Kelebihan Produk Investasi Syariah

Kelebihan Produk Investasi Syariah

Semua orang tentu menghendaki memiliki persiapan masa depan yang matang sehingga menikmati masa hari tua yang berkualitas. Persiapan menghadapi hari tua berkualitas pun sebaiknya dilakukan sejak dini supaya hasilnya optimal. Ragam usaha mempersiapkan masa depan ini sangat banyak, dan beberapa termasuk ke dalam investasi. Investasi merupakan persiapan menjelang hari tua yang sangat dianjurkan sebab mendatangkan keuntungan jangka panjang. Apalagi jika Anda mempertimbangkan investasi syariah.

Manfaat Berinvestasi Sejak Dini

Melakukan investasi sejak usia muda memang memerlukan usaha lebih keras supaya penghasilan bisa diatur dengan baik. Dibutuhkan ketelatenan serta niat yang tinggi untuk mencoba memenuhi kebutuhan masa sekarang sekaligus masa depan. Investasi di usia muda tidak harus dalam nilai yang tinggi, pertimbangkan produk investasi yang terjangkau. Sehingga bisa belajar berinvestasi dengan kondisi yang serba terbatas untuk kemudian meningkatkan plafon investasi tersebut.

Ketika sudah mulai berinvestasi sejak usia muda maka kemampuan untuk memahami teknik berinvestasi yang benar semakin mudah didapatkan. Pada usia matang, pelakunya akan memiliki keberanian untuk memilih produk investasi beresiko tinggi untuk memperoleh hasil lebih banyak. Asalkan memilih produk investasi yang aman dan menguntungkan maka hasilnya akan bisa dirasakan setelah melewati masa produktif. Hasil investasi akan terus mengalir bahkan diwariskan sehingga meski sudah pensiun masih mampu memenuhi kebutuhan hidup yang berkualitas.

investasi syariah halal

Pertimbangkan Memilih Produk Investasi Secara Syariah

Jenis produk investasi sendiri sangat beragam, beberapa butuh modal besar dengan resiko kerugian yang tinggi. Ada pula yang karakteristiknya sebaliknya, sebagai bahan pertimbangan ada baiknya mencoba menanam investasi syariah. Investasi jenis ini menawarkan beberapa kelebihan, diantaranya:

  1. Produk investasi yang mudah dipelajari,

Pengelola investasi berbasis syariah biasanya menerapkan sistem pengelolaan yang transparan sehingga investor paham betul kondisi investasi yang ditanamkan. Sistem yang transparan menawarkan kemudahan untuk mempelajari situasi dan kondisi.

Ketika terjadi kondisi yang kurang menguntungkan bisa segera mengambil tindakan dan keputusan untuk menekan resiko kerugian. Berbeda dengan investasi non-syariah biasanya sistem pengelolaan sifatnya lebih tertutup. Informasi yang terbatas memberikan batasan ruang gerak bagi investor dalam membaca situasi yang dihadapi. Kadang hanya investor kawakan dan berpengalaman yang paham kondisi produk investasi yang ditanam. Sehingga investor pemula biasanya lebih sering merugi daripada untung, maka pertimbangkan untuk beralih kepada produk investasi secara syariah.

  1. Terjamin digunakan untuk sektor usaha halal,

Dalam investasi konvensional kadang pihak pengelola tidak terlalu mempertimbangkan bersih tidaknya usaha yang dilakoni. Sehingga dana investasi yang ditanamkan ada kemungkinan untuk membangun usaha yang hasil uangnya kurang bersih atau haram. Keuntungan yang diperoleh dari tindakan investasi pun menghasilkan rezeki yang tidak halal sehingga pertanggung jawabannya di akhirat akan berat. Sebagai langkah antisipasi mempersiapkan akhirat, ada baiknya memilih produk investasi di perbankan syariah yang menjamin pengelolaan berdasarkan azas syariah.

Baca Juga : 3 Manfaat Investasi Syariah

Mengetahui dengan baik bahwa dana yang diinvestasikan memang dialokasikan kepada usaha atau bisnis syariah tentu memberikan rasa aman dan nyaman. Apalagi keuntungan yang diperoleh nantinya akan dibagi berdasarkan sistem bagi hasil. Sehingga kerugian usaha yang dialami juga akan ditanggung bersama, sistem seperti ini memberikan keamanan bagi pelaku usaha maupun investornya. Bagi yang masih bingung memilih produk investasi, bisa mencoba produk investasi syariah. Namun pastikan memilih tempat berinvestasi yang memang menawarkan pengelolaan secara syariah sehingga manfaatnya bisa dirasakan di dunia dan akhirat.

Berencana untuk melakukan investasi melalui jasa perbankan, bisa mempertimbangkan menanamkan investasi syariah. Produk investasi yang akan dikelola secara syariah pada dasarnya tidak hanya bisa dilakukan di bank syariah saja. Kita bisa mendapatkan investasi yang dikelola secara syariah di perbankan konvensional, sehingga perlu dikonsultasikan dahulu. Berinvestasi dengan memperhatikan sistemnya syariah atau tidak memang cukup menguntungkan, terutama bagi Anda yang beragam Islam supaya menjaga rezeki yang didapatkan halal.

Pemahaman Investasi Berbasis Syariah

Investasi merupakan salah satu kiat untuk menabung dengan jalan mempercayakannya kepada pihak bank terpercaya. Sehingga dana investasi oleh pihak bank akan dialokasikan untuk mengurus permodalan sebuah usaha. Usaha yang dibangun dari dana investasi ini apabila sudah menghasilkan keuntungan maka hasilnya akan dibagi. Kepada pihak investor, bank, serta pihak pengelola usaha tersebut secara adil dan merata. Investasi berbasis syariah layak dipertimbangkan karena memperhatikan jenis usaha yang akan dipenuhi kebutuhan modalnya.

Produk investasi berbasis syariah bisa ditanamkan di perbankan konvensional maupun perbankan berbasis syariah. Setiap bank memiliki prinsip tersendiri dalam mengelola dana investasi, dan untuk investasi berbasis syariah. Maka pengelolaannya akan berdasarkan pada prinsip syariah, produk investasi ini cocok bagi investor muslim. Sebab tidak mengenal kata bunga, yang dalam Islam adalah perbuatan yang sangat diharamkan. Asas syariah dalam pengelolaan investasi lebih kepada sistem bagi hasil sehingga keuntungan dan kerugian akan ditanggung bersama.

Karena prinsip bagi hasil inilah, maka jangan heran apabila keuntungan setiap bulannya akan berbeda-beda menyesuaikan dengan kondisi usaha. Sebab kerugian usaha pun akan ditanggung bersama, ciri khas ini pula yang membedakan dengan investasi konvensional. Sebab investasi non-syariah menawarkan pemberian keuntungan secara tetap dan kontinyu sepanjang waktu. Kebanyakan investor memang lebih tertarik dengan investasi non-syariah karena memberikan keuntungan tetap setiap bulan dan tahunnya.

Kelebihan Produk Investasi Syariah

Manfaat Menanamkan Investasi Berprinsip Syariah

Meski begitu, bagi yang ingin mendapatkan rezeki yang halal rupanya penanaman investasi syariah menawarkan manfaat tersendiri. Manfaat tersebut meliputi beberapa hal berikut:

  1. Dijamin halal dan juga produktif,

Investasi yang dikelola berdasarkan prinsip syariah dijamin akan dialokasikan untuk kegiatan usaha yang memang benar-benar halal. Kemudian dengan sistem bagi hasil, maka produk investasi jenis ini dikatakan investasi yang produktif. Sebab sepanjang usaha berjalan maka keuntungan pun akan tetap didapatkan, berbeda dengan investasi secara konvensional yang memiliki batas waktu.

  1. Adanya pengawasan terhadap pengelolaan modal,

Kadang kala Kita merasa ragu apakah bank syariah tempat hendak berinvestasi benar-benar dijalankan sesuai prinsip syariah. Kekhawatiran ini bisa dihindari sebab semua bank syariah dalam pengelolaannya akan diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah atau DPS. Sehingga semua produk bank tersebut, termasuk produk investasi memang dikelola dengan prinsip syariah. Apabila selama ini merasa ragu untuk mencoba produk perbankan syariah, semoga dengan informasi ini memberikan ketenangan dan penjelasan yang mendukung.

  1. Adanya prinsip kepercayaan,

Pengelolaan dana investasi yang sudah ditanamkan tidak ditutupi, namun sifatnya lebih terbuka sehingga investor paham betul perkembangan dan kondisinya. Pasalnya bank syariah yang menyediakan produk investasi tidak hanya berlandaskan kepada hukum negara. Akan tetapi juga berlandaskan pada hukum Islam yang tegas, sehingga semua hasil keuntungan yang diperoleh jelas kehalalannya. Informasi detail dari pihak bank pengelola investasi syariah juga menawarkan kenyamanan tersendiri untuk mendapatkan produk investasi yang bermanfaat dunia akhirat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *