4 Macam Investasi Syariah Halal

4 Macam Investasi Syariah Halal

Bagi Anda kaum muslimin yang ingin segera memulai berinvestasi dengan halal, Anda sudah dapat menabungkan uang Anda di dalam investasi syariah. Sekarang ini banyak sekali yang ingin menginvestasikan masa depannya di dalam sebuah investasi. Namun, sebagian orang yang beragama muslim, terkadang ragu untuk memulai berinvestasi terhadap produk-produk yang diberikan oleh Bank atau Sekuritas. Padahal, mereka tidak perlu takut untuk memulainya.

investasi syariah mandiri

Di dalam investasi syariah, para nasabah yang berinvestasi didalam produk keuangan syariah jelas tidak mendapat keuntungan berupa bunga atau yang dinamakan dengan riba. Kebanyakan perusahaan perbankan mengelola investasi dalam bentuk syariah memperoleh keuntungan dengan cara bagi hasil. Dimana nasabah dan bank nya memiliki keuntungan yang sama atau berbeda, namun dari suatu hasil keuntungan yang dibagi bersama. Dan juga keuntungan yang di dapat untuk kedua belah pihak tidak bisa diketahui secara pasti persentasenya. Sejak awal perjanjian, yang didapatkan oleh nasabah bisa saja jauh lebih besar dengan sistem bunga. Karena sistem bagi hasil tidak pernah tahu kapan untung dan ruginya.

Investasi halal yang dapat Anda lakukan ada beberapa cara, diantaranya:

  • Investasi tanah atau bangunan

Nilai investasi yang ada di dalam tanah dan bangunan sangat menguntungkan untuk jangka panjang. Setiap tahunnya, nilai jual tanah selalu meningkat pesat. Ini didorong oleh faktor, dimana semakin banyaknya manusia yang lahir di dunia ini. Dengan semakin tumbuhnya populasi penduduk yang ada di Indonesia. Ini menandakan bahwa kebutuhan akan tempat tinggal juga meningkat. Sedangkan dunia ini tak dapat berisi hanya rumah, dunia memerlukan hutan, lahan sawah, lahan produksi, dan lain sebagainya. Sehingga kebutuhan akan tanah dan rumah sangat diinginkan oleh banyak orang.

  • Investasi emas

Salah satu produk investasi yang memang menguntungkan untuk jangka panjang adalah emas. Dimana kenaikan nilai jual emas selalu meningkat 15 persen setiap persennya. Logam mulia satu ini memang tidak pasti kenaikannya 15 persen, namun range kenaikan yang dicapai adalah 10 hingga 20 persen. Sehingga rata-rata kenaikan yang didapat yaitu sebesar 15 persen. Jika Anda berinvestasi dengan produk ini, Anda dapat menjualnya paling cepat 5 tahun.

  • Deposito bagi hasil

Produk satu ini menawarkan tabungan berbasis deposito bagi hasil. Dimana Anda dapat menabungkan uang dengan sejumlah nominal yang ditentukan, dan dapat diambil dalam tempo tertentu. Seperti 5 atau 10 tahun kedepan. Dan mendapatkan hasil dari pembagian keuntungan. Prinsip yang digunakan dalam investasi ini yaitu prinsip mudharabah muthlaqah. Dimana bank akan mengelola dana dari nasabah yang telah diinvestasikan secara produktif dan menguntungkan, tak lupa memenuhi prinsip yang sesuai dengan hukum islam. Dimana pembagian hasil sesuai dengan yang disepakati bersama.

  • Reksadana syariah

Reksadana adalah investasi yang berupaya wadah pengumpul dana, dimana dana tersebut akan digunakan sebagai portofolio investasi. Yang mana nantinya akan sebagai modal suatu perusahaan untuk dimasukkan ke dalam investasi lainnya, semacam obligasi, saham, dan lain sebagainya. Sifatnya sangat transparansi, nasabah dapat melihat uang yang diinvestasikan telah digunakan untuk modal apa saja. Segala pengelolaan modal digunakan untuk hal-hal yang berbau halal. Jika digunakan di dalam perputaran bisnis yang kurang halal. Di akhir pengembalian keuntungan, ada proses cleansing. Dimana membersihkan hal yang tidak halal, menjadi sepenuhnya halal. Investasi syariah ini dilaksanakan oleh manajer investasi, yang prosesnya tidak berkaitan dengan riba, maysir, dan gharar.

Menjadi pengusaha tentu saja membutuhkan dana yang segar sebagai cara untuk memperbesar usaha yang dijalani. Dengan tentu saja kesuksesan akan dengan mudah diraih. Namun dalam memilih kredit disarankan menggunakan basis syariah. Menggunakan basis syariah tentu saja akan dengan mudah menghindari kemungkinan terjadinya praktek riba, keuntungan yang tidak dibagikan dengan cara merata, sesuai aturan Islam dan masih banyak lainnya. Selain itu tentu saja akan ada kelebihan lainnya yang akan dirasakan apabila menggunakan model investasi syariah yang sebaiknya diketahui berikut ini.

Beberapa kelebihan yang akan didapatkan antara lain yaitu:

  • Banyak produknya

Jangan sampai Anda ketinggalan berita mengenai produk yang diberikan bank dengan basis syariah. Bank dengan menggunakan basis demikian tentu saja memiliki produk yang tak kalah banyak dengan sistem konvensional dalam memenuhi kebutuhan nasabahnya. Beberapa jenis produk yang berbasis syariah antara lain yaitu pinjaman, bagi hasil, jual beli, jasa dan sewa. Dengan demikian tentu saja tak heran bank syariah tentu saja seiring perkembangannya semakin maju.

  • Sistem operasinya

Apabila Anda menggunakan jenis kredit dari bank tentu saja akan membantu dalam memberikan sistem operasi yang tepat. Sistem operasi yang ada dalam bank ini lebih mengutamakan ketentuan yang dimiliki dalam Islam. Sehingga akan lebih mudah dalam menjamin keamanan dan kenyamanan nasabahnya. Pastikan bahwa Anda menggunakan pinjaman yang demikian untuk mendapatkan hasilnya sesuai dengan keinginan yang diharapkan.

  • Prinsip keadilan

Pemilihan investasi syariah oleh kebanyakan orang sebab menggunakan prinsip keadilan didalamnya. Prinsip ini dapat dilihat dari hubungan yang terjalin antara nasabah dengan bank yang harmonis. Dengan demikian akan didapatkan tidak akan diberikan kecurangan yang mungkin saja dilakukan. Hal ini memperhatikan adanya hubungan yang menyangkut asas kekeluargaan dan juga adanya hubungan dengan saling mendukung.

  • Menghindari unsur pemaksaan

Apabila menggunakan sistem kredit yang dilakukan dengan cara syariah tentu saja akan membantu dalam mendapatkan hasil yang diinginkan. Hasil tersebut akan dimiliki karena menghindari adanya unsur pemaksaan. Jika nasabah dirasakan kesulitan dalam membayar karena satu dan lain hal tentu saja dapat dibicarakan dengan baik. Biasanya bank dengan basis syariah tidak akan ada penekanan seperti konvensional. Sehingga meringankan beban psikologis yang dimiliki oleh nasabahnya.

  • Penerapan sistem pembagian

Dalam peningkatan kerjasama yang dilakukan tentu saja meniadakan sistem bunga. Yang ada hanyalah sistem bagi hasil yang tidak akan merugikan pihak dari manapun. Sehingga Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan kredit yang diberikan. Hal ini akan membantu dalam menghindari beban bunga yang terlalu tinggi. Anda tentu saja mengetahui bahwa bunga yang terlalu tinggi hanya akan membuat nasabahnya kesulitan dalam membayar bunga yang ada.

  • Menerapkan prinsip syariah

Apabila Anda menggunakan sistem pinjaman ini akan membantu dalam menggunakan prinsip syariah. Dengan adanya prinsip tersebut tentu saja Anda akan merasa lebih aman. Sehingga semua pihak tentu saja mengetahui mengenai pengetahuan hal ini. Tentunya akan membantu dalam mendapatkan segala penghasilan yang ada membawa keberkahan untuk semua pihak yang melakukan sistem perbankan.

  • Manajemen yang baik

Menggunakan prinsip yang dimiliki sistem syariah terbukti lebih ampuh dalam hal manajemen yang ada. Hal ini terbukti dari saat krisis terjadi dan bank konvensional membutuhkan dana segar. Namun apabila bank syariah dapat terbukti untuk bertahan bahkan membuka cabang baru. Tentu saja hal ini merupakan sebuah angin segar bahwa investasi syariah tentu saja akan menjadi lebih aman.

4 Macam Investasi Syariah

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *