Pinjaman Tanpa Jaminan Syariah BNI

Pinjaman Tanpa Jaminan Syariah BNI

Ingin mendapatkan pinjaman tanpa jaminan syariah sesuai dengan hukum islam? Anda dapat menggunakan produk pinjaman dari Bank Negara Indonesia Syariah Multiguna. Tak perlu ragu dengan produk satu ini, karena telah ditanggung oleh perbankan bermutu yang berkualitas tinggi. Unit Usaha Syariah Bank Negara Indonesia merupakan anak perusahaan PT BNI, Persero, Tbk. Dimana ini dimulai sejak tahun 2010 yang kemudian berubah nama menjadi PT Bank BNI Syariah.

Pinjaman tanpa jaminan syariah ini berlandaskan sistem Murabahah. Dimana prinsip ini berlandaskan prinsip jual beli barang pada harga awalnya yang kemudian ditambah dengan keuntungan yang disepakati secara bersama. Dimana pihak bank selaku penjual pinjaman dan nasabah selaku pembeli produk. Ciri khas dari prinsip ini, penjual harus memberitahukan harga produk yang dibeli dan menentukan suatu tingkat keuntungan yang didapat, sebagai tambahannya. Sistem pembayaran dapat dicicil dengan kesepakatan bersama. Pembiayaan ini ditujukan bagi Anda yang membutuhkan tambahan asset. Meskipun dana untuk melunasinya kurang. Sehingga memerlukan pinjaman ini.

Syarat-syarat yang memenuhi sistem Murabahah diantaranya:

Bank Islam memberitahu biaya awal modalnya kepada konsumen (nasabah).

  1. Kontrak yang disepakati harus sah.
  2. Kontrak tidak boleh mengandung riba.
  3. Bank Islam perlu menjelaskan secara detail cacat yang akan terjadi dan sebelum terjadi.
  4. Bank Islam perlu membuka semua ukuran yang diberlakukan bagi harga pembelian yang dilakukan secara hutang.
  5. Semua keputusan bergantung kepada konsumen atau pihak ke 2.

Dengan sistem murabahah yang telah dijelaskan. Tentu Anda tak takut lagi untuk meminjam dana di BNI Syariah bukan? Sebenarnya BNI Syariah multiguna merupakan fasilitas pembiayaan konsumtif yang ditawarkan kepada masyarakat dan nasabah untuk pembelian barang kebutuhan konsumtif dan jasa dengan prinsip syariah. Produk satu ini memang sangat membantu kaum muslimin yang ingin mencoba meminjam dana kepada pihak Bank secara halal.

Baca Juga : 3 Manfaat Pinjaman Tanpa Jaminan Syariah

Keunggulan yang dipunyai oleh produk BNI Syariah multiguna adalah:

  • Jangka waktu pembiayaan sangat lama, hingga 10 tahun.
  • Uang muka yang dibayarkan ringan.
  • Pembiayaan yang diberikan minimal 50 juta rupiah hingga 2 milyar rupiah.
  • Proses cepat sesuai dengan prinsip syariah.
  • Angsuran flat dan tidak berubah sampai lunas.
  • Pembayaran dapat dilakukan melalui debet rekening secara otomatis, dan dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BNI Syariah maupun BNI Konvensional.

Adanya keunggulan yang sangat bervariasi dari satu produk, tentu memudahkan konsumen dan nasabah yang mengikuti program ini. Kemudahan dan keringanan yang telah diberikan oleh Bank Islam BNI Syariah kepada konsumen, memang berlandaskan rasa membantu yang disepakati dengan akad murabahah dan ijarah mutijasa. Sehingga pinjaman yang dilakukan telah di ridhai oleh Allah SWT. Dan tidak mengandung riba.

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman tanpa jaminan syariah berlandaskan asas halal, atau dengan kata lain produk BNI Syariah multiguna. Anda dapat memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, dan mengajukan permohonan supaya semua ini disetujui oleh pihak Bank. Syarat-syarat yang perlu dipenuhi oleh calon konsumen adalah:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Usia peminjam minimal 21 tahun dan maksimal berusia 60 tahun. Dimana tahun ke 60 pembiayaan harus lunas.
  • Memiliki penghasilan tetap dan mampu mengangsur.
  • Memiliki pekerjaan sipil, swasta, atau profesi.
  • Memiliki tanah atau rumah.
  • Melengkapi persyaratan dokumen dengan benar dan akurat.
  • Membayar asuransi jiwa dan kerugian.
  • Membayar biaya notaris dan biaya lainnya.

Karena begitu tingginya animo masyarakat pada KTA, hal ini membuat banyak lembaga keuangan dengan basis syariah ikut mengeluarkan produk pinjaman tanpa jaminan syariah. Syarat untuk mengajukan KTA di bank syariah ini hampir mirip seperti mengajukan KTA di bank-bank konvensional, sehingga untuk umat muslim yang ingin memilih KTA sesuai dengan syariat Islam. Agar Anda mengetahui kejelasan nya, lebih baik Anda membandingkan terlebih dahulu antara KTA di bank konvensional dengan KTA yang berada di bank syariah.

bisnis online

pinjaman tanpa jaminan syariah

KTA konvensional memberikan beban bunga pinjaman. Beban bunga pinjaman ini dianggap sebagai imbalan karena sudah meminjamkan sejumlah dana tunai dengan kurun waktu pelunasan yang sudah di sepakati sebelumnya. Beban dari bunga pinjaman ini dihitung dengan berdasarkan pada presentase sesuai dengan nominal pinjaman serta kurun waktu pinjaman.

Hal ini berbeda dengan pinjaman tanpa jaminan syariah yang berada di bank syariah. KTA Syariah memang tidak menerapkan metode bunga, namun KTA Syariah ini menerapkan metode seperti bagi hasil dengan menggunakan sistem kemitraan. Selain itu ada pula persyaratan tambahan lain yang harus dipenuhi oleh calon debitur, yakni dana KTA yang sudah di cairkan harus di tujukan untuk hal-hal yang bersifat halal sehingga, debitur wajib membuat surat pernyataan tentang tujuan penggunaan dari KTA serta pemakaiannya yang tidak boleh melenceng dari surat pernyataan yang sudah di buat.

Ada berbagai macam keuntungan yang nantinya kita dapatkan jika memilih pinjaman dengan basis syariah, antara lain:

  • Halal. Anda tidak perlu khawatir jika mengajukan KTA Syariah karena KTA ini sudah dijamin kehalalannya, sehingga bisa menjadi pilihan untuk umat muslim yang tidak ingin meminjam dana di bank-bank konvensional karena memberikan bunga pinjaman merupakan tindakan yang haram dalam Islam,
  • Fasilitas yang sama seperti bank-bank konvensional. fasilitas yang diberikan bank Syariah juga sama canggihnya seperti bank konvensional sehingga sangat memudahkan nasabah yang ingin melakukan transaksi,
  • Zakat. Jika Anda menggunakan KTA Syariah, ini berarti Anda sudah ikut berpartisipasi secara aktif melakukan pembayaran zakat karena tiap keuntungan yang diperoleh nantinya sebesar 2,5% akan disalurkan untuk zakat sehingga dapat dikatakan sebagai beribadah.

Pinjaman Tanpa Jaminan Syariah

Agar kegiatan peminjaman dana ini nyaman dan lancar, walaupun tidak memerlukan jaminan tapi tetap ada syarat serta ketentuan yang berlaku untuk memperoleh KTA Syariah, seperti KTA yang dapat di cairkan dalam jumlah 100 juta dengan kurun waktu 3 tahun. Bila melebihi jumlah tersebut, bank akan meminta jaminan pada Anda. saat mengajukan KTA Syariah, Anda juga harus menyatakan untuk apa tujuan penggunaan dana tersebut, tujuan adanya keterangan ini untuk menjamin jika dana yang diberikan benar-benar dilakukan untuk kegiatan yang tidak bertentangan dengan hukum Islam. Bank Syariah di Indonesia sekarang ini terus menerus melakukan inovasi untuk melengkapi produk keuangan dengan basis syariah agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk cakupan yang jauh lebih luas.

Berbagai macam akad dan skema keuangan syariah bisa membantu Anda agar selalu berhati-hati untuk menggunakan uang tersebut. Dalam prinsip pinjaman tanpa jaminan syariah, Anda harus jujur untuk menyebutkan apa saja penggunaan dana tersebut, jangan sampai karena ketidakjujuran Anda mengatakan untuk apa dana tersebut digunakan, bank kemudian menjadi enggan dan tidak memberikan KTA ini pada Anda, selain itu ajukan KTA sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki, hindari mengajukan KTA terlalu besar sehingga menyebabkan keuangan yang kurang sehat dalam diri Anda.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *