Tradisi Mudik Tahunan di Indonesia

Tradisi Mudik Tahunan di Indonesia

Tradisi mudik di Indonesia memang sudah ada sejak dulu, mengingat kondisi masyarakatnya yang sangat sulit untuk dapatkan pekerjaan di tempat asal, sehingga mau tak mau sebagian harus rela berkelana ke kota besar untuk dapatkan pekerjaan yang lebih layak. Di saat menjelang hari raya nantinya akan Anda kebiasaan pulang kampung , merayakan lebaran bersama dengan keluarga dan juga sanak saudara. Inilah yang dinamakan sebagai mudik, tak hanya berlangsung saat menjelang lebaran saja, melainkan juga setiap hari-hari besar tertentu.

Tradisi Mudik Tahunan di Indonesia

Dengan adanya beberapa program yang ditawarkan perusahaan tertentu seperti mudik bareng, tentunya membantu beberapa kalangan dengan ekonomi yang terbatas, mereka tetap bisa pulang ke kampung halaman tanpa dipungut biaya sepeserpun, mungkin diantara Anda ada yang tertarik untuk mengikuti program yang satu ini. Jika Anda mencari-cari informasinya sebenarnya ada sangat banyak, lihat ketentuannya dan daftarkan diri.

bisnis online

Tak bisa dipungkiri bahwa tradisi mudik ini erat sekali kaitannya dengan kondisi lalu lintas, jelang lebaran biasanya jalan-jalan besar akan padat dengan kendaraan, hal ini menyebabkan kemacetan parah bahkan kecelakaan juga tak dapat dihindarkan. Bagi Anda yang mudik menggunakan kendaraan pribadi tentu harus dengan kehati-hatian yang ekstra. Setidaknya berikut ini ada beberapa pedoman yang bisa digunakan agar mudik, utamanya pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi tetap merasa aman dan nyaman selama berada di perjalanan, yaitu:

  1. Periksalah kondisi kendaraan Anda, pastikan semuanya dalam performa yang bagus dan tak mengalami kecacatan. Jika bisa bawa ke bengkel terlebih dahulu untuk pemeriksaan, apalagi untuk Anda yang menghendaki perjalanan dalam jarang yang sangat jauh, tentunya riskan terhadap resiko kecelakaan.
  2. Berkendara semampunya, artinya jangan memaksakan diri, saat kondisi tubuh sudah mulai capek, maka istirahatlah, apalagi di hari-hari tersebut biasanya ada banyak sekali tenda atau stand-stand yang disediakan untuk pemudik di sepanjang jalan, dapat Anda jadikan sebagai tempat untuk istirahat sementara.
  3. Sebaiknya berangkat dalam kondisi tubuh yang fit juga, jika kurang sehat jangan menggunakan kendaraan pribadi, jauh lebih baik naik sarana transportasi umum.
  4. Pikirkan lagi untuk mudik dalam kondisi berpuasa, karena di perjalanan nantinya akan menguras energi, kebanyakan yang melakukan perjalanan jarak jauh memang tak melakukan ibadah yang satu ini, bisa diganti di hari biasa nantinya.
  5. Jangan berlebihan dalam membawa barang, ini juga akan merepotkan selama dalam perjalanan nantinya.

Tradisi mudik sudah mendarah daging di Indonesia, sehingga bukan hal yang mengherankan jika Anda akan menjumpai jalanan yang padat merayap mendekati hari raya, hal ini akan berlangsung hingga nantinya H+7 lebaran, jadi bagi yang ingin berkendara di luar sebaiknya lebih berhati-hati lagi.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *