4 Tips Agar Tidak Khawatir Saat Kuliah Kelas Karyawan

4 Tips Agar Tidak Khawatir Saat Kuliah Kelas Karyawan

Bekerja namun ingin melanjutkan kuliah? Tenang saja, kini sudah bisa memanfaatkan program kuliah kelas karyawan yang disediakan oleh beberapa universitas dan akademik. Anda bisa dengan mudah menemukan tempat kuliah yang tepat dengan jam kelas yang memang fleksibel bagi kalangan karyawan. Memang benar, semakin kesini kelas karyawan semakin banyak diminati bahkan beberapa kampus sengaja menyediakan kelas di akhir pekan. Tentunya menjadi angin segar bagi siapa saja yang ingin kuliah namun tidak memiliki biaya.

Sehingga sembari bekerja dan mencari rezeki, impian untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi bisa dilakukan. Meski terdengar mudah nyatanya setiap orang yang mengambil kelas karyawan ini kerap kelimpungan sendiri. Betapa tidak, waktu dan tenaga kini harus bisa dibagi ke dalam dua tempat berbeda yang sama-sama memerlukan eksistensi dan konsentrasi. Beberapa orang justru sengaja mengalah dan memilih salah satu karena mengalami berbagai kesulitan.

Mengapa Terasa Sulit?

Ketika seorang mahasiswa di kelas karyawan ditanya pernahkah merasa kesulitan, sudah tentu jawabannya adalah ‘iya’. Ada banyak alasan kesulitan selama masa kuliah sembari bekerja ini terjadi, seperti:

  • Memiliki pekerjaan yang lumayan berat sehingga menyita banyak tenaga dan pikiran.
  • Jam kerja yang kurang ramah, misal sering overtime atau sering ke luar kota.
  • Gaji yang minim sehingga biaya kuliah terasa semakin berat.
  • Dan lain sebagainya.

Baca Juga : Bisnis Sampingan Karyawan yang Fleksibel

Tips Sukses Kuliah Sembari Bekerja

Ketika Anda memutuskan mengambil kuliah kelas karyawan usahakan untuk sudah terlebih dahulu menimbang baik dan buruknya. Supaya terasa semakin mudah, ada baiknya menyimak beberapa tips berikut ini:

bisnis online
  1. Memastikan orang kantor tahu pilihan Anda,

Memutuskan kuliah sementara Anda bekerja baiknya tidak asal mendaftar kuliah saja, ada baiknya memastikan orang kantor tahu dengan keputusan tersebut. Akan lebih baik jika dibicarakan dulu dengan atasan untuk mendapatkan izin. Jikalaupun tidak mendapat dispensasi jam kerja dan tanggung jawab, setidaknya di jam kuliah Anda tidak diganggu masalah pekerjaan.

  1. Belajar untuk mengatur waktu dengan baik,

Managemen atau pengaturan terhadap waktu menjadi keterampilan yang sangat wajib diasah tatkala Anda memutuskan untuk kuliah sembari bekerja. Usahakan cermat dalam membagi waktu supaya sisa waktu yang terbatas bisa dipakai untuk mengerjakan tugas ataupun belajar materi kuliah. Keputusan kuliah diluar jam kantor bukanlah hal mudah, sebab tenaga, pikiran, bahkan uang yang Anda miliki akan keluar terus-menerus. Usahakan lebih rajin dan menghargai waktu supaya tidak keteteran.

  1. Jaga kesehatan secara maksimal,

Supaya kedua aktifitas yang berbeda jalur ini bisa berjalan beriringan, yakni kuliah dan pekerjaan kantor. Usahakan untuk menjaga kesehatan Anda sebaik-baiknya, mulailah memperbaiki pola makan dengan makanan sehat dan bersih serta teratur. Selain itu pastikan kebutuhan istirahat Anda terpenuhi dengan baik supaya setiap pagi sudah fit kembali. Mengingat segudang aktifitas di kantor yang menyita tenaga dan pikiran perlu ditekuni sepenuh hati agar rekening tetap terisi.

  1. Cerdas menjaga fokus,

Orang yang fokus akan selalu berhasil dengan usaha apapun yang dilakukan, Anda pun bisa demikian asalkan memiliki niat. Mulailah untuk mengatur fokus di genggaman Anda supaya saat kuliah Anda murni memikirkan kuliah. Sebaliknya, saat berada di kantor pikiran Anda murni ditujukan untuk masalah di tempat kerja. Awalnya memang sulit terlebih jika cobaan datang pada keduanya, otomatis niat Anda kendor. Mulailah mempersiapkan diri sebelum mengambil kuliah kelas karyawan supaya hasilnya sesuai prediksi.

4 Tips Agar Tidak Khawatir Saat Kuliah Kelas Karyawan

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *