Tips Sehat Selama Puasa Ramadhan

Tips Sehat Selama Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan merupakan puasa wajib yang mesti dikerjakan oleh semua umat muslim di seluruh dunia. Puasa ini berlangsung selama kurang lebih satu bulan. Jadi secara otomatis pola makan seseorang akan menjadi sedikit berubah selama satu bulan tersebut. Tapi tak perlu khawatir sebab ada cara yang bisa membuat Anda tetap prima dan fit selama menjalankan puasa wajib ini. Apa saja tips tersebut? Langsung saja baca tips berikut ini.

tips sehat selama puasa ramadhan

Sebenarnya untuk bisa tetap sehat selama puasa bisa dimulai dari awal sahur. Tips sahur yang bisa Anda tiru supaya tetap sehat selama menjalankan puasa adalah sebagai berikut:

  • Ketika sahur ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan yang sehat.
  • Jauh mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan berlemak tinggi pada saat sahur. Sebab ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan terjadi pada tubuh Anda.
  • Boleh saja mengkonsumsi makanan yang manis. Namun takarannya tetap Anda perhatikan dan sebaiknya jangan terlalu banyak. Mengkonsumsi banyak gula ternyata bisa membuat Anda merasa lemas ketika siang hari tiba.
  • Jangan lupa konsumsi air dalam jumlah yang cukup supaya tubuh Anda tidak dehidrasi selama puasa seharian.

Selain sahur, Anda juga mesti memperhatikan aktivitas selama berpuasa. Supaya tetap semangat selama menjalankan puasa Ramadhan, Anda bisa meniru beberapa tips berikut:

bisnis online
  • Selama puasa, sebaiknya jangan mengerjakan tugas atau pekerjaan secara forsir. Karena cara ini akan membuat Anda menjadi cepat lelah. Mengerjakan tugas atau pekerjaan secara perlahan mungkin bisa Anda coba.
  • Ketika siang hari, gunakan jam istirahat Anda untuk tidur atau melepas lelah. Karena lewat tidur, energi Anda bisa terisi kembali. Namun sebaiknya Anda melakukan ibadah terlebih dahulu baru kemudian beristirahat.
  • Tetap melakukan olahraga juga menjadi ide yang baik. Tapi pastikan Anda tidak melakukan olahraga berat. Cukup olahraga yang ringan saja.

Setelah waktu buka puasa tiba, sebaiknya Anda tidak langsung menyantap hidangan utama. Lebih baik Anda minum terlebih dahulu untuk membatalkan puasa. Lebih bagus jika Anda mengkonsumsi air putih saja pada awal buka puasa dan kemudian dilanjutkan dengan mengkonsumsi ta’jil yang tersaji. Jangan langsung memakan hidangan utama. Akan lebih baik jika Anda beribadah dahulu baru kemudian mengkonsumsi hidangan utama. Memakan hidangan utama yang tersaji lebih dahulu bisa membuat organ pencernaan Anda menjadi kaget.

Itulah sekilas tentang tips supaya Anda tetap sehat ketika menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Memang terasa sangat mudah dan untuk itulah tak ada salahnya jika Anda mencobanya secara perlahan. Jika sudah terbiasa, mungkin Anda baru bisa merasakan betapa puasa merupakan hal yang menyenangkan. Bahkan jika sudah biasa, menjalankan tips di artikel ini juga akan terasa mudah. Selamat mencoba!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *