Ide Usaha Modal Kecil yang Dapat Dilakukan di Rumah

Ide Usaha Modal Kecil yang Dapat Dilakukan di Rumah

Ketika hendak memulai bisnis, salah satu hal yang menjadi kendala adalah tidak adanya modal. Akan tetapi, banyak bisnis yang tidak membutuhkan modal uang dalam jumlah besar namun hanya menggunakan modal yang kecil. Modal tersebut dapat berupa barang atau kreatifitas atau keahlian. Ide usaha modal kecil dapat direalisasikan dengan baik jika Anda menerapkan juga sikap pantang menyerah, jujur, bekerja keras, supple. Ide untuk memulai usaha tersebut dapat dilakukan di rumah dan menjadi bisnis rumahan.

Terdapat beberapa jenis ide dengan modal kecil untuk membangun usaha rumahan. Pertama adalah bisnis makanan ringan. Bisnis ini termasuk sebagai salah satu bisnis yang berkembang dan menguntungkan. Hal tersebut dikarenakan tidak hanya karena hanya menggunakan modal uang yang sedikit namun juga karena hampir setiap orang mengkonsumsinya misalnya untuk teman minum teh atau untuk menonton TV. Anda dapat memilih untuk membeli makanan ringan dalam jumlah yang besar dan kemudian membaginya dalam jumlah dan ukuran kemasan yang lebih kecil atau dengan membuatnya langsung misalnya membuat kacang polong asin gurih dan kemudian dijual dengan cara dititipkan ke warung tetangga atau dijual sendiri di rumah.

Kedua adalah usaha kerajinan tangan. Jika Anda merupakan salah satu orang yang kreatif, Anda dapat menggunakan barang-barang yang sudah tidak terpakai misalnya kertas atau sedotan dan kemudian di daur ulang untuk membuat suatu barang yang memiliki nilai lebih. Selain dapat membantu untuk melestarikan lingkungan, terutama jika menggunakan bahan yang susah terurai seperti botol plastik, Anda juga dapat mengurangi tumpukan sampah dan mendapatkan keuntungan yang besar.

bisnis online
peluang usaha modal kecil

Peluang Usaha Modal Kecil Memberikan Keuntungan Lebih

Ketiga adalah usaha dropshipping. Keunggulan dari ide usaha modal kecil ini adalah Anda tidak perlu repot-repot untuk menyiapkan barang yang akan Anda jual karena Anda dapat menjual barang milik orang lain. Mudahnya, Anda menjadi ‘sales’ dari produk orang lain dan kemudian menjualnya atas nama Anda dengan harga yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Keuntungan yang Anda peroleh adalah ‘komisi’ atau selisih harga dari barang yang Anda jual tersebut. Jika ada orang yang ingin membeli barang yang sudah Anda jual tersebut, maka nantinya Anda akan menanyakan atau berbicara ke pemilik barang jika ada orang yang membelinya sehingga barang akan segera dikirim.

Ide Usaha Modal Kecil yang Dapat Dilakukan di Rumah

Keempat adalah usaha membuat dan atau menjual stiker dan pin. Usaha ini sedikit diremehkan namun memiliki keuntungan yang besar dengan menggunakan modal yang kecil. Stiker yang dijual di pasaran yang harganya dapat mencapai puluhan ribu, ternyata diproduksi dengan modal yang jauh lebih sedikit. Anda hanya perlu untuk membuat design dan kemudian meminta teman atau tempat pembuatan stiker dan pin kemudian menjualnya. Bisnis stiker dan pin biasanya lebih ramai ketika diselenggarakan acara seperti seminar dan membutuhkan souvenir.

Kelima adalah dengan menjual pulsa. Anda hanya perlu untuk menggunakan modal yang sedikit misalnya Rp 200.000 untuk melakukan deposito pulsa. Keuntungan yang diperoleh tidak banyak namun karena hampir setiap orang membutuhkan pulsa bahkan paket data, maka penjualan pulsa tersebut dapat memberikan keuntungan yang lumayan. Ide usaha modal kecil tersebut dapat dilakukan dimana saja, misalnya jika sedang keluar rumah dan ada yang meminta untuk dikirim pulsa, pelanggan seperti tetangga Anda atau saudara Anda atau ada orang lain yang meminta untuk dikirimi pulsa, Anda dapat mengirimkan pulsa tersebut dengan menggunakan ponsel yang Anda miliki.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *