4 Kelebihan Menjalani Usaha Jasa Dalam Skala Bisnis Rumahan

4 Kelebihan Menjalani Usaha Jasa Dalam Skala Bisnis Rumahan

Ada banyak sekali jenis usaha jasa yang bisa Anda jalankan, dan menentukan pilihan cukup disesuaikan dengan keahlian. Menekuni usaha memang pilihan cerdas untuk bisa terus mendapatkan pemasukan meski usia sudah tidak bisa disebut produktif. Menjadi pengusaha memungkinkan Anda menjadi seorang atasan dan memiliki wewenang untuk menemukan masa depan usaha yang dirintis. Menariknya, bidang usaha ada banyak dan yang cukup menarik adalah di bidang jasa yang bisa dikatakan punya banyak kelebihan.

Kelebihan Menekuni Usaha di Bidang Jasa

Jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat sangatlah banyak dan bisa dijadikan sumber inspirasi untuk menekuni usaha sendiri. Usaha di bidang produk non jasa juga tidak kalah banyak dan dituntut punya kreatifitas tinggi supaya hasil produksi diminati banyak orang. Tidak sedikit yang sukses dengan usaha jenis ini, namun melirik usaha yang menjual jasa rupanya banyak pula daya tarik yang dimilikinya. Ada baiknya Anda mengenali peluang usaha jenis ini karena masa depannya cerah dan keuntungan tanpa batas.

Jika dibandingkan dengan usaha non jasa yang memiliki kewajiban menciptakan atau menyediakan produk berfisik. Usaha jasa yang menawarkan jasa punya beberapa kelebihan yang membuatnya jauh lebih menarik dipilih, diantaranya adalah:

  1. Kebutuhan modal yang mudah ditekan,

Kalau diperhatikan dibandingkan usaha menjual produk berfisik, menjual jasa jauh lebih mudah dirintis karena kebutuhan modalnya lebih terbatas. Anda bisa hanya menawarkan jasa dan mengandalkan peralatan seadanya, dan tetap menerima penghasilan.

  1. Lebih mudah untuk ditawarkan,

Produk usaha jasa tentu tidak memiliki fisik dan menariknya memiliki target pasar yang sudah ditentukan sejak awal. Misalnya saja jasa seorang dokter gigi, tentunya hanya menerima pasien yang bermasalah dengan kesehatan gigi. Anda tidak harus bersaing secara ketat dengan pelaku usaha sejenis karena masing-masing punya ciri khas yang bisa dijual ke konsumen. Anda cukup memasang brosur atau memasang iklan menyediakan jasa tertentu dan konsumen datang dengan sendirinya.

  1. Peminat yang jumlahnya tidak sedikit,

Berbeda dengan usaha berupa produk berfisik yang akan mengenal kejenuhan pasar sehingga inovasi dilakukan secara terus-menerus. Sementara usaha di bidang jasa tidak demikian dan apapun bentuknya peminat atau yang membutuhkan tetaplah banyak. Anda yang ingin sebuah usaha langgeng dan memberikan keuntungan dalam tempo singkat bisa memilih usaha bidang jasa ini. Tidak perlu inovasi kontinyu, cukup sajikan hasil kerja maksimal maka konsumen akan terus bertambah.

  1. Tidak memerlukan ruang usaha yang luas,

Menjual sebuah barang tentu perlu menyediakan persediaan produk jualan, misalnya berjualan telur ayam. Sudah tentu tidak cukup hanya menyediakan satu atau dua krat telur melainkan lebih banyak lagi supaya pembeli tidak kecewa karena kehabisan. Anda butuh ruang luas untuk menyimpan barang dagangan, sementara jika menjual jasa malah sebaliknya. Anda tidak harus mengembangkan luas lahan usaha karena jasa tidaklah memiliki fisik, produk usaha ini disimpan di dalam otak.

Menjual sebuah jasa tidak memerlukan banyak modal, namun ilmu untuk menyediakan jasa ini dibeli dengan dana yang lumayan. Seseorang perlu belajar secara bertahap sampai ilmu tersebut bisa dijual dalam bentuk jasa. Ketika ilmu sudah dikuasai maka usaha bisa langsung digelar dan kebutuhan modalnya tidak terasa berat. Usaha yang menjual barang tentu butuh modal tidak sedikit untuk memulai proses produksi, pengemasan, pemasaran, dan sebagainya. Jika sulit dijangkau Anda bisa beralih haluan ke usaha jasa yang prospeknya terjamin.

Usaha Jasa dalam Skala Bisnis Rumahan

usaha jasa pakaian

Memiliki bisnis dalam bidang jasa, memang dapat menghasilkan keuntungan tersendiri bagi pemiliknya. Selain memiliki nilai modal yang kecil, bisnis dalam bidang jasa pun dapat dilakukan tanpa harus kita memiliki tempat usaha yang luas. Hanya dengan mengandalkan kemampuan dan kecakapan kita dalam memberikan sebuah jasa, keuntungan dapat kita peroleh dengan maksimal. Anda penasaran usaha jasa apa saja yang memang memiliki modal kecil, namun menjanjikan keuntungan besar? Berikut ini sedikit ulasan mengenai usaha-usaha tersebut.

Untuk melakukan usaha dalam bidang jasa ini, Anda dapat memanfaatkan lahan atau ruangan kosong yang memang ada di tempat Anda. Selain itu pemanfaatan barang ataupun peralatan yang telah Anda miliki, juga dapat Anda lakukan untuk memulai usaha ini dalam skala kecil. Bahkan beberapa bisnis jasa, juga dapat Anda kerjakan dengan sistem online, sehingga tidak mengharuskan Anda untuk memiliki tempat usaha sendiri yang luas.

Berikut ini beberapa jenis usaha jasa, yang dapat Anda lakukan dari rumah, tanpa harus memiliki tempat usaha yang luas, antara lain adalah:

  • Jasa permak dan jahit pakaian, usaha ini sangat cocok dilakukan oleh Anda yang memang memiliki hobi dalam hal menjahit. Dengan memanfaatkan mesin jahit yang telah Anda miliki, Anda dapat memulai bisnis jasa jahit dari rumah Anda dalam skala kecil, dengan segmen pasar warga disekitar tempat tinggal Anda.
  • Bisnis jasa laundry, bisnis ini sangat cocok dijalankan oleh para ibu rumah tangga, yang memang memiliki waktu longgar. Dengan memanfaatkan mesin cuci, yang saat ini pastinya dimiliki dalam setiap rumah tangga, bisnis pencucian pakaian ini dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan bagi Anda.
  • Bisnis / Usaha jasa pembayaran online, bisnis ini memang sedang marak dilakukan oleh banyak kalangan karena memang dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan. Hanya dengan memanfaatkan smartphone ataupun PC yang dimiliki, bisnis ini dapat dijalankan oleh siapa saja.
  • Jasa antar jemput anak sekolah, bisnis jasa ini akan dapat Anda jadikan sebagai ladang penghasil keuntungan yang besar, jika memang Anda mengetahui sekolah-sekolah mana saja yang tidak menyediakan fasilitas antar jemput bagi siswanya. Selain itu Anda juga dapat menawarkan jasa ini kepada tetangga sekitar yang memang tidak memiliki banyak waktu untuk mengantar dan menjemput anak mereka.

Selain dapat dilakukan oleh para anggota keluarga, bisnis jasa yang lain yang dapat dilakukan oleh mereka yang berstatus sebagai seorang pelajar adalah bisnis jasa penulisan artikel. Bisnis ini memang banyak dilakukan oleh mereka yang sedang berkuliah, karena dapat dikerjakan pada waktu senggang mereka, selain itu kemampuan menulis seorang mahasiswa, dikenal lebih mahir dibanding dengan siswa yang masih berada atau duduk di bangku sekolah. Bisnis yang biasa disebut dengan ghost writer ini memang dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan dimasa depan, mengingat saat ini banyak para blogger atau pemilik website yang memang membutuhkan sebuah tulisan ataupun artikel.

Apapun usaha jasa yang akan Anda pilih dan kerjakan, yang perlu menjadi catatan penting dalam usaha tersebut adalah komitmen Anda dalam mengerjakan bisnis tersebut. Pastikan Anda hanya memilih satu jenis bisnis yang akan Anda kerjakan, agar nantinya Anda dapat fokus pada bisnis tersebut. Lakukan promosi dengan tepat dan berikan pelayanan terbaik bagi para pengguna jasa dalam usaha Anda. Pelayanan yang baik dan memuaskan, merupakan kunci utama dalam kesuksesan usaha dalam bidang jasa yang Anda kerjakan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *