Perbedaan Gadai BPKB Mobil yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan Gadai BPKB Mobil yang Harus Anda Ketahui

Sebagian besar diantara kebutuhan yang kurang pastinya membuat masyarakat mau tak mau harus mengajukan hutang atau pinjaman bukan. Ini sebenarnya termasuk hal yang umum dan wajib untuk dilakukan, dibandingkan membiarkan hidup mati kelaparan. Maka dengan berhutang adalah alternatif terbaik. Apalagi banyak pilihan tempat untuk mengajukan pinjaman yang sekarang ini hadir di tengah-tengah masyarakat. Diantaranya adalah bank, lembaga keuangan yang satu ini memang menyediakan banyak pilihan produk untuk pinjaman, bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Lain dengan bank beberapa lembaga keuangan non bank juga tawaran produk menarik seperti gadai BPKB mobil.

Produk pinjaman dengan menggunakan jaminan memang menjadi salah satu yang paling banyak ditawarkan. Berbicara mengenai instansi keuangan sebenarnya semua sama, yaitu mengarah pada profit atau keuntungan, sehingga tak bisa memungkiri jika banyak hal yang mereka jadikan sebagai pertimbangan sebelum membuat sebuah pengajuan. Salah satunya adalah dari keberadaan jaminan ini sendiri. Hanya saja kategorinya beragam, ada yang menginginkan surat-surat berharga properti, namun kebanyakan lebih senang pada kendaraan.

Menggunakan BPKB atau surat kepemilikannya. Anda bisa dengan sangat mudah menemukan lembaga yang menawarkan hal tersebut. Khusus gadai BPKB mobil sendiri mungkin banyak diantara Anda yang masih bingung sebenarnya apa perbedaannya dengan gadai kendaraan langsung. Berikut ini yang harus diketahui, yaitu:

bisnis online
  1. Gadai BPKB maka hanya suratnya yang Anda serahkan sebagai barang jaminan ke lembaga pegadaian tersebut. Sedangkan berbeda dengan gadai kendaraan. Seperti namanya gadai kendaraan maka yang Anda serahkan langsung pada lembaga atau instansi keuangan adalah produk kendaraan yang dimiliki. Umumnya barang akan disewakan pada orang lain, hingga nantinya Anda mampu menebus uang yang sudah diberikan tersebut baru mobil akan kembali lagi ke tangan.
  2. Nilai pinjaman, menggadaikan BPKB umumnya memiliki nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan kendaraan secara langsung. kisaran perbedaan harganya hingga 30%, karena memang dengan gadai kendaraan maka instansi bisa dapatkan keuntungan yang lebih juga dengan adanya kendaraan tersebut.
  3. Umumnya jangka waktu pinjaman juga berbeda. Untuk gadai surat-suratnya saja Anda bisa melunasi dengan tenor hingga 12 hingga 48 bulan. Waktu yang sangat lama untuk Anda sehingga biaya angsuran juga akan lebih kecil, pastinya tak akan memberatkan nasabah. Sedangkan untuk kendaraan jangka waktunya tergolong lebih pendek, yaitu sampai 6 bulan saja.
  4. Simulasinya umumnya jelas, antara suku bunga dan juga perhitungannya, lembaga sudah memiliki kertas keterangan sendiri terkait dengan suku bunga yang bisa dilihat oleh nasabah. Sedangkan untuk gadai kendaraan langsung tidak, Anda harus melakukan negosiasi harga pada instansi, baik itu nilai yang bisa didapatkan maupun suku bunganya.
  5. Jika nasabah tak membayar uang gadai tersebut, maka secara resmi kendaraan menjadi milik kreditur, khususnya untuk gadai kendaraan langsung. Sedangkan untuk BPKB masih ada penggunaan prosedur seperti biaya tambahan atau denda yang diberikan batas waktu selama beberapa bulan. Baru jika tak ada pembayaran juga maka akan dilakukan penyitaan kendaraannya.
  6. Umumnya gadai BPKB secara langsung dikelola oleh jasa atau perusahaan yang sudah resmi, sedangkan untuk gadai kendaraan tidak, siapa saja sebenarnya bisa dengan membuat perjanjian tersebut.

Sekarang Anda sudah tau bukan, jadi jangan asal pilih produk, antara gadai BPKB mobil dengan gadai mobil meskipun hampir sama, namun produknya berbeda. Lebih cermat dalam memilihnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *