jika nomor antrian sudah dipanggil, silakan datangi Customer service. Biasanya CS bakal menyapa dengan senyum dan menawarkan bantuan bagi kamu. Silakan utarakan maksud kedatangan kamu ke Bank BRI yakni ingin mengajukan pinjaman.

Jika kamu belum menentukan pilihan produk kredit. Petugas bakal nanyain tujuan pemanfaatan dana yang kamu inginkan dan memberikan penjelasan terkait produk kredit yang paling tepat. Setelah kamu memilih salah satu produk kredit petugas bakal ngasih formulir aplikasi pengajuan kredit dan ngasih tau cara pinjam uang di bank BRI sesuai ketentuan.

4. Isi dan Tandatangani Formulir Pengajuan

Isi dan tandatangani formulir pengajuan pinjaman BRI
Isi dan tandatangani formulir pengajuan pinjaman BRI
  • Mengisi identitas diri mulai dari nama, nomor KTP, hingga status perkawinan.
  • Mengisi informasi tempat tinggal mulai alamat KTP hingga alamat domisili saat ini.
  • Data permohonan pinjaman mulai nominal dan tenor yang diambil hingga jenis agunan.
  • Tanda tangani dan lampirkan dokumen persyaratan.

Pada beberapa kasus, pengisian aplikasi kredit ada juga yang dibantu petugas bank. Jadi kamu tinggal jawab apa yang ditanya sama petugas yang kemudian diisikan pada formulir pengajuan. Tapi kalau terpaksanya harus ngisi sendiri kamu gak perlu khawatir.

Formulir pengajuan kredit biasanya memuat beberapa pertanyaan dan data yang harus kamu isikan. Mulai dari identitas diri, identitas pekerjaan dan penghasilan, hingga nominal pengajuan kredit.

Sebagai contoh cara pinjam uang di bank BRI khususnya program KUR kamu bakal diminta untuk mengisi data diri berupa nama lengkap, nomor KTP, status perkawinan, hingga kepemilikan kredit di bank lain. Sedangkan untuk informasi alamat pemohon kamu akan diminta untuk mengisi alamat lengkap sesuai KTP dan alamat domisili (jika berbeda dengan alamat di KTP).

Data pengajuan pinjaman juga wajib kamu isikan mulai dari nominal kredit, jangka waktu yang dipilih, jenis usaha yang kamu jalankan, hingga aset yang akan kamu jadikan sebagai agunan.

Setelah selesai mengisi aplikasi kredit, silakan serahkan pada petugas agar diperiksa sebelum kamu tandatangani. Jika sudah beres semuanya tinggal kamu tandatangani dan lampirkan semua dokumen yang dibutuhkan.

5. Menunggu Proses Survey dan Persetujuan

Tunggu survey dan persetujuan pinjaman
Tunggu survey dan persetujuan pinjaman
  • Verifikasi data dilakan cepat oleh petugas bank.
  • Survey kelayakan pengajuan pinjaman bisa memakan waktu beberapa hari.
  • Akad kredit atau penandatanganan perjanjian pinjam meminjam jika pengajuan disetujui.
  • Pencairan dana sesuai ketentuan yang berlaku dan bisa langsung kamu manfaatkan.

Tahapan atau cara pinjam uang di bank BRI yang satu ini sebenarnya gak begitu perlu kamu ketahui. Tapi untuk menambah wawasan bisa saja kamu pelajari biar gak berburuk sangkat terhadap layanan petugas bank. Kerap lho nasabah gak sabar menunggu proses persetujuan kredit.

Asal tahu saja, BRI merupakan bank dengan jaringan terluas di Indonesia dan termasuk salah satu BUMN. Wajar lah jika proses persetujuan dilakukan berdasar Standard Operasional Prosedur (SOP) yang cukup rumit. Meski demikian kamu gak perlu risau, proses ini gak begitu lama kok dan kamu tinggal menunggu saja konfirmasi dari petugas bank yang biasanya dilakukan melalui jaringan telepon.

Pada tahap awal, data yang kamu ajukan bakal melalui verifikasi untuk melihat apakah kamu layak dikasih pinjaman atau enggak. Kalau dilihat dari data dan Sistem Iformasi Debitur (SID) kamu termasuk nasabah yang layak diberi pinjaman proses survey bakal dilakukan.

Proses survey kelayakan pengajuan pinjaman bisa dilakukan langsung dengan mendatangi yang bersangkutan bisa juga dilakukan secara gak langsung. Kalau saya sendiri sih kerap menjumpai petugas survey justru bertanya ke tetangga terkait karakter dan usaha atau pekerjaan calon debitur.

Dari proses tersebut nantinya bakal keluar keputusan apakah aplikasi kredit yang kamu sodorkan disetujui atau ditolak. Jika disetujui kamu bakal dihubungi petugas bank untuk mengikuti prosedur selanjutnya yakni penandatanganan akad kredit dan pencairan dana sesuai ketentuan.

6. Proses Pengembalian Pinjaman

Proses pengembalian pinjaman sesuai tenor dan ketentuan pembayaran
Proses pengembalian pinjaman sesuai tenor dan ketentuan pembayaran
  • Pahami skema pembayaran cicilan.
  • Pastikan kamu tau jumlah angsuran biar gak kaget.
  • Apakah kamu masih mau pinjam lagi setelah lunas?
  • Pelunasan dan pengambilan agunan.

Jangan mengira proses dan cara pinjam uang di bank BRI selesai begitu kamu terima dana. Tahap pengembalian pinjaman juga wajib kamu pahami sebelum benar-benar mengajukan kredit. Jangan sampai merasa berat membayar cicilan padahal di awal kamu sudah dikasih tahu proses dan prosedurnya.

Mengingat BRI memiliki cukup banyak produk kredit. Hal utama yang perlu kamu ketahui terkait proses pengembalian pinjaman ialah skema pembayaran. Meski biasanya cicilan dilakukan bulanan, untuk beberapa nasabah dan jenis kredit cicilan bisa dilakukan dengan skema musiman.

Kemungkinan besar sistem pembayaran angsuran dilakukan dengan metode autodebit dari tabungan debitur. Inilah kenapa di awal calon debitur wajib memiliki rekening tabungan atau bersedia membuka rekening tabungan BRI jika pinjaman disetujui.

Jika kamu merupakan karyawan penerima gaji melalui rekening BRI (Payroll) mungkin tidak perlu begitu khawatir proses pembayaran angsuran. Tapi jika kamu termasuk wiraswasta atau tidak termasuk nasabah payroll, jadwal jatuh tempo pembayaran tiap bulan perlu kamu catat dan ingat baik-baik.

Sebagai contoh jika kamu berhasil mendapatkan pinjaman KUR untuk mengembangkan usaha. Proses pembayaran cicilan sebenarnya juga dilakukan dengan sistem autodebit. Tapi kalau saldo tabungan kamu tidak cukup maka mau tidak mau harus melakukan setoran tunai ke rekening BRI. Memastikan saldo tabungan di atas nominal angsuran bulanan menjadi hal bijak agar proses cicilan berjalan lancar.

Pembayaran angsuran bulanan yang lancar tanpa ada keterlambatan bakal memberikan keuntungan tersendiri bagi kamu. Biasanya bagi orang awam taunya diminta untuk setor bulanan dengan nominal tertentu. Nominal ini bisa dipastikan lebih besar dari kewajiban angsuran kredit yang kamu miliki.

Tidak menutup kemungkinan pada akhir-akhir pelunasan kredit, kamu bakal dihubungi petugas bank untuk menghadap ke kantor. Dan kabar gembira pun datang, karena saldo tabungan kamu masih ada sisa yang cukup untuk melakukan pelunasan.

Jika hal ini terjadi, biasanya kamu bakal ditawari untuk mengajukan pinjaman kembali. Tapi ingat ya tawaran ini hanya berlaku bagi debitur dengan riwayat pembayaran angsuran lancar tanpa ada keterlambatan.

Mengajukan pinjaman kembali lebih mudah kamu lakukan jika selama proses angsuran lancar dan tertib. Tapi jika pada saat itu kamu tidak memerlukan dana yang mendesak sebaiknya langsung saja melakukan pelunasan.

Dengan melunasi pinjaman, jaminan kamu bakal segera kembali sesuai prosedur yang berlaku. Hal ini penting juga lho kamu tanyakan prosesnya. Jangan mentang-mentang sudah lunas kamu marah karena agunan tidak langsung bisa dibawa pulang. Padahal tiap pelunasan dan penyerahan jaminan kembali memiliki prosedur yang harus dilalui.

Tips Agar Pengajuan Pinjaman ke Bank BRI Cepat Disetujui

Tips Biar Pengajuan Dapat Persetujuan Kredit
Tips Biar Pengajuan Dapat Persetujuan Kredit

Setelah memahami cara pinjam uang di bank BRI pada uraian di atas, pastinya kamu bisa memperkirakan cepat maupun lama prosesnya. Kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini agar pengajuan pinjaman ke bank BRI memperoleh persetujuan dengan cepat.

# Memilih jenis dan nominal pinjaman yang tepat

Hal utama dan pertama agar aplikasi kredit kamu segera diproses sebaiknya memilih jenis dan nominal pinjaman yang tepat. Jika kamu hendak mengajukan pinjaman tanpa jaminan bisa pilih layanan BRIGuna.

Demikian pula jika kamu ingin mengajukan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan produktif sebaiknya pilih KUR atau KUPEDES BRI. Sedangkan untuk mengajukan pinjaman BRI jaminan BPKB Motor dan Mobil kamu bisa pilih fasilitas KKB Refinancing.

Disamping jenis pinjaman yang tepat sesuai profile, kamu juga harus mempertimbangkan nominal pengajuan yang tepat. Sebagai contoh semisal kamu mengajukan BRIGuna jangan mentang-mentang bisa diajukan dengan limit tak terhingga lantas kamu ajukan pinjaman besar Rp 50 juta atau Rp 100 juta.

Penentuan nominal pinjaman wajib hukumnya kamu pertimbangkan berdasar penghasilan dan kemampuan membayar. Gak lucu kan kalau aplikasi kredit ditolak gara-gara nominal pengajuan kamu terlalu besar.

# Memastikan semua data dalam formulir pengajuan sesuai kondisi

Jangan anggap sepela data yang kamu isikan pada formulir pengajuan kredit. Saya sarankan data tersebut benar adanya sesuai kondisi kamu saat ini. Hindari memanipulasi atau berusaha membohongi petugas bank.

Termasuk saat kamu mengisi data pekerjaan atau penghasilan serta kepemilikan kredit di bank lain. Percaya deh, petugas bank bakal tahu data kamu yang sebenarnya melalui Sistem Informasi Debitur. Jangankan persetujuan nominal pinjaman besar, bisa-bisa aplikasi kredit kamu justru ditolak karena kedapatan memanipulasi data.

# Melengkapi dokumen persyaratan yang sesuai

Setiap produk kredit memiliki syarat ketentuan berbeda-beda. Itulah sebabnya kamu perlu paham betul kriteria nasabah seperti apa yang berhak mengajukan kredit serta dokumen apa saja yang diperlukan.

Jika diharuskan melampirkan ijin usaha ya sebaiknya kamu cari dulu kalau memang belum punya. Beberapa jenis pinjaman cukup kok dengan ijin usaha dari kantor lurah atau desa. Bahkan jika kamu menjadi pedagang pasar, keterangan usaha dari lurah atau kepala pasar juga cukup.

Intinya semua persyaratan wajib kamu siapkan agar proses pengisian aplikasi kredit berjalan lancar dan mendapatkan persetujuan.

Disamping ketiga tips di atas, cara pinjam uang di bank BRI juga perlu kamu sikapi secara kooperatif. Terutama jika pihak bank mengkonfirmasi data atau melakukan survey di tempat kerja maupun tempat usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *