Ingin Pergi Haji Dengan Biaya Murah? Berikut Cara-Caranya!

Ingin Pergi Haji Dengan Biaya Murah? Berikut Cara-Caranya!

Salah satu pengeluaran yang akan diperlukan terutama oleh para umat Islam adalah pergi haji. Sebagai bagian dari Rukun Islam yang kelima, Anda yang merupakan Muslim wajib untuk melakukan ibadah haji. Namun biaya selalu menjadi kendala untuk ini, terutama bagi yang masih muda. Jadi apa yang bisa dilakukan agar biaya untuk naik haji ini bisa didapatkan?

Lihatlah dulu untuk apa saja dana yang akan Anda siapkan itu digunakan. Ini gambaran untuk rincian keperluan Anda selama proses untuk menjadi calon haji, dan ketika sudah di Mekkah:

  • Uang pendaftaran untuk menjadi calon haji.
  • Biaya untuk membuat paspor, visa, dan mendapatkan Tasreh atau izin masuk Saudi sebagai calon haji.
  • Biaya tiket pulang-pergi dan administrasi di bandara.
  • Biaya untuk akomodasi (hotel, makan, dll.)
  • Biaya vaksinasi dan medical check-up.
  • Biaya transportasi selama Mekkah (bis, pemandu, pembimbing ibadah, dll.)

pergi haji ke tanah suci

Jika dihitung-hitung, maka Anda memerlukan setidaknya biaya kurang lebih Rp50 juta untuk perjalanan naik haji dan kembali ke Indonesia. Ini tentu bukan jumlah yang sedikit, apalagi Anda harus membayar uang muka ke bank yang sudah ditunjuk Departemen Agama untuk mendaftar. Anda akan memerlukan lebih dari simpanan biasa, mengingat bahwa Anda masih harus mengurus kehidupan sehari-hari dan tagihan bulanan seperti air, listrik, gas, dll.

bisnis online

Bagi Anda yang bingung mencari dana untuk naik haji, Anda bisa mendapatkannya dengan:

  1. Tabungan haji

Banyak bank yang menawarkan Anda untuk membuka tabungan haji. Seperti juga tabungan biasa, Anda menyisihkan sebagian pendapatan untuk menyimpan dana sampai cukup terkumpul membayar Ongkos Naik Haji atau ONH. Biasanya, tabungan ini adalah tabungan berjangka alias Anda yang menentukan sampai kapan akan menabung.

  1. Menjual aset

Kalau ternyata dana yang Anda sisihkan setiap bulan dianggap belum cukup untuk membiayai naik haji dalam waktu yang ditentukan, maka jual aset yang dimiliki sebagai tambahan. Bisa berupa perhiasan, perangkat elektronik, ataupun barang lainnya.

  1. Pinjaman

Cara lain adalah dengan memanfaatkan pembiayaan atau pinjaman dari bank. Banyak bank syariah yang memberikan fasilitas pembiayaan khusus untuk haji ataupun umroh, dengan prinsip-prinsip Islami yang menghindari riba. Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini untuk mendapatkan biaya yang Anda perlukan, dan mengembalikannya setelah Anda selesai naik haji nantinya.

Ingin Pergi Haji Dengan Biaya Murah? Berikut Cara-Caranya!

Meskipun pergi haji tidak bisa dibilang murah, ini bukan alasan bagi Anda untuk menganggapnya sebagai sesuatu yang tak mungkin. Selama ada niat, pasti akan ada jalan. Jika Anda sudah tahu berapa perkiraan jumlah biaya yang diperlukan, kenapa tidak mencicilnya dari sekarang? Mencicil sebanyak Rp500.000,00 per bulan misalnya, akan memberikan Anda dana sebesar Rp60 juta dalam 10 tahun (masa tunggu normal bagi calon haji). Jadi, tunggu apalagi?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *