Biaya Transfer Antar Bank Lewat Mesin ATM dan Keuntungannya

Biaya Transfer Antar Bank Lewat Mesin ATM dan Keuntungannya

Memang perlu diakui bahwa biaya transfer antar bank tidak bisa disebut murah, dan oleh karenanya perlu teliti dalam mentransfer sejumlah dana kemana. Biaya potongan untuk administrasi setiap transfer ke rekening bank lain menggunakan mesin ATM memang bisa dikatakan tidak seberapa. Sejak November 2014 lalu, biaya transfer ke bank lain adalah Rp 6.500 per transaksi. Meski begitu mengingat semakin maraknya transaksi belanja online membuat angka transaksi antar bank tidak mengalami penurunan sama sekali namun justru sebaliknya.

Hal ini tidak terlepas dari berbagai keuntungan yang diberikan ketika melakukan transaksi melalui mesin ATM, keuntungan tersebut antara lain:

  1. Transaksi bisa dilakukan kapan saja,

Jika zaman dahulu kebutuhan untuk memindahkan sejumlah dana ke rekening lain atau ke rekening bank lain harus bertemu langsung dengan Teller bank. Artinya harus dilakukan di jam operasional layanan bank tersebut maka transaksi akan terbatas waktunya. Namun seiring berjalannya waktu semakin banyak perbaikan dilakukan perbankan untuk memenuhi transaksi yang banyak jumlahnya oleh nasabah. Maka muncullah mesin ATM dan kartu debit di dalamnya yang bisa memindahkan sejumlah dana kapanpun dan dimanapun.

  1. Pengiriman uang akan lebih cepat,

Kebutuhan untuk mengirimkan uang zaman sekarang akan lebih cepat, sebab saat uang dikirim maka saat itu juga uang akan diterima. Proses transaksi kilat ini berlangsung sejak munculnya teknologi ATM sehingga tidak harus menunggu beberapa hari. Baru uang yang dikirimkan diterima oleh pihak yang dituju, hal ini menjadikan segala bentuk transaksi keuangan perputarannya menjadi lebih cepat. Terlebih sekarang ini semua perbankan menyediakan produk layanan tabungan online untuk kenyamanan bertransaksi dengan mudah dan juga cepat.

  1. Semua transaksi bisa dilakukan di mesin ATM,

Jika dahulu orang memanfaatkan mesin ATM untuk penarikan uang tunai dan pengiriman uang ke rekening lain. Maka sekarang ini semakin banyak jenis transaksi yang bisa dilakukan melalui mesin ATM tanpa harus pindah ke tempat lain. Mulai dari pembayaran pemesanan tiket transportasi, pembelanjaan pulsa, pembayaran tagihan listrik, telepon, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya memberikan kenyamanan bagi setiap pemegang kartu debit maupun kredit untuk bisa memenuhi segala kebutuhan tagihan dengan mudah dan cepat.

Baca Juga : 6 Tips Memanfaatkan Layanan UangTeman Secara Maksimal

Mesin ATM kini masih banyak digunakan sebab memang memberikan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan segala bentuk transaksi keuangan. Meskipun sudah ada layanan mobile yang lebih fleksibel, seperti internet banking, sms banking, dan lain sebagainya. Tetap saja untuk kebutuhan tertentu, semisal saja penarikan uang tunai, dan beberapa lainnya masih membutuhkan mesin ATM. Mengingat ada transaksi keuangan di dalamnya usahakan teliti dalam melakukan penarikan dan pembayaran di mesin ATM tersebut. Jika ingin hemat bertransaksi elektronik maka perhitungkan biaya transfer antar bank dan memilih bank sejenis.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *