Cara Mudah Atur Menu Buka Puasa yang Sehat

Cara Mudah Atur Menu Buka Puasa yang Sehat

Dengan mulai puasa Ramadhan, sudah saatnya kita menentukan menu buka puasa yang sehat dan mempunyai kandungan nutrisi super lengkap agar bisa membantu Anda tetap sehat selama menjalankan ibadah, dan tidak ada lagi masalah seperti lesu, letih dikarenakan puasa. Banyak orang yang balas dendam saat waktu berbuka sehingga ketika bulan puasa berakhir, berat badan mereka pun mengalami kenaikan yang sangat drastis. Sebenarnya, bagaimana cara mengatur menu untuk berbuka puasa ini?

Cara Mudah Atur Menu Buka Puasa yang Sehat

Pertama, pilih makanan sehat dan memasak menggunakan cara yang sehat. Pilih makanan seperti sayuran, buah, daging, susu dan kacang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang Anda miliki, variasikan menu makanan ini setiap hari. Hari pertama Anda dapat memasak kangkung, menggoreng tempe, dan diakhiri dengan buah semangka. Untuk hari kedua, pilih menu yang berbeda lagi. Pilih menu yang sederhana namun di masak dengan nikmat. Cara pemasakan pun juga tidak boleh sembarangan. Gunakan cara masak yang sehat. Coba mengolah makan dengan cara yang lebih sehat. apabila makanan bisa Anda kukus, lebih baik di kukus dibandingkan dimasak dengan cara digoreng. Metode pemasakan yang lebih tepat juga akan membuat makanan yang tersaji menjadi terjamin kesehatannya.

bisnis online

Kedua, setelah Anda menentukan menu buka puasa yang sehat, kontrol porsi makan yang Anda miliki. Usahakan Anda selalu mengontrol porsi makan. Sebisa mungkin, saat waktu berbuka tiba, usahakan selalu mengontrol porsi makanan yang Anda miliki. Hindari menjadikan momen puasa ini sebagai ajang untuk melakukan balas dendam. Selain itu, mengkonsumsi banyak makanan juga akan menyebabkan perut Anda menjadi buncit dan memberikan efek yang kurang nyaman. Oleh karena itu sebisa mungkin berhenti makan sebelum Anda kenyang.

Ketiga, selalu seimbangkan menu buka yang Anda siapkan. Agar bisa menentukan apakah menu yang Anda santap seimbang atau tidak, Anda dapat membagi piring Anda menjadi 3 bagian yakni seperempat untuk karbohidrat, seperempat lagi untuk daging dan setengah untuk sayuran. Mengapa malah sayuran yang lebih banyak? sayuran sangat diperlukan sebagai penjaga kesehatan selama bulan puasa. Oleh sebab itu untuk menjaga keseimbangannya, hindari kalori yang berlebihan dan konsumsi sayuran yang lebih banyak.

Terakhir, usahakan pilih menu buka puasa yang bervariasi. Jangan memilih satu menu saja, namun pilih menu yang lebih bervariasi agar dapat membantu tubuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang Anda perlukan. Asupan menu yang lebih bervariasi dapat mencegah tubuh Anda kekurangan nutrisi. Bayangkan jika sebulan penuh Anda harus mengkonsumsi satu menu itu saja, selain itu jangan memperbanyak konsumsi daging. Pengonsumsian daging juga memberikan efek yang kurang baik untuk tubuh Anda, jadi sebisa mungkin seimbangkan menu, masak dengan benar, hindari kekenyangan dan bervariasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *