Pertimbangan dan Syarat Pengajuan KTA Bunga Rendah Bank

Pertimbangan dan Syarat Pengajuan KTA Bunga Rendah Bank

Kredit Tanpa Agunan atau yang biasa dikenal dengan KTA merupakan solusi peminjaman dimana nasabah tidak perlu untuk memberikan jaminan berupa aset ketika meminjam. Oleh karena kemudahan tersebut kemudian banyak orang yang sedang membutuhkan dana baik untuk kebutuhan penting atau kebutuhan konsumtif memilih KTA Bunga Rendah Bank untuk mendapatkan dana. Karena selain tidak butuh jaminan, KTA juga tidak memerlukan penjelasan mengenai tujuan penggunaan uang yang dipinjam tersebut.

Tetapi sebelum Anda mengambil keputusan untuk mengajukan Kredit Tanpa Agunan, ada baiknya untuk mempertimbangkan hal di bawah ini:

  • Pilih instansi resmi yang terpercaya ketika mengajukan KTA

Sekarang ini KTA tidak saja dapat didapatkan di bank-bank, melainkan juga di koperasi dan situs-situs peminjaman uang yang ada di internet. Ada baiknya Anda memilih instansi resmi seperti bank untuk mengajukan KTA agar lebih aman dan jelas.

  • Pilih tipe bunga yang ditawarkan

Ada 3 tipe perhitungan bunga yang ditawarkan yaitu bunga flat, bunga efektif, dan bunga anuitas. Bunga flat artinya setiap bulan kita akan membayar biaya angsuran dan bunga yang sama selama kurun waktu yang telah disepakati. Untuk bunga efektif kita akan membayar angsuran yang sama setiap bulan akan tetapi bunganya berbeda. Hal itu karena perhitungan bunga dilakukan di akhir periode angsuran sehingga bunga dihitung dari besarnya nilai pokok yang belum dibayar. Terakhir ada bunga anuitas dimana angsuran bulanannya akan tetap tetapi untuk bunga akan mengecil dan angsuran pokoknya akan membesar setiap bulan.

  • Pilihlah persyaratan yang mudah dan pastikan ada stimulasi perhitungan mengenai pembayaran yang akan dilakukan.

Baca Juga : Mudah dan Ringan dengan KTA Bunga Rendah 0.99 Persen

Setelah memutuskan untuk mengajukan KTA di instansi resmi seperti bank, langkah selanjutnya adalah mengetahui syarat-syarat yang diperlukan dan diajukan kepada pihak bank, syarat-syarat tersebut antara lain:

  • WNI dan berdomisili di Indonesia.
  • Umurnya 21-55 tahun ketika lunas.
  • Pendapatan bersihnya 2,5 sampai 3 juta perbulan.
  • Melengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti fotokopi KTP, NPWP, KK, slip gaji, dan mutasi buku rekening selama 3 bulan terakhir.

Sebenarnya walaupun bank memiliki KTA Bunga Rendah Bank yang hanya sekitar rata-rata 0,9 persen setiap bulannya tergolong murah akan tetapi apabila dihitung kembali jumlah yang dikeluarkan sampai akhir pembayaran maka tetap saja bunga tersebut akan tergolong mahal. Misalkan untuk pinjaman sebesar 10 juta dalam jangka 1 tahun apabila dihitung cicilan dan bunga efektif untuk Bank BNI jumlah bunga sampai akhir 19 persen dimana pinjaman 10 juta bila dikembalikan ke bank akan menjadi 11 juta. Apalagi bila sistem bunga yang ditetapkan bunga flat, lebih baik memilih bank dengan sistem bunga efektif untuk minimal uang yang akan kita bayarkan ke bank.

kta bunga rendah bank

Maka sebelum mengajukan pinjaman dalam bentuk KTA sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu apakah pengajuan kredit tersebut benar-benar penting dan mendesak seperti untuk biaya rumah sakit dan menutupi biaya pendidikan anak. Banyak orang yang mengajukan kredit tidak berpikir jernih ketika datang meminjam untuk keperluan yang tidak terlalu penting seperti membeli gadget terbaru atau membeli barang branded yang ingin dimiliki. KTA bukan untuk memenuhi hal semacam itu.

Kesalahan dalam peminjaman KTA lain adalah tidak adanya rencana dalam jangka waktu yang panjang sehingga akan kesulitan untuk membayar. Pada dasarnya semua KTA adalah bantuan pinjaman atau hutang yang harus dikembalikan sehingga pilihlah minimal KTA Bunga Rendah Bank yang ada di bank agar lebih aman. Usahakan untuk menghindari pinjaman uang dari internet karena memiliki regulasi yang belum terlalu jelas.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *