4 Bidang yang Umum Menyediakan Lowongan Kerja Sampingan

4 Bidang yang Umum Menyediakan Lowongan Kerja Sampingan

Apakah Anda sekarang ini ingin mendapatkan tambahan uang? Anda bisa melakukannya dengan mencari lowongan kerja sampingan. Pekerjaan semacam ini tak membutuhkan waktu full, dan memiliki jadwal yang cenderung fleksibel. Bagi pekerja kantoran maupun mahasiswa, bahkan pelajar sekalipun, pekerjaan sampingan atau paruh waktu adalah cara yang tepat untuk mengisi waktu luang dan menjadi produktif.

Di banyak negara maju, hampir semua pelajar maupun mahasiswa telah memiliki pengalaman dengan bekerja paruh waktu. Pekerjaan semacam ini biasanya memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Dalam sehari, Anda hanya perlu mengerjakan pekerjaan Anda selama 3-5 jam. Sangat jarang yang melebihi 6 jam sehari.
  • Meski banyak pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk datang di jadwal yang sudah fix, banyak pekerjaan sampingan yang memberikan kebebasan untuk Anda memilih waktu.
  • Kerja semacam ini biasanya juga tak memiliki kontrak yang sifatnya mengikat seperti pekerja full time. Meski begitu, tetap ada kontrak, hanya saja persyaratan maupun benefit yang Anda dapatkan lebih sedikit.
  • Beberapa pekerjaan sampingan ini juga tidak mengharuskan Anda untuk mendatangi kantor, bahkan bisa Anda kerjakan di rumah.

Seperti yang Anda lihat di atas, fleksibilitas dari pekerjaan sampingan adalah alasan utama kenapa banyak mahasiswa dan pelajar yang biasanya mencari pekerjaan semacam ini. Tapi sebagaimana juga telah disebutkan di paragraf awal, pekerja kantoran yang merasa bahwa gajinya tidak cukup untuk hidup, atau memang ingin mencari uang tambahan, bisa mencari pekerjaan semacam ini.

Namun yang menjadi masalah adalah, di mana Anda bisa menemukan lowongan kerja sampingan tersebut? Hal yang menjadi hambatan adalah bahwa tidak banyak tempat yang menawarkan pekerjaan macam ini. Kebanyakan menuntut untuk Anda menjadi pekerja full time dengan jam yang juga tak fleksibel. Jadi, di mana Anda bisa mencarinya? Anda bisa memulai pencarian dari sini:

bisnis online
  1. Bisnis kuliner

Anda bisa menjadi waiter/waitress di restoran, menjadi asisten koki, petugas kebersihan, maupun menjadi bagian produksi makanan. Bisnis ini biasanya berupa shift yang sudah diatur jamnya, dan Anda bisa lebih bebas memilih.

  1. Bisnis bidang tulis-menulis

Anda bisa merangkap menjadi penerjemah maupun menjadi penulis untuk artikel. Selain memberikan waktu yang jauh lebih fleksibel, Anda juga bisa menyalurkan kreativitas Anda.

  1. Bidang IT

Ada banyak tempat yang membutuhkan programmer, web designer, dan macam-macam lagi posisi untuk bidang IT yang tidak memerlukan full time, namun hanya membutuhkan waktu relatif pendek saja.

  1. Bidang jasa

Anda juga bisa mencari pekerjaan sampingan seperti jadi supir atau pengendara ojek, menjadi petugas pengiriman barang, menjadi seorang guru les, menjadi desainer grafis, dll.

Bidang yang Umum Menyediakan Lowongan Kerja Sampingan

Anda akan menemukan bahwa ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan dari melakukan kerja sampingan, selain dari sisi materi. Ini yang akan Anda dapatkan:

  • Kemampuan untuk membagi waktu Anda dengan efektif, dan justru membuat Anda lebih efisien.
  • Anda bisa mengasah kemampuan sebelum memulai mencari tanggung jawab yang lebih besar.
  • Anda juga bisa mendapatkan pengalaman dan hal-hal baru yang berguna bagi diri Anda.
  • Menjalin koneksi dengan banyak orang.

Jadi, itulah beberapa bidang di mana lowongan kerja sampingan online akan Anda dapatkan. Memang, mencarinya bukanlah hal yang selalu mudah. Namun jika Anda sudah menemukan kesempatan untuk melakukannya, ambillah! Apalagi bagi Anda yang sedang berusaha membangun resume Anda dengan pengalaman sebanyak mungkin. Mengambil kesempatan untuk melakukan pekerjaan sampingan akan membuat Anda jadi kandidat lebih unggul.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *