4 Fungsi Kartu Kredit yang Menarik dan Harus Dipahami

4 Fungsi Kartu Kredit yang Menarik dan Harus Dipahami

Paham mengenai fungsi kartu kredit nantinya akan membantu Anda untuk menggunakannya dengan baik dan bertanggung jawab. Memegang kartu kredit rupanya bisa diartikan pula bahwa Anda tengah memegang suatu resiko. Pasalnya resiko dari kepemilikan kartu transaksi elektronik ini memang sangat banyak dan ternyata sangat besar pula. Akan tetapi semua resiko yang dapat terjadi ini nantinya bisa dihindari dengan tepat yakni melalui pemahaman fungsi dari kartu ini secara menyeluruh.

Kenali Resiko Memegang Kartu Kredit

Kartu jenis ini memang sangat populer terutama bagi mereka yang memiliki kantong gendut, sehingga berapapun hutang di bank bisa dibayar kapan saja dengan mudah. Akan tetapi pemegangnya tidak selalu memiliki kondisi keuangan yang makmur bisa saja hanya cukup atau lebih sedikit. Mengerti kondisi keuangan seperti ini membuat Anda perlu mampu mengatur pemakaian kartu kredit supaya semua resiko yang mungkin timbul bisa dihindari.

Supaya lebih mudah menghindari resiko tersebut, mulailah dengan mengenali bentuk-bentuk resiko yang bisa terjadi. Berikut adalah resiko dari memegang kartu kredit yang lumrah terjadi:

  • Terlalu sering dipakai menarik uang tunai padahal suku bunganya sangat tinggi,
  • Sering terlambat atau bahkan menunggak tagihan bulanan,
  • Memakai kartu kredit tanpa kontrol yang berakibat pada tagihan yang jumlahnya mencengangkan.
  • Membayar tagihan tidak valid misal kartu kredit terkena hack, hilang, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Pinjaman Kartu Kredit untuk Keperluan Mendesak

Mengenal Fungsi Kartu Kredit yang Menarik

Resiko memang tidak sedikit, akan tetapi manfaatnya pun sama tidak sedikitnya dan bahkan fungsi kartu kredit dikenal sangat beragam. Secara umum kartu kredit ini difungsikan untuk:

bisnis online
  1. Membantu membeli barang dengan cara diangsur,

Kartu kredit umumnya menawarkan fitur belanja cicilan dengan bunga rendah bahkan tanpa bunga. Sehingga memfasilitasi kebutuhan belanja produk yang dianggap mahal namun ditagihkan secara bertahap. Alhasil produk mahal tersebut dimiliki namun tagihan kartu kredit tidak membludak, sehingga membantu menjaga kesehatan finansial.

  1. Membayar transaksi non tunai di banyak tempat,

Kartu jenis ini memang memiliki fungsi utama untuk membayar bon transaksi, terutama di tempat-tempat menarik dan berkelas. Misalnya di mall, restoran, hotel berbintang, dan lain sebagainya yang akrab bagi kalangan berduit banyak. Kartu kredit ini akan membantu membayar semua fasilitas yang didapat di tempat-tempat tersebut tanpa perlu menggunakan uang tunai. Maka, ingin hidup mewah dan berkelas setiap saat? Sebaiknya memiliki kartu kredit untuk memenuhi keinginan satu ini.

  1. Menjadikan belanja di luar negeri semakin mudah,

Merasa sering bepergian ke berbagai negara maka akan sangat terbantu jika mengantongi kartu kredit. Sebab menjadi alat pembayaran yang berlaku di seluruh dunia sehingga Anda tidak perlu lagi menukar mata uang asing ke bank. Supaya uang Rupiah yang Anda bawa bisa digunakan belanja di negara tujuan, sebagai gantinya tinggal menggesek kartu kredit. Lantaran merchant kartu kredit menjangkau semua negara yang membuatnya bisa dipakai bertransaksi di negara manapun.

  1. Bisa untuk membayar tagihan apapun,

Menariknya, kartu kredit juga bisa difungsikan untuk membayar beragam jenis tagihan rutin sehingga semakin praktis dan terstruktur. Misalnya saja untuk membayar tagihan listrik, angsuran mobil maupun KPR, dan lain sebagainya. Fungsi ini tentu membantu pemegang kartu kredit untuk mengatur pengeluaran sedemikian rupa. Sebab nantinya akan menerima laporan bulanan mengenai setiap pengeluaran yang dilakukan sehingga lebih mudah diatur. Memahami fungsi kartu kredit satu ini akan meningkatkan kualitas hidup Anda dan keluarga.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *