Ingin Kredit Mobil Baru? Leasing atau Bank?

Ingin Kredit Mobil Baru? Leasing atau Bank?

Sekarang ini, jumlah orang yang ingin membeli mobil baru dengan cara pembayaran tunai dapat dihitung menggunakan jari. Sebaliknya, justru sebagian besar masyarakat melakukan transaksi secara kredit maupun melalui leasing atau bank. Ditambah lagi dengan banyaknya fasilitas kredit mobil baru yang menggiurkan mulai ditawarkan, mulai dari pemberian bunga ringan, hadiah, hingga pada waktu pembayaran cicilan yang cukup panjang.

Akan tetapi jika anda tidak berhati-hati, maka anda mungkin saja akan terjebak. Bahkan lebih repot lagi jika kredit yang anda jalankan bermasalah. Karena hal tersebut mengakibatkan mobil tidak dapat anda gunakan. Oleh karena itu untuk dapat menentukan sistem kredit, sebaiknya benar-benar anda pikirkan hingga matang agar kredit tersebut di kemudian hari tidak menyulitkan anda. Kredit mobil maupun barang-barang lainnya yang berada dalam tahap macet atau bermasalah juga akan sangat menyulitkan anda ketika hendak mengambil kredit dalam bentuk yang lainnya.

Menggunakan fasilitas kredit dari bank atau leasing?

Baik bank maupun leasing sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan. Hal yang terpenting anda haruslah memilih lembaga yang sudah terpercaya. Adapun kelebihan pengambilan kredit mobil baru melalui bank memiliki bunga yang lebih rendah, namun sayangnya proses pengambilan kredit agak rumit karena membutuhkan data serta prosedur harus benar-benar lengkap. Selain itu, anda juga harus mengurus secara mandiri segala persyaratan tersebut. Selanjutnya masih akan ada survey ke rumah dan akan difoto sebagai bukti survey.

Baca Juga : Tips Mendapatkan Kredit Mobil Murah

Sedangkan pada lembaga leasing, pemberian kredit memiliki keuntungan berupa prosedur yang jauh lebih mudah. Begitu halnya dari segi persyaratannya, dimana anda sebagai calon konsumen mengisi formula dan menyiapkan berbagai macam persyaratan yang diperlukan. Beberapa dokumen yang dibutuhkan tersebut meliputi slip gaji, Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta fotokopi Kartu Keluarga (KK). Kelengkapan dokumen tersebut sudah cukup bagi anda untuk mendapatkan pembiayaan atau kredit pembelian mobil baru melalui lembaga leasing. Tentu saja sekaligus membedakan nya dengan prosedur dan persyaratan pada kredit dengan melalui lembaga keuangan seperti bank.

Uang muka (DP) kecil atau besar?

Melakukan pembelian kredit mobil baru memang mengharuskan anda untuk membayar uang muka atau DP minimal sejumlah 30% sesuai dengan peraturan dari pemerintah. Akan tetapi jika lebih dari angka tersebut memang sangat diperbolehkan. Karena semakin besar nilai uang muka atau DP yang anda serahkan menjadikan angsuran atau cicilan juga menjadi semakin kecil. Selain itu, tergantung juga pada lamanya masa pelunasan atau yang dikenal dengan jangka waktu beserta suku bunga yang ditetapkan untuk cicilan anda. Sehingga sangat tergantung dari keputusan anda untuk memberikan uang muka atau DP besar dengan nilai cicilan relatif rendah atau DP rendah dengan cicilan yang relatif lebih besar.

Kredit Mobil Murah Menjadi Pilihan Banyak Orang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *