Hikmah Puasa Sunnah, Pribadi Beriman Dan Disiplin

Hikmah Puasa Sunnah, Pribadi Beriman Dan Disiplin

Puasa ketika bulan Ramadhan merupakan puasa yang wajib dilakukan oleh umat muslim, dan dipercaya memiliki hikmah puasa yang sangat besar. Dari segi kesehatan secara klinis, hal ini memang sudah terbukti, dengan banyaknya orang yang menyatakan puasa sebagai cara membersihkan tubuh dari racun, sementara dari segi rohani sendiri, puasa memberikan manfaat munculnya rasa sosial yang tinggi. Tapi bagaimana dengan puasa yang bukan wajib, tapi puasa sunnah seperti Senin-Kamis?

Puasa di hari Senin-Kamis adalah puasa di luar bulan Ramadhan yang dilakukan setiap 2 hari tersebut, dan bukan merupakan hal wajib (makanya disebut puasa sunnah). Hari Senin dan Kamis sendiri adalah hari yang istimewa, karena di saat itulah Rasulullah SAW lahir dan mendapatkan wahyu Allah SWT. Kedua hal yang menandakan hal penting inilah yang patut untuk diperhatikan saat Anda bermaksud untuk melakukan puasa sunnah ini.

Hikmah Puasa Sunnah, Pribadi Beriman Dan Disiplin

Hikmah puasa sunnah sendiri juga sangat banyak, dan tak kalah istimewanya dari pada ketika Anda melakukan puasa di bulan Ramadhan. Puasa sendiri adalah sesuatu yang merupakan ibadah khusus bagi Allah, dan oleh karena puasa adalah milik Allah, maka Allah sendiri yang akan membalas kebaikan itu, dengan melipatgandakannya sampai dengan 10 kali lipat.

bisnis online

Hikmah Puasa

Hikmah dari puasa sunnah seperti ini sendiri juga sebenarnya tak terlalu jauh berbeda daripada ketika puasa saat Ramadhan, seperti:

  1. Puasa sebagai penyembuh

Puasa merupakan kesempatan untuk menghilangkan racun-racun di dalam tubuh yang menumpuk, yang akan semakin efektif jika Anda melakukannya dengan sering.

  1. Mengajarkan disiplin

Dengan melakukan puasa Senin Kamis rutin, Anda belajar mengikuti jadwal saat semua orang lain tidak melakukannya, yang juga mengajarkan Anda untuk menahan diri dari segala macam hawa nafsu.

  1. Menumbuhkan rasa solidaritas dan empati

Hal ini terutama akan Anda rasakan karena Anda jadi tahu bagaimana sulitnya merasa lapar dan haus, serta harus menahan diri di saat semua orang memiliki sesuatu yang lebih dari Anda. Dengan demikian, Anda jadi termotivasi lebih untuk menyumbang dan memperhatikan orang-orang yang tak mampu di sekitar Anda dan beban yang mereka sangga.

  1. Membuat hati lebih tenang

Kebiasaan puasa Senin Kamis juga akan membawa hikmah ketenangan batin bagi Anda karena terbiasa untuk menekan hawa nafsu, yang otomatis juga membuat Anda tak lagi mempersoalkan hal-hal remeh seperti gosip dan pikiran negatif. Hidup Anda pun lebih tenang.

Ketenangan jiwa yang dibawa oleh kebiasaan puasa sunnah Senin Kamis bisa dibilang adalah hikmah puasa yang membawa nikmat paling banyak. Anda jadi lebih merasa dekat dengan Allah SWT di dalam diri Anda, menjadi lebih mudah berkonsentrasi, peka dengan lingkungan sekitar Anda, dan secara keseluruhan menjadi manusia yang lebih baik. Anda pun menjadi seseorang yang benar-benar layak menjadi teladan bagi umat muslim.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *