Keuntungan dan Kerugian dari Lowongan Kerja Freelance

Keuntungan dan Kerugian dari Lowongan Kerja Freelance

Lowongan kerja freelance merupakan lowongan kerja yang tidak memiliki ikatan penuh dengan sebuah perusahaan. Pekerjaan sejenis ini dapat diambil bagi seorang mahasiswa atau pelajar SMA yang memang sedang berliburan. Tentunya banyak manfaat yang di dapat dari sebuah pekerjaan. diantaranya yaitu dapat menambah keuangan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Sebuah tempat kerja tidak mempunyai wewenang penuh dalam hal ini, karena memang statusnya juga hanya sebagai pekerja freelance.

Banyak contoh pekerjaan semacam ini yang sudah ada misalnya saja, penulis, fotografer, event organizer, penyiar radio atau yang lainnya. Banyak orang tertarik mengenai pekerjaan ini. Karena memang banyak kelebihan atau keuntungan yang di dapat dari seorang pekerja freelance:

  • Waktu fleksibel.

Tidak seperti seorang karyawan yang harus taat untuk jam waktu bekerjanya setiap hari harus 8 jam kerja. Freelance mempunyai keuntungan yang lebih yaitu dalam segi waktu lebih fleksibel, karena memang tidak ada tuntutan penuh dari sebuah tempat yang membuka lowongan tersebut. Banyak juga pekerjaan seperti ini yang dapat di pekerjaan dirumah.

  • Pekerjaan sampingan.

Freelance dapat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan atau kalau tidak Anda dapat mengambil job freelance di beberapa tempat yang memungkinkan Anda dapat melakukan semuanya. Contohnya sebagai EO di tempat A dan di waktu berbeda dapat mengambil job di tempat B. seperti yang di katakana di awal karena memang lebih fleksibel dalam waktu pengerjaan dan tempat pengerjaan.

  • Penghasilan besar.

Pernah Anda melihat perempuan cantik yang ada di samping mobil saat pameran mobil berlangsung? Nah, seperti itu contoh nyatanya. Itu dapat dikatakan freelance karena memang hanya beberapa jam saja berada ditempat tersebut. Tetapi dalam sekali dapat job mereka bisa menghasilkan ratusan ribu dalam seharinya. Karena lowongan kerja freelance semacam itu hanya ada di moment-moment tertentu saja.

Baca Juga : 9 Lowongan Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa

Beberapa keuntungan merupakan sebagian kecil dari banyaknya keuntungan yang dapat diambil. Selain keuntungan ada juga kerugian dari pekerja freelance:

  • Frekuensi kerja tidak dapat dipastikan.

Seperti yang sedikit dijelaskan diatas pada keuntungan nomor 3, di situ di contohnya SPG moment. Jadi memang tidak dapat dipastikan moment seperti itu aka nada setiap harinya. Apalagi kurangnya kenalan klien yang menyebabkan sedikit info mengenai lowongan kerja lainnya.

  • Gaji pokok saja.

Berbeda dari seorang karyawan yang mendapatkan berbagai tunjangan dari perusahaan. Seorang pekerja freelance biasanya hanya mendapatkan gaji sesuai kesepakatan awal saja tanpa ada tunjangan lainnya. Contoh seorang karyawan mendapat tunjangan kesehatan, asuransi, hari tua atau tunjangan lebaran. lain halnya freelance yang memang tidak ada ikatan dalam sebuah perusahaan jadi yang di dapat hanya gaji pokok tanpa adanya tunjangan lainnya.

  • Jam kerja lebih.

Hal ini tidak terjadi di semua pekerjaan freelance, hanya beberapa saja yang memang membutuhkan waktu sedikit lama karena gaji mereka juga berbeda atau bahkan lebih besar dengan seorang karyawan yang sudah ditentukan jam kerjanya.

Keuntungan dan Kerugian dari Lowongan Kerja Freelance

Demikian ulasan tentang keuntungan maupun kerugian yang di dapat dari adanya lowongan kerja freelanceFaktor yang mendasari orang bekerja itu ada 2 yaitu karena memang nyaman dengan pekerjaan atau karena memang suka dengan gaji yang di dapat. Mau pekerjaan freelance atau yang lainnya lebih baik carilah yang menurut Anda nyaman dan menghasilkan banyak uang. Semua pekerjaan tentu ada positif dan negatifnya, carilah yang memang membuat Anda nyaman melakukan dan puas dengan hasil pendapatan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *