4 Alasan Adanya Persyaratan KTA Bank BRI

4 Alasan Adanya Persyaratan KTA Bank BRI

Mengajukan KTA Bank BRI sering dijadikan alternatif oleh mereka yang kebetulan membutuhkan dana pinjaman dalam jumlah terbatas. Namun ingin segera mendapatkan dana pinjaman sebab dihadapkan pada situasi yang mendadak. Bank BRI menawarkan produk pinjaman yang tidak memerlukan agunan dengan persyaratan umum yang tentunya sangat mudah. Sebagai pihak yang membutuhkan dana tunai pastikan semua persyaratan mudah tersebut sudah dilengkapi, dan pastikan semuanya mendukung pencairan dana pinjamannya.

Apa Saja Persyaratan Pengajuan KTA di Bank BRI?

Sebagai bank terbesar yang menjadi pelopor lembaga keuangan profesional, Bank BRI kini dikelola oleh BUMN dan menjadi bank besar terkemuka di tanah air. Produknya pun dijamin beragam sekaligus memudahkan masyarakat untuk bisa menikmatinya. Tidak terkecuali pula untuk produk pinjaman, baik yang memerlukan jaminan ataupun yang tidak. Persyaratan untuk pinjaman tanpa agunan secara umum adalah:

  • Kartu identitas diri (KTP, SIM, dll).
  • Slip gaji, dan
  • Kartu kredit.

Mengapa Calon Aplikan KTA Butuh Kartu?

Tidak hanya Bank BRI saja, namun semua bank yang menyediakan produk pinjaman jenis KTA mewajibkan persyaratan berupa kepemilikan kartu kredit. Sehingga dapat diartikan mereka yang mendapatkan pinjaman tanpa agunan minimal berpenghasilan Rp 3 juta/bulan. Selain untuk menentukan batas minimal penghasilan calon penerima dana KTA, kepemilikan kartu kredit ternyata punya andil lebih besar. Berikut beberapa:

  1. Mengecek jumlah hutang bulanan,

Kartu kredit yang dimiliki calon penerima KTA Bank BRI bisa menjadi sarana untuk melihat seberapa besar tanggungan hutang bulanan yang dimiliki.Sehingga bisa mengira-ngira kondisi finansial calon kreditur dengan memperhatikan kisaran nilai tagihan kartu kredit dengan sisa penghasilan. Apabila sisanya masih aman untuk membayar angsuran KTA dan memenuhi kebutuhan pribadi maka aplikasi KTA pun akan semakin besar kesempatannya untuk disetujui. Apabila sebaliknya, maka pertimbangkan untuk mencoba produk kredit lainnya.

  1. Pembayaran tagihan tepat waktu atau tidak,

Tenor untuk pelunasan KTA biasanya bertempo singkat sebab nilai pinjamannya lumayan terbatas namun persyaratan mudah dan proses dana cair lebih cepat. Apabila memiliki kartu kredit maka pihak bank bisa menganalisa lebih dalam kemampuan kreditur dalam membayar tagihan dan hutang. Semakin sering molor atau telat membayar tagihan kartu kredit semakin menandakan calon kreditur mengabaikan kewajibannya. Sehingga kesempatan untuk mendapatkan pinjaman jenis KTA akan semakin kecil, sehingga bank mencari yang pembayaran tagihan kartu kreditnya lancar dan tepat waktu.

Baca Juga : Etika Saat Berhutang ke Lembaga Non Bank

  1. Mengecek performa pemakaian kartu kredit,

Pemakaian kartu kredit pun akan dicek secara mendetail oleh pihak bank, sehingga pemiliknya pun minimal sudah aktif menggunakan kartu kredit selama satu tahun. Apabila baru dimiliki beberapa bulan maka aplikasi KTA biasanya pun akan sulit untuk disetujui. Performa kartu kredit juga menunjukan kemampuan membayar calon penerima dana KTA. Sebab selama setahun riwayat kartu kredit tidak akan bisa menipu petugas bank, sebab ada banyak hal bisa terjadi. Seperti tarik tunai terlalu tinggi, over limit, dan sebagainya.

  1. Cek limit kartu kredit,

Biasanya semakin besar limit kartu kredit maka penghasilannya pun akan semakin besar pula, sehingga jumlah pinjaman tanpa agunan bisa semakin besar. Sayangnya lolosnya aplikasi KTA tidak dilihat dari seberapa tinggi limit kartu kredit yang dipegang, namun lebih kepada riwayat penggunaannya. Bijak dalam memakai kartu kredit sekaligus rajin membayar tagihan menguatkan posisi aplikasi KTA Bank BRI disetujui. Adanya limit kartu kredit akan membantu petugas bank memberikan limit pinjaman KTA yang sesuai kemampuan calon kreditur.

BRI menjadi salah satu bank yang ada di Indonesia dengan jumlah nasabah terbanyak, tersebar hingga ke seluruh daerah bahkan pelosok-pelosok membuatnya dikenal sebagai bank yang merakyat. Bukan hal yang mustahil jika seandainya masyarakat akan langsung menuju kesini jika membutuhkan sebuah pinjaman. Sama halnya dengan bank-bank yang lainnya selain produk dalam bentuk tabungan atau simpanan BRI juga tawarkan bantuan kredit bagi yang membutuhkan, mulai dari kredit multiguna hingga KTA bank BRI.

Serba-serbi produk tersebut dapat dijadikan sebagai pilihan bagi yang membutuhkan. Tahukah Anda bahwa sebenarnya BRI ini berani tawarkan pinjaman KTAdengan nilai yang sangat fantastis, hingga 1 milyar. Jika umumnya bank-bank lain hanya berani memberikan tawaran mulai dari 5 hingga 200 juta maka berbeda dengan BRI. Dengan ketentuan khusus tentunya Anda bisa dapatkan nilai kredit yang sangat fantastis tersebut. Namun sebagai konsumen yang cerdas tentunya banyak pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum mengajukan kredit.

kenapa harus pengajuan di kta bank bri ?

Adapun konsekuensi kredit baik itu untuk KTA bank BRI atau yang lainnya, diantaranya adalah:

  1. Ada nilai suku bunga yang harus dibayarkan tiap cicilan, nilai bunga tiap bank umumnya berbeda, namun dengan jenis perhitungan yang sama, yaitu mereka hanya melihat dari berapakah tenor yang Anda pilih. Misalkan saja tenor 1 tahun dengan maksimal 3 tahun. Dengan tenor 1 tahun umumnya Anda dikenakan cicilan antara 5 hingga 25% saja, namun akan bertambah menjadi 3 kalinya saat memilih jangka waktu lebih lama.
  2. Sanggup melunasi, berbeda dengan pinjaman yang Anda dapatkan dari keluarga atau mungkin bank. Saat Anda benar-bear tak mampu untuk melunasi mungkin mereka akan dengan mudah mengikhlaskan. Namun instansi ini tidak, kemanapun Anda pergi, bahkan hingga ke ujung dunia maka akan dikejar. Mengingat KTA ini juga berbeda dengan pinjaman multiguna dimana bank mendapatkan jaminan dalam bentuk-bentuk tertentu.
  3. Denda tetap berlaku, pada dasarnya setiap transaksi dengan bank memang penuh dengan hitung-hitungan, banyak denda yang diberlakukan, baik itu Anda yang telat membayar bahkan yang sudah membayar dengan rajin, namun ingin melunasi sebelum waktunya juga akan dikenakan biaya penalty. Umumnya jumlah bergantung pada kebijakan masing-masing bank.

4 Alasan Adanya Persyaratan KTA Bank BRI

Cermat di dalam memilih jenis pinjaman dan juga lembaga yang akan dipilih tentunya sangat penting. Untuk itu sebaiknya pertimbangkan dulu beberapa al ini sebelum Anda ingin mengajukan pinjaman KTA, diantaranya adalah:

  1. Berapa sebenarnya nilai pinjaman yang Anda butuhkan, dengan melihat dari nilai pinjaman saja nantinya Anda akan menemukan tempat yang tepat. Jika kurang dari 10 juta usahakan jenis pinjaman pribadi dengan teman atau keluarga karena tak terlalu memberatkan.
  2. Bagaimana dengan gaji yang didapatkan, apakah Anda termasuk seorang wirausaha atau pegawai dengan penghasilan tetap, patut untuk diketahui bahwa KTA hanya dikhususkan bagi pegawai berpenghasilan tetap.
  3. Tetap harus ada jaminan, meski bukan jenis pinjaman multiguna jaminan ini menjadi bagian penting yang harus Anda miliki. Jika nantinya sudah berada di luar jangkauan sebaiknya gunakan aset Anda untuk menutup hutang sebelum membengkak terlalu besar.
  4. Pastikan untuk memilih bank terbaik, bank yang memiliki kepercayaan dan dengan nilai suku bunga yang tak memberatkan nasabah.

KTA bank BRI adalah salah satunya, karena selain lembaga tersebut juga masih banyak instansi keuangan lain yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan.

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. Dimdim wardiman berkata:

    kalu peminjaman dana tunai menggunakan jaminan JAMSOTEK / BPJS, Jamina hari tua
    maksimal besarnya pinjaman berapa ? dan persaratannya apa saja ?
    terimakasih

  2. Kornelis berkata:

    Tolong di permudah persaratanya dong kalu persaratanya harus ada dulu kartu kredit sedangkan nasaba ke banyakan gak punya kartu kredit

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *