Memilih Produk-Produk Investasi Syariah Terbaik

Memilih Produk-Produk Investasi Syariah Terbaik

Sesuai dengan prinsip syariah yang digunakan sebagai landasan usaha, nasabah yang menginvestasikan modalnya pada produk-produk Investasi Syariah Terbaik tidak akan memperoleh keuntungan yang berupa bunga, melainkan keuntungannya diperoleh dari sistem bagi hasil (nisbah) dari keuntungan yang didapat bank dari pengelolaan uang milik nasabah. Misalnya saja 60 persen untuk nasabah dan 40 persen nya untuk pihak bank.

Meski demikian, dengan sistem bagi hasil, nisbah yang telah disepakati sejak awal, nasabah dan pihak bank tidak mengetahui hasil pasti yang akan didapatkan kedua belah pihak sebelum keuntungan dari hasil usaha bak diketahui, yakni di akhir periode yang telah ditentukan. Tidak seperti bank konvensional yang keuntungan hasil keuntungan dari investasi nasabah dapat mudah diketahui melalui prosentase bunga dari sejumlah uang yang ia investasikan. Dengan sistem bagi hasil, baik bank maupun nasabah berbagi keuntungan secara lebih adil.

Namun bagaimana jika usaha yang dilakukan bank syariah tiba-tiba mengalami kerugian? Secara teori sebenarnya nasabah juga ikut menanggung kerugian, akan tetapi bank tetap akan berusaha untuk menghasilkan keuntungan. Ada satu hal lain lagi, jika Anda berinvestasi secara syariah, hasil investasi tersebut secara otomatis dibersihkan melalui zakat oleh pihak keuangan syariah. Tentunya hal ini menghindarkan Anda dari riba dan Anda juga menguntungkan Anda karena Anda tidak akan lagi lupa membayar zakat yang merupakan kewajiban Anda sebagai umat Muslim. Apabila Anda mulai tertarik dengan investasi ini, berikut adalah produk-produk Investasi Syariah Terbaik yang bisa Anda coba:

  • Tabungan & deposito Mudharabah

Mudharabah adalah suatu perjanjian (akad) antara nasabah yang memiliki modal dengan bank atau lembaga keuangan sebagai pengelola modal untuk mendapatkan keuntungan. Keuntungan itu kemudian dibagikan melalui sistem nisbah atau bagi hasil yang telah sama-sama disepakati. Maka dari itu, tabungan dan deposito di bank syariah masuk dalam kategori investasi. Ditambah Anda tidak akan terkena biaya administrasi atau pemberian bunga berjenjang.

Baca Juga : Kelebihan Produk Investasi Syariah

  • Asuransi syariah

Pada asuransi non-syariah atau konvensional, nasabah membeli perlindungan pada perusahaan asuransi dan premi yang dibayarkan menjadi kepunyaan perusahaan asuransi. Rekening dana perusahaan asuransi diambil untuk pembayaran klaim. Sementara pada asuransi syariah, baik premi yang dibayar maupun dana yang terkumpul tetap milik peserta asuransi atau nasabah. Bahkan dalam asuransi syariah, para peserta asuransi menyepakati untuk saling tolong menolong ketika ada musibah yang dialami salah satu nasabah. Karena itu, pada asuransi syariah terdapat pos yang juga disebut rekening dana kebajikan yang didapat dari sebagian premi nasabah yang sejak awal sudah disetujui dan diikhlaskan untuk dana hibah bagi peserta asuransi lainnya yang mengalami musibah.

  • Reksadana syariah

Mekanisme investasi reksadana syariah mire seperti reksadana biasa lainnya. Anda beserta investor lain “iuran” untuk menanamkan modal pada suatu produk keuangan yang dikelola oleh manajer investasi. Keuntungan investasi kemudian dibagikan pada ke para investor sesuai proporsi modal mereka masing-masing dengan sedikit biaya manajemen untuk manajer investasi. Bedanya adalah pada reksadana syariah, manajer investasi menjamin kehalalan dan keuntungan produk investasi. Sehingga keuntungan investasi untuk para investor bebas dari riba atau unsur lain yang tidak sesuai syariat.

Sangat mudah bukan untuk berinvestasi secara syariah? Dengan mengelola keuangan Anda sesuai syariat, maka bukan hanya membuat hidup menjadi lebih tenang karena terbebas dari riba, namun Anda juga bisa sekaligus beramal melalui zakat dan sedekah yang dikelola oleh lembaga keuangan dan Investasi Syariah Terbaik ini. Maka Anda tak perlu ragu lagi untuk memulai investasi yang syariah Anda.

investasi syariah terbaik

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *