Ini Dia Tips Puasa untuk Anak Kost

Ini Dia Tips Puasa untuk Anak Kost

Sekarang ini kita sedang menjalankan bulan puasa, bagi sebagian besar anak kost, bulan Ramadhan bisa menjadi bulan yang sangat miris. Hal ini disebabkan, berbeda ketika di rumah, saat di kost, mereka harus menyiapkan makanan untuk santap sahur dan berbuka sendiri. Walaupun saat-saat sahur merupakan saat yang ribet, waktu ini tidak boleh Anda lewatkan agar Anda dapat menahan lapar hingga maghrib. Lantas, bagaimana cara mempersiapkan bulan yang suci untuk anak kost?

tips puasa anak kost

Pertama, Anda bisa masak sendiri. jika Anda tinggal di kost, pasti suasana sahur atau pun berbuka akan sangat berbeda, tidak ada saudara atau orang tua yang membangunkan atau menemani sahur bersama. Agar mensiasatinya, Anda dapat masak sendiri makanan untuk buka atau pun untuk sahur. Tidak perlu mencoba menu makanan yang repot. Anda dapat mencoba resep-resep yang sederhana seperti telur sambal, sop, tumis kangkung, oseng-oseng, bandeng asam manis. Keuntungan memasak sendiri, Anda dapat menyiapkan seperti apa gizi yang nantinya masuk ke dalam tubuh Anda, selain itu penghematan anggaran selama bulan Ramadhan juga dapat dilakukan.

bisnis online

Kedua, cari warung yang buka meskipun dini hari atau warung 24 jam. Tidak jarang para anak kost melewatkan makan sahur hanya karena malas menyiapkan makanan sendiri. jika Anda termasuk anak kost yang malas memasak atau tidak mempunyai stock makanan, warung nasi yang biasanya buka hingga 24 jam bisa menjadi solusi masalah Anda. biasanya, saat bukan puasa seperti ini, hidangan yang tersaji masih hangat. Cari informasi warung yang menyediakan hidangan berbuka yang lebih murah, cari jam operasinya. Keuntungan membeli makanan di warung ini, selain harganya yang lebih murah, rasanya pun juga seperti masakan rumahan, jadi Anda bisa merasakan sensasi makan di rumah.

Keempat, siapkan stock makanan untuk jangka lama. Sebaiknya, Anda juga menyiapkan stock makanan, hal ini bisa membantu Anda saat enggan pergi keluar untuk makan sahur, Anda juga bisa menambah stock makanan sejuta umat seperti mie instant dan telur, namun selalu atur jadwal pengonsumsian mie instan agar makanan ini tidak berlebihan masuk ke perut Anda. Anda juga bisa membeli roti dan pasta yang mudah di olah. Setelah itu list menu berbuka hingga sebulan kedepan.

Terakhir, jangan lupa memasang alarm. Bulan puasa, memang tidak akan berjalan normal seperti biasanya, apalagi jika Anda tidur di kamar kost. Namun, Anda harus mulai terbiasa dengan jam tidur awal karena harus bangun pagi untuk masak sahur, membeli makan sahur atau menyiapkan makan sahur. Di sini, Anda akan di tuntut menjadi lebih mandiri. Agar jam sahur tidak sampai kelewatan, Anda dapat mensiasatinya dengan memasang alarm di smartphone atau membeli jam sendiri, pasang alarm setiap beberapa menit sekali menjelang waktu sahur.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *