Cara Belajar Internet Marketing yang Bisa Diterapkan

Cara Belajar Internet Marketing yang Bisa Diterapkan

Kemajuan jaman menyebabkan kemajuan teknologi yang dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Salah satunya adalah dengan menggunakan internet untuk marketing atau untuk pemasaran. Bagi pebisnis, misalnya pebisnis online shop, mau tidak mau harus belajar internet marketingDengan mengetahui cara untuk memasarkan secara online yang tepat maka kemungkinan pendapatan dan penjualan juga akan menjadi lebih meningkat.

Sayangnya, untuk dapat mengerti dan paham mengenai internet marketing, tidak dapat dilakukan sembarangan. Hal tersebut dikarenakan jika salah dalam pengaplikasiannya, tidak hanya akan membuang uang dengan percuma namun juga dapat menyebabkan waktu terbuang dengan percuma. Untuk dapat belajar mengenai internet marketing, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan yang masing-masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan.

Pertama adalah belajar sendiri atau belajar secara otodidak. Cara ini banyak dilakukan di masyarakat karena berbagai macam faktor misalnya tidak memiliki uang untuk les tambahan internet marketing. Belajar secara otodidak juga dapat menjadi pilihan di kala tidak ada orang yang dapat memberi tahu atau mengajarkan mengenai internet marketing. Banyak yang gagal dengan cara ini namun tidak sedikit orang yang sukses dengan cara pembelajaran ini. Tips untuk belajar secara otodidak adalah dengan bergabung di forum tertentu mengenai internet marketing atau bertanya langsung ke orangnya. Kelemahannya, waktu yang digunakan untuk belajar lebih lama dan bingung bahkan berbagai pertanyaan di kepala tidak akan terjawab.

keuntungan internet marketing

Kedua adalah dengan cara seminar. Saat ini banyak seminar yang mengajak untuk belajar internet marketing bersama. Lama waktu untuk seminar atau workshop tergantung dari penyelenggara namun umumnya hanya sekitar 2-5 jam walaupun ada yang lebih lama bahkan hingga 2 hari. Untuk mengikuti workshop ini, Anda harus mendaftar atau mendapatkan tiket terlebih dahulu. Keunggulannya, Anda dapat bertanya langsung kepada pembicaranya terkait dengan masalah yang belum Anda mengerti. Namun kekurangannya, ilmu yang Anda serap tidak maksimal karena ilmu tersebut diberikan secara langsung dan bertubi-tubi dalam jangka waktu yang singkat dan hanya diberi buku atau CD untuk pendalaman lebih lanjut.

Ketiga adalah dengan kursus. Terdapat 2 jenis kursus untuk internet marketing yaitu kursus secara langsung dan kursus online. Anda membutuhkan biaya kursus yang bahkan dapat mencapai jutaan untuk tingkatan tertentu. Jika kursus secara langsung ke orang yang ahlinya, sistemnya seperti saat Anda belajar di pendidikan non formal. Nantinya Anda harus masuk ke kelas yang telah ditentukan misalnya 3 kali dalam seminggu sesuai dengan program yang Anda pilih misalnya program beginner. Kelebihannya, Anda dapat belajar secara bertahap dan jika ada yang kurang dimengerti dapat bertanya langsung ke ahlinya sehingga Anda akan mendapatkan follow up.

Cara Belajar Internet Marketing yang Bisa Diterapkan

Selain belajar secara langsung dengan ahlinya, Anda dapat melakukan pembelajaran dengan menggunakan media internet. Belajar internet marketing lewat cara online, tidak berbeda dengan kursus internet marketing secara langsung. Anda tetap dapat berkomunikasi langsung dengan mentor Anda dengan menggunakan internet misalnya menggunakan video call atau dengan sosial media. Waktu belajar yang dapat dipilih biasanya lebih fleksibel, misalnya dilaksanakan pagi, sore atau malam hari dan tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak dan biasanya Anda juga akan mendapatkan video atau software mengenai cara berinternet marketing. Akan tetapi, kelemahannya adalah Anda tidak dapat menunjukkan kepada mentor Anda secara jelas mengenai bagian mana yang kurang dimengerti dan mau tidak mau harus bertemu untuk menanyakannya lebih lanjut.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *