Pinjaman Online Pribadi Tanpa Jaminan 2019/ 2020
Pinjaman Online Pribadi Tanpa Jaminan 2019/ 2020

5 Pinjaman Online Pribadi Tanpa Jaminan (Non Bank)

Diposting pada

Cari pinjaman uang gak selamanya ribet. Apalagi dengan kehadiran jasa keuangan online seperti sekarang. Kamu bisa dapatkan pinjaman online pribadi tanpa jaminan dari lembaga keuangan non bank dengan syarat mudah dan proses cepat.

Saat butuh Kredit Tanpa Agunan yang terlintas pertama di benak kamu adalah bank-bank besar seperti BRI, Bank Mandiri, BNI, dan sebagainya. Ya, selain jaringan luas di seluruh penjuru, perbankan tersebut memang menawarkan produk KTA yang bisa kamu ajukan tanpa syarat jaminan.

Tapi itumah fenomena lima – sepuluh tahun yang lalu. Kalau sekarang, pinjaman tanpa jaminan gak melulu harus kamu ajukan ke Bank. Kehadiran lembaga keuangan non bank yang kerap disebut Fintech telah menggeser kebiasaan pinjam meminjam masyarakat.

Bagaimana tidak, dengan syarat mudah pinjaman online pribadi tanpa jaminan kini bisa kamu dapatkan dengan cepat tanpa harus “mengular” ke bank. Tawaran nominal pengajuan hingga proses pencairan pinjaman yang bersaing memberikan keleluasaan bagi kita dalam memilih layanan jasa peminjaman online.

Di Indonesia sendiri, lebih dari seratus perusahaan fintech penyelenggara pinjaman online telah terdaftar OJK untuk bersaing menawarkan produk pinjaman uang. Meski baru beberapa yang memperoleh izin operasional. Setidaknya kehadiran OJK dalam mengawasi layanan pinjam meminjam berbasis teknologi memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna.

Mudahnya, fintech memiliki peran mempertemukan pencari pinjaman dengan pemberi pinjaman uang pribadi. Secara tidak langsung kehadiran pinjaman pribadi non bank tersebut memudahkan masyarakat yang selama ini kesulitan mengakses produk kredit dari perbankan untuk mencari dan memperoleh pinjaman pribadi.

Dari sekian banyak fintech pinjaman online, saya sempat berselancar dan menemukan beberapa penyelenggara pinjam meminjam yang cukup baik dalam memberikan pelayanan.

Baca: Aplikasi Pinjaman Uang Tanpa NPWP

Apa Sih Pinjaman Pribadi Itu?

Pinjaman Online Pribadi Tanpa Jaminan 2019/ 2020
Pinjaman Online Pribadi Tanpa Jaminan

Pinjaman pribadi adalah istilah yang kerap digunakan untuk produk pinjaman tanpa jaminan atau kredit tanpa agunan. Berbeda dengan jenis pinjaman produktif maupun kredit kepemilikan. Pinjaman pribadi dapat dimanfaatkan untuk memenuhi segala kebutuhan pribadi asal tidak melanggar hukum. Pengajuan tanpa syarat jaminan serta pemanfaatan dana yang fleksibel menjadikan pinjaman pribadi banyak diminati masyarakat. Wajar saja jika hampir semua perbankan di Indonesia memiliki produk pinjaman pribadi yang ditawarkan melalui Kredit Tanpa Agunan.

Dewasa ini, pinjaman pribadi tak hanya ditawarkan oleh perbankan saja. Fintech P2P Lending sebagai lembaga keuangan non bank saat ini juga makin banyak yang menawarkan pinjaman online pribadi tanpa jaminan.

Meskipun plafon dan tenor pinjaman fintech tak segarang KTA Bank, setidaknya kemunculan jasa keuangan non bank ini cukup bermanfaat bagi sebagian masyarakat yang butuh dana mendadak. Kemudahan akses serta proses pencairan dana yang cepat menjadi keunggulan utama pinjaman pribadi non bank yang ditawarkan Fintech P2P Lending.

Terlebih bagi sebagian orang yang selama ini merasa sulit menembus persyaratan ketat pengajuan KTA di Bank. Pinjaman fintech online cukup memberikan kontribusi di saat-saat membutuhkan uang cepat. Kamu bisa memanfaatkan pinjaman pribadi non bank untuk menutup kebutuhan mendadak seperti biaya pendidikan, biaya perbaikan rumah, biaya jasa bengkel kendaraan, dan lain sebagainya.

Biar Proses Pengajuan Lancar Penuhi Dulu Syaratnya

Ngomongin soal persyaratan pengajuan, pinjaman online pribadi tanpa jaminan bisa kamu ajukan dengan syarat mudah.

Biar proses pengajuan kamu berjalan lancar tanpa kendala, sebaiknya kamu penuhi terlebih dahulu kriteria calon peminjam di bawah ini.

  • Pemohon merupakan Warga Negara Indonesia;
  • Berusia minimum 21 tahun dan maksimum 55 tahun;
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan stabil;
  • Memiliki nomor ponsel dan email aktif sebagai sarana pembuatan akun; dan
  • Punya rekening bank lokal atas nama sendiri sebagai sarana menerima dana.

Selain kriteria umum di atas, ada beberapa syarat dokumen yang biasanya juga wajib disertakan sewaktu mengajukan aplikasi kredit. Meski masing-masing fintech P2P Lending memiliki ketentuan berbeda. Mayoritas pengajuan pinjaman online pribadi tanpa jaminan melalui fintech membutuhkan beberapa dokumen seperti KTP, NPWP, dan atau slip gaji.

KTP merupakan kartu identitas kependudukan yang bisa dibilang sakti. Bagaimana tidak, hampir tiap pendaftaran resmi nomor KTP diminta untuk memvalidasi pengguna layanan. Bahkan dalam beberapa kasus hanya KTP Elektronik yang dapat dipergunakan. Demikian pula saat kamu ingin mengajukan pinjaman online melalui lembaga non bank. KTP menjadi syarat mutlak yang tidak bisa digantikan.

Selain KTP, beberapa fintech pinjaman online juga meminta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sebagai salah satu syaratnya. Untuk itu jika kamu belum memiliki nomor wajib pajak ini sebaiknya memilih layanan pinjaman online tanpa NPWP.

Sebagian perusahaan fintech juga mewajibkan calon peminjam untuk mengunggah slip gaji atau surat keterangan kerja. Persyaratan ini kemungkinan besar dipergunakan sebagai pertimbangan persetujuan limit kredit serta memastikan kemampuan peminjam dalam mengembalikan dana.

Jika kriteria dan syarat dokumen di atas telah kamu penuhi, pengajuan pinjaman online pribadi lewat fintech apa saja bakal lancar tanpa kendala.

Tips Sederhana Memilih Platform Pinjaman Online Pribadi Tanpa Jaminan

Biar gak kena tipu dan merasa dirugikan, kamu bisa ikuti tiga tips sederhana berikut saat memilih platform pinjaman pribadi non bank.

# Pastikan perusahaan penyelenggara terdaftar OJK

Sudah pada tahu kan kalau OJK punya peran penting dalam keberlangsungan layanan perusahaan fintech. Regulasi dan aturan yang telah dikeluarkan sudah banyak dampaknya terhadap penyelenggara fintech di tanah air. Selain memaksa semua fintech harus terdaftar dan berizin, OJK juga secara berkala mengawasi jalannya jasa layanan pinjam meminjam berbasis teknologi tersebut. Untuk itu saya sarankan buat kamu hanya memilih dan memanfaatkan platform fintech pinjaman online pribadi tanpa jaminan yang telah terdaftar OJK.

Ingat baik-baik bahwa fintech yang tidak terdaftar OJK merupakan perusahaan ilegal dan bahaya bila kamu gunakan. Jangankan memperoleh solusi keuangan, bisa-bisa kamu justru jadi korban jeratan rentenir online yang berisiko besar jika maksa pakai fintech ilegal.

Kamu bisa sedikit berselancar dan membaca pengumuman di website resmi Otoritas Jasa Keuangan buat cari tahu daftar fintech terdaftar hingga saat ini. Hampir tiap bulan OJK ngasih pengumuman kok perusahaan mana saja yang sudah mendaftarkan diri. Pastinya kamu juga bakal dapat informasi bermanfaat termasuk isue terbaru yang mewajibkan bunga pinjaman fintech tidak boleh di atas 0,8% per hari.

# Bandingkan Antar Layanan Pinjaman

Mesi butuh kejelian dan kecermatan, membandingkan bunga dan biaya pinjaman sebelum memilih platform fintech juga bermanfaat. Kamu bisa kunjungi website resmi penyelenggara pinjam meminjam untuk menemukan informasi tersebut.

Sebagaimana penerapan keterbukaan informasi, semua fintech penyelenggara pinjaman online pribadi tanpa jaminan diwajibkan menginformasikan biaya dan bunga yang berlaku. Silakan bandingkan antar satu platform dengan platform lain biar dapat yang terbaik.

Kamu juga patut mengingat bahwa layanan pinjaman fintech hanya diizinkan ngasih bunga maksimal 0,8% per hari. Jika kamu dapati total biaya dan bunga di atas 0,8% per hari sebaiknya hindari pinjaman non bank tersebut karena bakal merugikan.

Poin lain yang juga bisa kamu bandingkan ialah tenor atau jangka waktu kredit yang tersedia. Jangan sampai kamu baru tahu jangka waktu kredit setelah memperoleh pinjaman. Intinya jika ingin aman dan selamat kamu perlu berhati-hati dalam menentukan pilihan platform pinjaman online.

# Lihat Review Pengalaman Peminjam

Jangan anggap sepele pengalaman orang lain yang telebih dahulu memanfaatkan platform fintech pinjaman online. Kamu bisa lihat rewiew pengguna sebelum menginstall aplikasi pinjaman online melalui google playstore.

Dari ulasan atau review tersebut setidaknya kamu bisa memperkirakan bagaimana tingkat layanan yang diberikan perusahaan pinjaman online. Jika banyak yang ngasih bintang 5 buat aplikasi tersebut tentunya kamu bisa pertimbangkan untuk mengajukan pinjaman via aplikasi yang bersangkutan.

Sebaliknya jika penilaian maupun review peminjam terhadap aplikasi yang meraka gunakan kurang memuaskan. Kamu bisa mencari alternatif lain buat mengajukan pinjaman pribadi.

5 Pinjaman Online Pribadi Tanpa Jaminan

Berikut beberapa lembaga keuangan online non bank yang menawarkan pinjaman pribadi tanpa jaminan terbaik saat ini.

1. UKU Solusi Keuanganku

UKU adalah platform fintech P2P Lending yang diselenggarakan oleh PT. Teknologi Merlin Sejahtera. Perusahaan ini menawarkan pinjaman yang bisa kamu ajukan melalui aplikasi berbasis android. Adapun limit kredit awal yang bisa kamu ajukan yakni Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta dengan jangka waktu 15 hari.

Gak besar sih uang segitu, tapi kalau kondisi benar-benar mendesak dan butuh dana mendadak pinjaman UKU cukup rekomended diajukan. Selain sudah terdaftar OJK, syarat ajukan pinjaman online pribadi tanpa jaminan lewat UKU juga mudah. Kamu cukup persiapkan data diri dan KTP saja sudah bisa mengajukan pinjaman Rp 1 juta. Aplikasi UKU bisa kamu gunakan dengan mudah bahkan bagi orang awam sekalipun.

Bagi kamu yang ingin mengajukan pinjaman UKU sebaiknya pahami dulu syarat dan ketentuan pengguna. Selain itu, metode pencairan dana juga wajib kamu ketahui. Pasalnya dari pengalaman peminjam, nominal dana yang bakal ditrasfer terlebih dahulu dikenakan biaya. Jadi kamu tidak 100% menerima dana sebagaimana nominal kredit yang disetujui.

Karena jangka waktu nya cuma 15 hari kamu juga harus pastikan sudah punya uang buat ngembaliin pinjaman itu pas jatuh tempo pembayaran. Jika tidak, bisa-bisa kamu dapat teguran dan denda keterlambatan pembayaran.

2. Pinjaman Dompet Kilat

Dompet kilat memiliki produk pinjaman online pribadi tanpa jaminan dengan plafon Rp 500 ribu hingga Rp 2 juta. Kamu bisa ajukan pinjaman Dompet Kilat dengan pilihan jangka waktu 7, 15, 21, dan 30 hari.

Peer to Peer Lending yang diselenggarakan oleh PT. Indo Fin Tek ini memungkinkan pengguna memperoleh pinjaman dana dalam hitungan menit. Sangat cocok buat kamu yang kebetulan butuh dana mendadak untuk penuhi kebutuhan darurat.

Tak jauh beda dengan metode pengajuan pinjaman online non bank yang lainnya. Kamu bisa ajukan permohonan kredit melalui aplikasi berbasis android. Hanya butuh waktu 3 menit buat kamu ngisi formulir pengajuan dan aplikasi kredit siap masuk tahap verifikasi. Proses verifikasi dan persetujuan kredit juga cepat. Sesumbarnya sih paling cepat bisa dilakukan dalam waktu 10 menit. Sangat sesuai dengan namanya “dompet kilat” dapat kamu jadikan andalan memperoleh dana talangan secepat kilat.

Kamu bisa memanfaatkan pinjaman Dana Kilat untuk semua kebutuhan meliputi membayar tagihan kredit lain, biaya pendidikan, kesehatan, hingga belanja kebutuhan pribadi. Jika kamu tertarik dengan tawaran Dompet Kilat sebaiknya persiapkan terlebih dahulu KTP Elektronik, Ijasah, dan Slip Gaji atau Bukti Penghasilan.

Sebagai bocoran saja, persetujuan kredit bakal diberikan berdasar skor kredit, kelengkapan persyaratan, serta informasi yang akurat. Untuk itu tips utama pengajuan pinjaman pribadi non bank ini tidak lain ialah mengisi formulir seakurat mungkin, dan menyertakan persyaratan selengkap mungkin.

3. Pinjaman Cashwagon

Cashwagon adalah perusahaan keuangan non bank yang melayani jasa pinjaman buat karyawan dan profesional tertentu. Kamu bisa juga memanfaatkan Caswagon buat dapetin pinjaman online pribadi tanpa jaminan. Selain tidak butuh jaminan apapun, syarat pinjaman Cashwagon juga ringan. Kamu cukup melengkapi informasi pribadi dan rekening bank sebagai sarana transfer dana.

Meski tidak butuh jaminan bukan berarti pinjaman ini ditawarkan tanpa syarat. Memiliki rentang usia antara 22-60 tahun dan penghasilan tetap menjadi kriteria utama bagi calon peminjam. Disamping itu persyaratan dokumen berupa identitas diri, nomor ponsel, dan email aktif juga perlu kamu siapkan biar proses pengajuan berjalan lancar.

Perlu kamu ketahui juga ya kalau layanan Cashwagon saat ini baru tersedia di area Jabodetabek dan 23 kota lainnya. Kamu yang tinggal di kota Bandung, Malang, Gresik, Surabaya, Klaten, Kudus, hingga Yogyakarta bisa kok coba ajukan pinjaman tanpa jaminan di Caswagon.

Urusan persetujuan kredit, jangan ditanya lagi. Hanya butuh waktu 24 jam aplikasi kredit kamu bakal memperoleh jawaban apakah diterima atau ditolak. Jika diterima dan memperoleh persetujuan uang pinjaman bakal ditrasfer ke rekening sesuai yang kamu informasikan dalam akun.

Saat ini Cashwagon menawarkan pinjaman dengan limit mulai Rp 500 ribu hingga Rp 5 juta dengan pilihan jangka waktu 10-30 hari. Mengingat tenor pinjaman cukup pendek pastikan dulu kamu bisa kumpulkan uang tagihan sebelum jatuh tempo.

4. PinjamanGo

Jika Cashwagon baru melayani pengajuan pinjaman di Jabodetabek dan 23 wilayah lain. Beda halnya dengan PinjamanGo. Asal kamu masih tinggal di Indonesia bisa kok ajukan pinjaman online pribadi tanpa jaminan via PinjamanGo. Pasalnya aplikasi pinjaman online di bawah PT Kas Wagon Indonesia ini melayani pinjam meminjam uang untuk seluruh wilayah Indonesia.

Sayangnya PinjamanGo baru menawarkan limit kredit antara Rp 600 ribu hingga Rp 2 juta saja dengan pilihan tenor 7, 14, dan 21 hari. Meski demikian PinjamanGo bisa dibilang “kecil-kecil cabe rawit”. Pasalnya persetujuan pinjaman bisa diberikan paling cepat dalam 5 menit.

Inilah kesitimewaan pinjaman online dibanding pinjaman konvensional. Waktu tunggu antara pengajuan dan persetujuan kredit sangat-sangat singkat.

Syarat ajukan kredit di PinjamanGo juga gak ribet. Asal usiamu di atas 18 tahun dan maksimum 55 tahun serta punya pemasukan stabil boleh ajukan pinjaman disini. Selain itu kamu perlu siapkan KTP, Nomor Ponsel Aktif, dan Rekening Bank buat ngisi formulir pengajuan.

Sebagaimana ciri P2P Lending, prosedur pengajuan dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap pertama kamu perlu ngisi formulir pengajuan dan menyerahkan aplikasi kredit tersebut melalui aplikasi. Tahap berikutnya sistem bakal mereview dan ngasih persetujuan kredit kamu. Setelah pinjaman kamu ada yang mendanai, proses pencairan dana bakal dilakukan dengan mengirimkan uang pinjaman ke rekening bank milikmu. Pengajuan pinjaman online pribadi tanpa jaminan via PinjamanGo cukup singkat, cepat, dan praktis kan?

5. Pinjaman Online Pribadi Do-it

Butuh dana mendadak saat kantong kosong memang bikin pening, apalagi tanggal gajian masih lama. Disaat-saat seperti inilah kamu butuh pinjaman uang cepat buat menutup kebutuhan mendesak tersebut. Melalui Do-it kamu bisa ajukan pinjaman tanpa jaminan hingga Rp 1,2 juta dengan durasi selama 7/ 14 hari.

Apakah syarat pengajuan sulit? Gak jua, syarat ajukan pinjaman Do-it mudah banget, kamu cukup siapkan KTP, nomor HP, dan rekening bank milik pribadi. Dalam waktu 1 hari proses persetujuan dan pencairan dana bisa langsung dilakukan. Pinjaman yang kamu terima bakal dikenakan bunga 0,64% per hari atau sekitar 19,20% per 30 hari.

Biar bunga yang kamu tanggung gak terlalu besar baiknya kamu ambil jangka waktu pinjaman paling singkat dengan pertimbangan kesiapkan dana buat mengembalikan pinjaman tersebut.

Misalnya saja seminggu lagi kamu bakal terima gaji dan kebetulan hari ini butuh dana mendesak. Dalam situasi seperti ini lebih baik kamu ajukan pinjaman dengan durasi 7 hari. Dengan demikian kamu hanya akan dikenakan bunga 0,64% x 7 hari = 4.48% dari total pinjaman.

Tapi perlu diingat pengambilan durasi pinjaman online pribadi tanpa jaminan perlu kamu pertimbangkan secara matang. Pasalnya jika lewat tanggal jatuh tempo kamu bakal dikenakan denda 1% per hari sampai 3 hari. Jika pembayaran tertunggak lebih dari 3 hari beban kamu bakal lebih berat lagi karena akan kena denda 2% per hari.

Proses pengajuan pinjaman Do-it tak jauh beda dengan jenis pinjaman online lainnya. Kamu bisa mengajukan permohonan kredit melalui aplikasi berbasis android yang bisa kamu download dan install via google playstore.

Nah itu dia 5 fintech yang menawarkan pinjaman online pribadi tanpa jaminan dengan proses cepat. Tenang saja semua perusahaan di atas sudah terdaftar OJK kok, jadi relative aman bagi kamu buat coba cari solusi keuangan melalui fintech pinjaman online tersebut. Semoga informasi di atas bermanfaat buat kamu yang sedang butuh dana mendadak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *