Tips Merawat Hijab Berbahan Dasar Kaos

Tips Merawat Hijab Berbahan Dasar Kaos

Bagi seorang muslim sejati, menutup aurat memang menjadi sebuah keharusan, utamanya adalah kaum wanita, sehingga tak heran memasuki bulan ramadhan ini banyak yang mulai berlomba-lomba mengenakan busana tertutup, diantaranya adalah menambah dengan penggunaan merawat hijab. Fashion yang satu ini memang cukup populer dalam beberapa tahun terakhir, tak hanya di kalangan orang tua saja, melainkan juga anak mudah, melihat banyaknya koleksi model-model kerudung terbaru yang tak hanya berfungsi sebagai penutup kepala, melainkan juga untuk mempercantik tampilan.

Tips Merawat Hijab Berbahan Dasar Kaos

Untuk mendapatkan tampilan yang sempurna, tentunya tak hanya dengan berkerudung, melainkan juga pengaplikasian penggunaan fashion yang lainnya seperti busana muslim tertutup. Model yang bahan yang ada kian bervariatif. Bagi Anda yang masih dalam tahap belajar untuk mengenakan kerudung sebaiknya memilih yang nyaman dipakai terlebih dahulu, seperti bahan-bahan yang lembut dan dapat menyerap keringat yaitu kain kaos atau spandex.

bisnis online

Bahan-bahan tersebut sangat nyaman digunakan, apalagi pada siang yang terik, ia dapat efektif menyerap keringat dan menghindari beberapa masalah yang kerap kali menimpa wanita berkerudung, yaitu kerontokan rambut dan ketombe. Hanya saja bahan kaos ini membutuhkan perawatan yang lebih sulit, karena sangat rentan mengalami masalah seperti melar dan juga ditumbuhi jamur. Untuk lebih mudahnya berikut ini ada beberapa tips merawat hijab yang terbuat dari bahan kaos spandex atau rayon, yaitu:

  1. Hindari perendaman menggunakan detergen dalam rentan waktu yang terlalu lama, biasanya lebih dianjurkan untuk mencuci secara langsung. Jika memang kotoran membandel, apalagi sudah ditumbuhi dengan jamur berwarna putih, maka rendamlah dalam kisaran 15 menit saja di dalam detergen jangan campur dengan warna lain apabila kain tersebut mengalami kelunturan.
  2. Jangan pernah mencuci menggunakan mesin, khususnya yang berbahan dasar kain kaos ini, mengingat ia sangat rentan melar apalagi jika terus diputar. Untuk itu sebaiknya Anda mengandalkan tangan saja, selain lebih cepat juga bisa menghilangkan kotoran secara menyeluruh.
  3. Jangan menyikat, kotoran yang paling membandel sekalipun sebaiknya di kucek menggunakan tangan, menyikat hanya akan membuat serat kain rusak dan berubah menjadi kasar. Jika memang terlalu sulit untuk dihilangkan maka rendamlah dalam detergen lebih lama agar kotoran bisa hilang sempurna.
  4. Jemurlah dalam keadaan terbalik, warna luar sebaiknya Anda taruh di dalam, hal ini efektif membuat warna tetap cemerlang dan tidak kusam. Sebaiknya juga hindari menjemur di bawah terik matahari secara langsung.
  5. Setrika dalam keadaan tak terlalu panas dan secara perlahan, hati-hati jika jilbab Anda memiliki hiasan khusus.

Mudah bukan, merawat hijab berbahan dasar kain kaos memang diperlukan ketelitian, namun bahan yang satu ini memang jauh lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan yang lainnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *