Selesaikan Hutang dengan Usaha dan Iringi dengan Doa Melunasi Hutang

Selesaikan Hutang dengan Usaha dan Iringi dengan Doa Melunasi Hutang

Hutang memang kerapkali menjadi masalah yang tidak berpenghujung. Berbeda dengan dulu dimana hutang kerapkali hanya dilakukan untuk berbagai keperluan mendesak dengan sifat kebutuhan dan produktif, namun kini seiring dengan banyaknya tawaran dari lembaga keuangan yang mengklaim segala bentuk kemudahan, justru hutang hanya sebagai pemuas keinginan yang tidak ada habisnya sehingga berbuntut pada masalah panjang. Jika sudah begini, doa melunasi hutang seolah menjadi senjata ampuh dalam menyelesaikan permasalahan.

Mengandalkan doa melunasi hutang sebagai senjata untuk mendapatkan solusi memang bukan hal yang salah, namun jika Anda terus berdiam di rumah atau tempat ibadah untuk terus berdoa, maka darimana keajaiban Tuhan akan datang? Itulah mengapa manusia dituntut untuk berusaha setelah berdoa, sehingga semua permasalahan bisa menemukan solusi bukan hanya sekedar mengandalkan keajaiban dari doa semata. Umumnya jenis hutang yang paling umum dimiliki oleh banyak orang adalah hutang dari kartu kredit dimana dipakai dalam kebutuhan konsumtif. Jika memang benar keadaan seperti itu, maka berikut ini beberapa usaha yang bisa Anda lakukan demi menutup hutang:

  • Berhenti pakai kartu kredit

Jika Anda menyadari bahwa hutang kartu kredit semakin melambung tinggi, maka berhentilah sekarang juga untuk memakai kartu kredit Anda sehingga hutang tidak semakin menumpuk dan dibantu dengan doa melunasi hutang. Mulailah membayar dengan memakai uang tunai meskipun terbatas. Dengan keterbatasan uang itu, maka Anda juga akan bisa berusaha untuk membeli benda-benda yang memang dibutuhkan, buka sekedar keinginan.

bisnis online
  • Buat skala prioritas

Apabila Anda memiliki lebih dari satu kartu kredit, maka cara yang satu ini sangat wajib untuk Anda lakukan. Cara yang termudah adalah dengan berusaha untuk melunasi hutang yang memiliki bunga terbesar terlebih dulu sehingga Anda bisa lebih lega. Dengan menahan bunga yang besar, maka Anda akan terus di cekik oleh bunga tersebut. Itulah mengapa Anda dituntut untuk bisa memilah hutang yang berbunga terbesar terlebih dulu.

  • Menjual aset atau memakai uang cadangan

Kebanyakan kasus orang memiliki hutang adalah lantaran tidak memiliki cadangan uang. Namun jika memang Anda memiliki cadangan uang dimana Anda menyimpannya untuk keperluan lain, misalnya untuk DP mobil, atau tabungan sekolah anak, maka Anda bisa memakainya terlebih dulu sehingga Anda bisa bebas dari satu beban mencekik ini. Namun jika memang Anda tidak memiliki uang cadangan sama sekali, opsi selanjutnya adalah dengan menjual aset yang Anda miliki, misalnya kendaraan, emas atau benda berharga lainnya. Hal ini adalah harus Anda lakukan mengingat hutang selalu memiliki resiko wajib dibayar sehingga Anda harus bertanggungjawab secara penuh.

  • Cari pemasukan tambahan

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mendapatkan uang tambahan. Pemasukan ini bukan didapat dari hutang lain, melainkan melakukan pekerjaan tambahan sehingga bisa mendapatkan uang untuk membayar hutang. Anda bisa mencari pekerjaan sampingan di sela waktu pekerjaan Anda yang asli demi menambah pemasukan.

Usaha dan Doa Melunasi Hutang adalah Solusi

Banyak juga pelaku hutang ini yang menutup hutangnya dengan hutang lain dengan bunga kecil, namun cara ini tidak disarankan karena tetap beresiko. Oleh karena itu, lebih baik fokus saja akan pelunasannya dengan cara wajar sehingga tidak semakin membebankan pikiran. Pastikan untuk selalu mengiringi usaha dengan doa agar cepat melunasi hutang sehingga selalu ada harapan di dalam diri Anda terhadap keajaiban dari Tuhan. Jangan buat hutang menjadi masalah yang bisa menggoyahkan iman Anda.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *