Investasi Emas Perhiasan Atau Batangan, Mana Pilihan yang Tepat?

Investasi Emas Perhiasan Atau Batangan, Mana Pilihan yang Tepat?

Investasi emas perhiasan menjadi salah satu cara berinvestasi yang dari dulu hingga kini memiliki peminat yang tak pernah ada habisnya. Tentunya hal ini lantaran emas memang memiliki harga yang cukup stabil dan jika terjadi perubahan harga baik naik atau turun pun masih tetap dalam angka wajar. Di era modernisasi ini, tak heran jika emas menjadi benda yang banyak diminati oleh masyarakat sebagai langkah untuk berinvestasi termudah.

Bagi Anda yang sedang berencana atau memiliki pemikiran untuk bisa invest emas, maka tentu Anda sudah tahu jika emas bisa diinvestasikan dalam bentuk perhiasan atau emas batangan. Kedua jenis emas tersebut berbeda dan memiliki karakteristiknya masing-masing sehingga Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Mengingat pemilihan bentuk emas ini akan sangat mempengaruhi harga jual dan harga beli nilai emas di saat ini dan kemudian hari, maka Anda harus memastikan pemilihan yang tepat agar investasi Anda bisa memberikan imbal hasil yang maksimal.

Jika saat ini Anda sedang berfikir memilih antara investasi emas perhiasan atau emas batangan, maka pertimbangkan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu untuk bisa menentukannya dengan tepat:

  • Tujuan investasi

Yang pertama, Anda perlu untuk menentukan tujuan investasi terlebih dahulu. Hal ini lantaran tujuan awal akan menentukan hasil untuk ke depannya. Apabila investasi yang Anda lakukan adalah untuk jangka panjang, maka alangkah baiknya untuk memilih emas batangan saja karena nilai jualnya yang lebih stabil jika dibanding dengan emas perhiasan. Alasannya adalah emas perhiasan ketika dijual akan dikurangi dengan biaya pembuatan yang notabene bernilai cukup mahal.

  • Harga di pasaran

Mencermati harga emas di pasaran ketika akan memulai berinvestasi juga sangat penting untuk dilakukan. Terkadang ada masa dimana harga emas naik turun tidak stabil selama beberapa waktu. Jika hal ini terjadi, lebih baik tunda lebih dulu membeli emas karena bisa saja beresiko harga emas yang Anda beli sedang naik di angka tertinggi sehingga membuat Anda merugi di kemudian hari.

  • Tempat membeli yang aman

Selanjutnya, tempat untuk membeli emas juga wajib Anda pilih. Pastikan untuk memilih toko emas yang memang terpercaya karena kini banyak beredar emas palsu yang sangat mirip dengan emas asli sehingga banyak membuat orang terkecoh dan tertipu. Untuk pembelian emas perhiasan, Anda bisa membeli di toko emas yang memang terkenal terpercaya di kota Anda. Sedangkan untuk membeli emas batangan, bisa membeli di lembaga yang menyediakan emas batangan asli.

Investasi Emas Perhiasan Atau Batangan, Mana Pilihan yang Tepat?

Itulah beberapa hal yang wajib menjadi pertimbangan Anda sebelum memulai langkah berinvestasi. Selanjutnya, Anda tinggal memilih emas perhiasan atau emas batangan yang akan Anda pakai. Untuk investasi jangka panjang, Anda bisa memilih emas batangan karena harga jual kembali yang biasanya terbilang cukup tinggi dan stabil. Tingkat kemurnian dari emas batangan ini juga lebih terjamin sehingga berinvestasi pun bisa lebih merasa aman, apalagi jika emasnya dari PT Antam.

Namun bagi penyuka perhiasan dan memang suka memakainya, yang biasanya adalah para wanita, maka emas perhiasan pun juga patut untuk Anda pilih. Berbeda dengan emas batangan yang cukup sulit mendapatkannya, investasi emas perhiasan lebih mudah untuk dijangkau karena banyak terdapat toko emas dimana-mana. Namun Anda harus cermat dalam memilih toko emas tempat Anda membeli.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *