Hikmah Puasa Ramadhan Bagi Anak

Hikmah Puasa Ramadhan Bagi Anak

Syarat berpuasa salah satunya adalah sudah akil baliq atau sudah dewasa. Namun, berpuasa sebaiknya dimulai dari kecil misalnya dimulai dengan perkenalan mengenai pentingnya puasa sehingga ketika dewasa hikmah puasa ramadhan benar-benar diperoleh dan dapat berpuasa secara maksimal. Untuk anak-anak, sebaiknya tidak dibebankan terlalu berat harus berpuasa satu hari penuh namun juga harus diarahkan sehingga saat dewasa nantinya atau saat masanya untuk berpuasa, anak menjadi lebih siap tidak hanya fisik namun juga mental.

hikmah puasa ramadhan untuk anak dibawah umur

Terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi kondisi anak saat puasa, diantaranya yaitu:

  • Suasana lingkungan baik di rumah, di masyarakat ataupun di sekolahan.
  • Pola pikir anak yang terkadang masih keliru mengenai puasa.
  • Contoh yang diperoleh misalnya dari televisi ataupun dari temannya bermain.
  • Perasaan anak-anak yang terkadang masih ingin untuk makan makanan yang ada di sekitarnya.
  • Belum adanya keterbiasaan untuk berpuasa.

Bagi anak-anak, manfaat yang dapat di pupuk sejak kecil adalah disiplin. Walaupun anak belum berpuasa, biasanya anak akan ikut orang tuanya untuk bangun saat sahur dan berbuka. Tidak hanya saat sahur dan berbuka, anak-anak juga akan lebih disiplin dalam beribadah seperti shalat dan ikut pengajian TPA yang biasanya diadakan saat bulan Ramadhan tiba. Sifat disiplin tersebut dapat membantu anak untuk dapat membagi waktu dengan baik sehingga dapat menjadi salah satu faktor anak untuk meraih kesuksesan misalnya dalam prestasi di sekolahnya. Lewat disiplin yang di pupuk dari kecil tersebut akan membuat anak menjadi lebih mudah untuk diajak beribadah dan bahkan tanpa disuruh anak akan melakukan ibadah sesuai dengan waktunya misalnya saat shalat 5 waktu tiba.

bisnis online

Hikmah puasa ramadhan yang kedua adalah membantu anak untuk dapat mengendalikan emosi. Anak-anak masih memiliki emosi yang labil dan dapat dengan mudah marah atau tersinggung karena hal yang kecil. Pengendalian emosi tersebut tidak hanya baik untuk sifat anak agar tidak mudah marah namun juga baik untuk kesehatan anak misalnya untuk kesehatan jantungnya. Lewat pengendalian tersebut tentunya dapat lebih menyehatkan otak.

Ketiga adalah lewat berpuasa, anak akan dapat merasakan indahnya kebersamaan. Biasanya walaupun anggota keluarga tidak lengkap saat berbuka, misalnya ayah atau ibu yang masih bekerja dan belum pulang, anak-anak dapat melakukan buka puasa bersama dengan teman-temannya di TPA. Selain itu, lewat berpuasa, anggota keluarga yang sebelumnya jarang berada di rumah karena berangkat pagi, dapat berkumpul karena sahur sehingga makan makanan untuk sahur menjadi lebih enak jika dibandingkan harus makan sendiri di rumah.

Keempat adalah mengenalkan anak mengenai agama. Agama merupakan landasan hidup bagi seseorang sehingga ketika dewasa, anak akan terbiasa dan lebih dekat dengan sang Pencipta. Dengan cara ini, anak akan lebih mudah untuk bersyukur dan merasa tidak terpaksa ketika melakukan sesuatu misalnya shalat, berpuasa, melakukan zakat. Jika anak dekat dengan yang Maha Pencipta maka akan membuat anak menjadi lebih tenang dan lebih mudah untuk menghargai.

Kelima adalah membuat anak menjadi lebih menghargai sesama. Saat anak berpuasa, ajarkan mengenai indahnya berbagai dan hikmah puasa ramadhan saat berbagi dengan sesama. Lewat puasa, anak juga akan merasakan bagaimana harus menahan lapar dan dahaga serta pengendalian emosi, sehingga walaupun menemui orang yang kurang mampu dalam hal materi, anak dapat lebih mudah untuk menghargai dan tidak mencaci ataupun menghina orang lain karena keterbatasannya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *